Tingkakan kepercayaan Toko Online dengan 5 tips ini

Salah satu hal terpenting dari mengembangkan bisnis online adalah kepercayaan dari pelanggan kepada bisnis dan produk kita. banyak orang masih was-was dan khawatir untuk melakukan belanja online karena masih sering terjadi penipuan. Oleh karena itu jika anda ingin pelanggan percaya maka membangun reputasi yang baik adalah solusinya. 

Jika reputasi toko online bagus pembeli pun tak akan ragu untuk belanja di toko anda. Anda juga bisa menerima repeat order dan menjangkau lebih banyak pembeli. 

Namun bagaimana caranya mendapatkan kepercayaan pelanggan untuk toko online yang baru? Berkut 5 cara mudah yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kepercayaan pelanggan dan sukses jualan online. 

Lengkapi Profil Toko Online

Profil merupakan identitas toko online-mu. Profil yang jelas menunjukkan bahwa toko online-mu aktif. Pasang logo, deskripsi, dan banner yang jelas dan menggambarkan produk yang kamu jual. 

Jelaskan secara singkat produk yang kamu jual dan keunggulan dari produk tersebut. Jika kamu menawarkan promo untuk pembeli pertama, cantumkan promo tersebut pada deskripsi toko untuk menarik pengunjung. 

Kualitas Foto dan Informasi Produk

Ya, foto sangat berpengaruh terhadap persepsi pengunjung terhadap kualitas produk yang kamu jual. Tampilkan foto yang berkualitas dengan gambar yang jelas dan pencahayaan yang cukup. 

Jika memungkinkan, gunakan foto produk asli yang kamu ambil sendiri untuk menghindari kesalahpahaman antara kamu dan pembeli, misalnya masalah warna. 

Cantumkan juga deskripsi produk mulai dari nama, material, ukuran, cara penggunaan dan sebagainya. Bisa juga menyertakan video cara pemakaian produk yang kamu jual. 

Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak perlu bertele-tele. Agar lebih mudah, kamu bisa mengajarkannya dalam bentuk poin-poin. 

Kualitas Pelayanan yang Cepat dan Berkualitas

Proses komunikasi yang mudah akan membuat pelanggan merasa betah dan nyaman berbelanja di toko online kamu. Rata-rata marketplace sudah memiliki fitur chat-nya sendiri. 

Manfaatkan fitur tersebut misalnya dengan mengaktifkan auto-reply chat dan menggunakan template pesan untuk kondisi-kondisi tertentu. 

Berikan respons yang cepat ketika ada pengunjung yang bertanya. Jawab sejelas mungkin dengan cara yang ramah dan sopan. Lakukan juga follow-up untuk pengunjung yang pernah menanyakan informasi mengenai suatu produk. 

Cantumkan Review Positif

Review menjadi salah satu pertimbangan utama seseorang untuk membeli suatu produk atau tidak. Dengan review yang bagus, calon pembeli pun bisa lebih yakin dan percaya terhadap kualitas produkmu. 

Jika pembeli sudah menyelesaikan transaksi, minta pembeli tersebut untuk memberikan review dan rating produk. Sejumlah marketplace menawarkan poin atau bonus untuk pengguna yang memberikan ulasan. 

Kamu juga bisa menawarkan promo untuk pembelian selanjutnya bagi pembeli yang memberikan rating dan ulasan. 

Detail Kontak 

Terakhir, jangan lupa untuk mencantumkan detail kontak seperti nomor telepon atau Whatsapp, media sosial, maupun link ke website toko online-mu. Jadi jika pelanggan ingin bertanya lebih lanjut, mereka tidak kebingungan mencari kontak kamu. 

Jika perlu, kamu bisa mencantumkan juga alamat agar calon pembeli bisa mengira-ngira durasi waktu pengiriman serta ongkos kirim. 

Web jualan online bermanfaat untuk menjajakan seluruh katalog produk yang kamu jual, terutama jika produk yang kamu jual beragam. Jadi pembeli yang ingin melihat-lihat pilihan yang lebih lengkap bisa diarahkan ke website toko online kamu. 

Pada web jualan online, cantumkan informasi yang kira-kira akan dibutuhkan pembeli seperti halaman FAQ, ketentuan pengembalian produk dan refund, dan lain-lain. 

semua itu bisa anda selesaikan dengan 1 aplikasi saja yaitu olshopin. dengan olshpin anda bisa mengatur kelengkapan dari toko online. pelajari selengkapnya disini