Insight Bisnis / Branding / Fungsi Brand Awareness atau Kesadaran Merek bagi Bisnis Kamu

Fungsi Brand Awareness atau Kesadaran Merek bagi Bisnis Kamu

12 Agustus 2022 | marketing

Kasir Pintar

Awareness adalah kesadaran, dalam bisnis biasanya kata tersebut disambungkan dengan kalimat brand awareness. Kalimat tersebut memiliki pengertian yang tidak berbeda jauh, dan pasti Anda sudah pernah mendengar istilah brand awareness sebelumnya dalam dunia bisnis.

Dalam menjalani sebuah usaha, tujuan utama dari bisnis memang mencari sebuah keuntungan. Namun jika hanya mencari keuntungan semata tanpa memperhatikan pelanggan, lama kelamaan pelanggan akan mulai kehilangan minat mereka dan beralih ke penjual atau produk lebih unggul.

Disitulah dibutuhkan sebuah brand awareness, dimana pebisnis harus membangun kesadaran merek kepada para konsumen maupun calon konsumen. Awareness adalah kesadaran, dimana Anda harus mencari strategi untuk membuat publik mengenal merek yang dipasarkan.

Dengan meningkatkan kesadaran merek tersebut, maka pelanggan bisa terus mengingat produk yang dihasilkan melalui brand bisnis Anda. Selain itu konsumen bisa menjadikan produk Anda sebagai pilihan nomor satu, diantara berbagai produk dari perusahaan pesaing lain.

Mengenal Brand Awareness adalah

Baik di masa lalu maupun masa kini, seorang pebisnis memang perlu membuat sebuah brand yang mampu diingat oleh publik dalam waktu lama. Namun Anda juga perlu mencari cara baru, agar publik bisa tetap menggunakan produk Anda hingga di masa kini.

Jika brand Anda hanya terkenal di masa lalu, maka lama kelamaan popularitas dari brand tersebut bisa hilang begitu saja. Awareness adalah sebuah kondisi dimana publik atau konsumen, dapat mengingat atau mengenali merek dalam kondisi apapun.

Dapat dikatakan jika brand awareness menjadi sebuah strategi, yang banyak dimanfaatkan oleh pebisnis di berbagai dunia. Setiap perusahaan perlu mencari cara terbaik versi mereka sendiri, untuk meningkatkan kesadaran di tengah-tengah publik sehingga mereknya semakin dikenal.

Jika perusahaan tidak mampu memperkenalkan serta mempertahankan popularitas mereknya, maka akan semakin mudah bagi perusahaan pesaing untuk merebut posisi tersebut. Dan tentu saja kondisi tersebut akan berdampak negatif pada perusahaan, khususnya tingkat penjualan. 

Dalam bisnis, awareness adalah kesadaran masyarakat akan produk maupun brand Anda. Karena saat ini pemasaran lebih banyak dilakukan secara online, maka pebisnis juga perlu beradaptasi dengan perubahan teknologi saat ini, agar memperluas ruang pemasaran dimanapun. 

Jika Anda hanya memanfaatkan iklan melalui media elektronik, atau pemasaran secara langsung melalui penyebaran brosur atau pamflet, maka pemasaran perusahaan akan bekerja secara tidak maksimal, karena belum menyentuh target pasar yang mungkin saja terdapat di media internet. 

Cara Tingkatan Brand Awareness adalah Berikut Ini

Adapun tingkatan kesadaran merek yang terjadi, dimana tingkatan ini mengungkapkan sejauh mana masyarakat telah mengenali brand perusahaan. Melalui tingkatan tersebut, maka pebisnis juga bisa mengetahui tujuan tingkatan yang perlu dikejar dan perlu dipertahankan.

1. Top of Mind Awareness

Tingkatan pertama adalah Top of Mind Awareness, pada tingkatan ini konsumen sudah langsung mengenal produk atau brand Anda, ketika mereka memikirkan industri atau kategori tertentu. 

Semakin melekatnya merek perusahaan, maka akan semakin mudah publik mengingatnya. Top of Mind Awareness berada pada tingkatan cukup tinggi, karena konsumen bisa mengenalinya dengan mudah hanya dengan mengingat industri tertentu saja.

2. Brand Recall

Tingkatan berikutnya dalam brand awareness adalah brand recall, tingkatan ini juga dikenal sebagai unaided recall atau spontaneous recall. Pada tingkatan tersebut konsumen bisa langsung mengingat nama brand, melalui memori mereka berdasarkan kategori.

Sehingga secara spontan publik langsung terpikirkan oleh brand Anda, dibutuhkan marketing yang mampu melekat di pikiran publik untuk berada di tingkatan ini.

3. Brand Recognition

Untuk tingkatan satu ini juga dikenal sebagai aided recall, konsumen mampu mengenali produk Anda ketika mereka melihat produk tersebut. Mungkin pada awalnya mereka akan kesulitan mengingat nama produk, namun mereka mampu mengenal produk Anda secara visual.

