Tips Mengatasi Keluhan Pelanggan

Keluhan Pelanggan – Pelanggan adalah elemen penting yang ada di dalam bisnis. Tanggal 4 September dinobatkan sebagai hari Pelanggan Nasional, tentu harapanya adalah mengingatkan kita untuk selalu memperhatikan pelanggan atau user setia kita.sebagai seorang pebisnis kita harus selalu memperhatikan kemauan dan apapun yang terkait dengan mereka.

Sering kali para pebisnis salah mengambil persepsi ketika seseorang memberikan kritikan atau keluhan terhadap produk kita. Ketika seorang pelanggan melayangkan komplain, itu tandanya mereka peduli terhadap bisnis Anda. Terlepas dari bagaimana cara penyampaiannya, keluhan dari pelanggan sebetulnya dapat menjadi peluang bagi Anda untuk meningkatkan kualitas bisnis.

Data dari Help Scout menunjukkan bahwa sembilan dari sepuluh kali kesempatan, seseorang akan tetap melakukan pembelian dari bisnis Anda walau Anda baru saja melakukan kesalahan. Namun, hal tersebut hanya terjadi apabila Anda bergerak untuk mengatasi kesalahan yang Anda buat.

Bagaimana cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menangani hal tersebut? Berikut tipsnya.

Dengar dan Terima Keluhan Pelanggan

Terkadang pelanggan memberikan komplain atau keluhan dengan cara yang sedikit kurang menyenangkan, tapi kita harus profesional dan mendengarkan keluhan dari mereka. Katakan Mohon Maaf atas ketidak nyamanan dan mendengarkan dengan seksama permasalahan dari pelanggan.

Sekalipun, jika ternyata keluhan yang disampaikan bukan disebabkan oleh kesalahan Anda dan telah terjadi kesalahpahaman, katakan saja kepada pelanggan bahwa Anda paham bagaimana masalah tersebut bisa membuat mereka kecewa. Anda tidak setuju begitu saja terhadap apa yang dikatakan pelanggan, tetapi tetap bisa menghargai perasaan mereka.

Memetakan Masalah

Setelah mendengarkan keluhan dari pelanggan, yang harus kamu lakukan adalah  dengan menganailisa secara cepat, apakah sebelumnya sudah pernah ada masalah serupa? Jika iya maka solusi apa yang dulu Anda tawarkan dan terapkan? Apakah solusi tersebut berhasil mengatasi keluhan pelanggan? Apabila berhasil, Anda bisa kembali menggunakan solusi tersebut untuk menangani keluhan yang kali ini disampaikan pelanggan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mencatat setiap komplain yang masuk dan cara-cara yang Anda lakukan untuk menanganinya. Jika ada satu komplain yang terus menerus disampaikan pelanggan, jadikan hal tersebut sebagai peringatan keras bahwa Anda harus mengambil tindakan serius.

Segera Tangani Komplain dengan Cepat

Setelah Anda paham inti masalah yang dihadapi pelanggan dan meminta maaf karenanya, kini Anda bisa menawarkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jelaskan solusinya kepada pelanggan dan konfirmasikan apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka. Sebagai contoh, Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti ini, “Jika kamu melakukan langkah XYZ, apakah hal itu dapat menangani masalah Anda?” Dalam hal ini, terkadang Anda harus melakukan langkah ekstra seperti mengirim surat permohonan maaf kepada pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan mereka kembali. Apabila hal tersebut memang satu-satunya cara untuk menangani keluhan pelanggan, maka lakukanlah.

Berikan Solusi Terbaik dari Keluhan Pelanggan

Menangani keluhan pelanggan belumlah selesai sampai Anda benar-benar menerapkan solusi yang telah Anda tawarkan. Penerapan solusi harus menjadi pengalaman yang efisien bagi pelanggan. Misalnya, pelanggan Anda menyampaikan keluhan karena server jaringan website Anda mendadak down. Pastikan pelanggan tahu bahwa Anda memahami betapa mendesaknya masalah tersebut dan Anda akan segera memperbaikinya dalam beberapa jam. Ingatlah bahwa jika sistem IT perusahaan down, bukan hanya pelanggan yang merasakan dampaknya, tetapi juga Anda. Produktivitas karyawan akan berkurang dan berpengaruh pada performa kinerja. Dalam hal ini, komplain dari pelanggan pun dapat berfungsi sebagai “alarm” bagi bisnis Anda.

Komplain dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap bisnis. Yang terpenting adalah kesungguhan Anda dalam menangani komplain tersebut dan memastikan bahwa komplain serupa tak terjadi lagi. Semoga keempat cara di atas dapat membantu Anda.

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar