Alasan Pelanggan Gak Balik ke Toko mu

Menjadi seorang pelaku usaha bukan hanya harus memikirkan bagaimana jalannya usaha Kamu, tetapi juga harus memikirkan bagaimana menambah jumlah pelanggan yang datang ke toko Kamu.

Seperti yang sebagian besar orang katakan, konsumen atau pelanggan adalah raja di toko Kamu. Mereka adalah aset berharga dalam usaha yang Kamu bangun.

Oleh karenanya, penting untuk memperhatikan pelayanan yang baik supaya dapat membawa konsumen datang lagi, lagi dan lagi. Lalu sebenarnya, pelayanan yang seperti apa yang tidak disukai oleh konsumen? Berikut ini jawabannya!

Tidak mengawali pelayanan dengan sapaan yang baik

Perlu Kamu pahami bahwa hal yang paling penting dalam menghadapi konsumen adalah sebuah sapaan. Sebab, konsumen akan senang ketika mereka datang ke toko Kamu dan langsung mendapat sapaan hangat dari pelayan toko Kamu. 

Konsumen akan merasa sangat diharapkan dan senang untuk datang kembali, karena pelayanan yang ramah dan hangat. Selain itu, jangan lupakan ucapan terima kasih ketika mereka selesai membeli di toko kita atau bahkan jika mereka hanya datang dan melihat – lihat saja.

Kamu tidak bisa menambah jumlah pelanggan jika bersikap tak acuh

Konsumen atau pelanggan adalah raja dari setiap usaha atau bisnis yang Kamu miliki. Ketika ada konsumen yang datang, jangan bersikap tak acuh pada mereka. Jangan biarkan konsumen berkeliling dan melihat–lihat toko Kamu sendiri tanpa didampingi. 

Jangan segan untuk mengajar mereka ngobrol, terlebih tidak menawarkan produk yang Kamu jual. Jika Kamu masih tidak mengacuhkan pelanggan atau konsumen Kamu, jangan salahkan mereka ketika konsumen Kamu yang lain yang enggan datang kembali ke toko Kamu.

Kurang responsif kepada pelanggan

Tidak bisa dipungkiri pelayanan yang lama akan menjadi salah satu faktor yang tidak disukai oleh konsumen Kamu. Tak hanya di toko offline saja, saat ada pelanggan yang menghubungi toko online Kamu pun, Kamu wajib memberi respon yang sigap. 

Sebab, pelanggan bisa saja komplain dan bahkan langsung pergi karena sudah malas menunggu terlalu lama. Maka, jangan buat konsumen Kamu mendapatkan pelayanan yang terlalu lama.

Jangan harap bisa menambah jumlah pelanggan jika komplain tak ditanggapi

Setiap komplain dari konsumen atau pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk bisnis Kamu. Sebab, dari kritik yang mereka berikan, terkadang ada sebuah saran yang akan membangun bisnis Kamu jauh lebih baik. 

Jangan acuhkan setiap komplain dari pelanggan Kamu. Baik itu komplain yang biasa-biasa saja atau yang sangat besar tentang bisnis Kamu. Tetap dengarkan setiap apa yang mereka katakan. Tunjukkan jika Kamu adalah pendengar yang baik bagi mereka. Serta akan selalu memberikan yang terbaik untuk mereka.

Sebelum Kamu mengeluh karena tak kunjung menambah jumlah pelanggan, ada baiknya Kamu menghindari kesalahan-kesalahan berikut. Supaya bisnis Kamu bisa mendapat penilaian baik dari konsumen