Begini Metode dalam Mengukur Brand Awareness 

Jika Anda adalah salah satu pebisnis yang sedang mencari tahu informasi seputar brand awareness, maka berikut ini kami akan membahas mengenai metode dalam mengukur kesadaran merek. Dimana pebisnis bisa mengetahui, seberapa ampuh penggunaan strategi tersebut bagi usaha.

1. Recall Tests

Metode untuk meningkatkan awareness adalah recall tests, metode ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Unaided Recall Tests dimanfaatkan untuk mengukur brand recall, pelanggan diberikan satu kategori produk lalu diminta menyebutkan brand yang muncul sebanyak mungkin.

Metode berikutnya yaitu Aided Recall Tests, dimanfaatkan untuk mengukur brand recognition. Dimana pebisnis akan memberi nama produk kepada konsumen, lalu minta konsumen untuk menyebutkan informasi apapun seputar produk tersebut.

2. Survei

Metode berikutnya adalah survei, dimana pebisnis akan memilih beberapa konsumen kemudian memberikan pertanyaan mengenai pengetahuan mereka berdasarkan produk ataupun kategori. 

Melalui metode ini, Anda akan mengetahui pengetahuan konsumen akan brand Anda. Metode ini paling banyak digunakan perusahaan dalam mengukur kesadaran merek, selain itu survei juga cukup mudah diterapkan kepada beberapa konsumen.

3. Sosial Media

Metode berikutnya pada awareness adalah sosial media, seiring berkembangnya zaman, Anda akan lebih sering memanfaatkan media tersebut dalam urusan bisnis. Tidak hanya memasarkan produk, namun mengukur tingkatan kesadaran merek pada bisnis juga akan sangat berguna.

4. Analytical Website

Jika ingin memanfaatkan fitur pada sebuah aplikasi dalam mengukur brand awareness, maka Anda bisa memanfaatkan Google Analytics atau fitur analytics website. Melalui website atau fitur tersebut, maka pebisnis bisa mengetahui berapa banyak pengunjung hingga volume traffic.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi pebisnis, dalam memantau pergerakan kesadaran merek pada perusahaan dengan nilai yang lebih pasti dan bisa dilakukan secara online.

Tips Meningkatkan Brand Awareness pada Bisnis Anda

Strategi yang sudah Anda aplikasikan mungkin belum efektif, strategi brand awareness mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan betapa pentingnya produk yang pebisnis miliki. Maka dari itu kami akan membahas, tips dalam meningkatkan kesadaran merek dagang.

1. Content Marketing

Salah satu cara meningkatkan awareness adalah content marketing, disini pebisnis tidak hanya sekedar memasarkan produk, tapi juga merencanakan, membuat juga mendistribusikan konten tersebut yang nantinya akan menarik audiens dengan tepat sasaran.

2. Menerapkan Influencer Marketing

Sebelumnya sudah dibahas bagaimana memasarkan produk melalui sosial media, namun media tersebut memiliki ruang lingkup yang cukup luas. Terdapat influencer yang bisa dimanfaatkan untuk menerapkan strategi pemasaran tersebut, karena mereka memiliki pengaruh disana.

Kini sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan influencer dalam memasarkan bisnis mereka, biasanya influencer akan membuat konten mengenai usaha Anda, baru kemudian dibagikan ke pengikut mereka dan berpotensi dilihat oleh banyak orang sekaligus. 

3. Mengikuti Event atau Pameran

Tips meningkatkan awareness adalah dengan bergabung ke dalam event atau pameran, yang akan meningkatkan potensi brand Anda lebih mudah dikenal publik secara langsung. 

Terlebih lagi biasanya orang yang berkunjung ke event, ada yang memang bertujuan mencari suatu produk. Jika produk Anda sesuai dengan yang dicari oleh calon konsumen, maka bukan tidak mungkin jika mereka akan membeli produk Anda.

4. Membuat Website

Hampir semua pebisnis memiliki website mereka sendiri, hal ini dikarenakan semua orang pasti mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan secara online terlebih dahulu. Sehingga dengan adanya website, akan lebih mempermudah calon konsumen mencari informasi usaha Anda.

Mengenal seputar brand awareness, memang akan bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda akan pentingnya kesadaran merek. Setiap perusahaan perlu menanamkan strategi ini, karena banyak manfaat yang bisa diambil dalam jangka panjang.

Itu dia beberapa pemahaman tentang brand awareness. Awareness adalah sebuah kesadaran, dimana kesadaran tersebut dapat terbentuk karena Anda mampu menghasilkan produk yang berkesan bagi konsumen. 

Meningkatkan awareness produk juga dapat dilakukan melalui aplikasi Kasir Pintar. Kasir Pintar memiliki fitur olshopin dimana Anda dapat memasarkan bisnis Anda dengan lebih mudah. 

Selain fitur olshopin, terdapat berbagai fitur lain yang dapat membantu Anda untuk mengelola bisnis. Yuk download dan coba gratis 30 hari dengan klik link dibawah ini!

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang