Pentingnya pembukuan untuk bisnismu!

Pentingnya pembukuan untuk bisnismu!

Kadang kala kita sebagai pelaku bisnis suka meremehkan hal kecil seperti membuat pembukuan ataupun laporan keuangan. Apalagi jika usaha yang dijalankan masih belum seberapa besar dan menguntungkan. Bahwasannya suatu pembukuan atau akuntansi hanya bisa diterapkan oleh perusahaan yang sudah tingkat menengah ataupun perusahaan yang sudah level besar. Padahal sama sekali tidak, bisnis yang masih dalam tahap berkembang pun perlu menerapkan suatu pembukuan meskipun transaksi yang dilakukan tidak begitu besar.

Mengapa? Karena hal tersebut merupakan hal yang sangat krusial dalam kemajuan bisnis Anda. Banyaknya manfaat yang akan Anda dapatkan bila melakukan sistem pembukuan dapat menjadi referensi Anda untuk menerapkan sistem pembukuan pada bisnis Anda.

Berikut ini alasan-alasan yang dapat Team Kasir Pintar rangkum dari Pentingnya Pembukuan untuk bisnismu!

Mengetahui Jumlah Keuntungan dan Kerugian
Sistem pembukuan mengharuskan Anda tertib dalam melakukan segala transaksi pada bisnis Anda. Dengan adanya catatan yang berdasarkan standar akuntansi, maka Anda sebagai pemilik bisnis bisa mengetahui Jumlah kerugian atau keuntungan yang Anda dapatkan setiap harinya.

Mengetahui Kemajuan bisnismu
Setiap detail transaksi yang telah Anda catat dapat Anda rangkum dan Anda simpulkan apakah bisnis Anda telah mengalami perkembangan atau malah mengalami kemunduran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengevaluasi laporan keuangan Anda setiap hari, bulan, bahkan setiap Tahunnya.

Perencanaan Bisnismu
Sistem Pembukuan memungkinkan Anda untuk dapat melakukan suatu perencanaan di masa depan. Bila Anda tidak memiliki sistem pembukuan yang benar maka dalam menjalakan bisnis, Anda tidak dapat mengetahui secara pasti rencana apa yang seharusnya Anda lakukan untuk bisnis yang sedang Anda geluti.

Pengambilan Keputusan
Saat proses menjalakan bisnis kadang kala Anda ragu dalam melakukan suatu tindakan terlebih lagi jika Anda tidak memiliki data yang mendukung maka Anda akan semakin sulit dalam mengambil keputusan untuk bisnis Anda. Jika Anda memiliki sistem pembukuan yang jelas maka Anda memiliki data-data yang dapat menunjang Anda melakukan pengambilan keputusan pada Bisnis Anda. Mungkin sistem pembukuan masih dianggap remeh bagi sebagian pelaku bisnis khususnya UMKM tapi jangan salah lho, bahwa ternyata selain ke empat manfaat diatas Sistem pembukuan juga dapat membantu Anda dalam mengajukan pinjaman.

Membantu melakukan peminjaman
Laporan keuangan yang Anda miliki dapat Anda ajukan sebagai salah satu syarat peminjaman kepada Bank. Sehingga Anda tidak perlu repot membuat laporan tersebut ketika Anda sedang membutuhkan pinjaman Uang. Kenapa harus kerja dua kali kalo Anda bisa menyingkat waktu tanpa harus menguras tenaga Anda lagi?

Mari sama-sama melakukan perubahan kecil untuk suatu yang besar. Semakin Anda mengetahui apa yang terjadi pada bisnis Anda semakin Anda mudah dalam memahami dan mengambil langkah kedepan untuk bisnis Anda.