Uang Pribadi dan Uang Usaha Kecampur uda kayak Gado-Gado, Gimana sih solusinya?

Keuangan yang teratur adalah salah satu faktor utama terciptanya bisnis yang sehat, kenapa seperti itu? meskipun kita mendapat sales banyak tetapi tidak bisa mengatur keuangan adalah hal yang sia-sia, karena keuangan dan bisnis tidak bisa dipisahkan. mengatur keuangan adalah kegiatan utama dari suatu bisnis, tentunya orang berbisnis adalah ingin mendapatkan uang, maka sudah sewajarnya bagi para pebisnis untuk mengatur keuangan mereka secara tepat agar tidak terjadi kesalahan dalam menjalankan suatu bisnis.

kenyataanya para pebisnis pemula tidak bisa mengatur keuangan bisnisnya secara teratur, terutama untuk para UKM yang memulai usaha kecil. sekecil apapun usahanya, para pebisnis wajib untuk melakukan pengaturan keuangan minimal dalam pencatatan alur kas

berikut tips agar uang mu tidak tercampur kayak Gado-Gado

Membuat Rekening yang Berbeda

Maksud dari membuat rekening yang berbeda adalah menempatkan uang pribadi Anda di rekening tabungan yang terpisah dengan rekening untuk usaha. Namun, pemisahan rekening ini tidak harus di bank yang berbeda. Anda bisa di rekening dari bank yang sama.
Dengan demikian, Anda bisa benar-benar dapat melihat arus kas uang usaha Anda maupun kondisi keuangan pribadi Anda. Sehingga Anda dapat mengetahui dengan pasti apakah usaha Anda telah untung atau sebaliknya.

Gunakan Software/Aplikasi Pengelola Keuangan

Aplikasi POS (Point Of Sales) seperti Kasir Pintar sangat berguna untuk mengembangkan bisnis kamu, karena dengan menggunakan POS anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan transaksi, laporan harian, laporan bulanan dan lapora laba rugi.

Dengan fitur canggih yang serba otomatis membuat Aplikasi Kasir Pintar menjadi andalan bagi para pebisnis untuk mengembangkan usahanya.

Kelola Usaha dengan Baik

Setelah memisahkan uang pribadi dan uang usaha di rekening yang berbeda, maka Anda tinggal mengelola usaha dengan baik. Sehingga Anda bisa mengembangkan usaha secara maksimal dan bisa memperoleh untung seperti yang diharapkan.
Caranya, buat perhitungan anggaran pengeluaran rutin untuk keperluan usaha. Perkirakan pemasukan yang sudah rutin diperoleh, setelah itu Anda juga harus disiplin melakukannya, seperti mengarsipkan tagihan dan nota pembelanjaan.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Bisnis tanpa Bantuan Investor

Evaluasi Setiap Minggu

Setiap minggu, Anda harus melakukan evaluasi keuangan setiap minggu untuk mengetahui pergerakan modal usaha Anda dan keuntungan yang diperoleh. Catat dengan baik dan rapi semua hal yang berkaitan dengan usaha Anda.

Analisa Kondisi Keuangan

Selanjutnya, Anda juga harus rutin melakukan analisa keuangan secara berkala. Ini bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Jangan lupa memperhatikan kondisi keuangan dan utang Anda jika ada. Untuk itu, Anda harus rajin melakukannya.

Baca Juga :  6 Langkah Mengatur Keuangan Bisnis Secara Efektif

Kasir Pintar menyediakan semua fitur yang dapat memudahkan kamu untuk mengatur keuangan usaha kamu dari Laporan Transaksi, Laporan Laba Rugi, Laporan Bulanan dan masih banyak lainya.

Jualan Pintar ya Kasir Pintar