5 Tips Mengatur Keuangan Untuk UKM

Salah satu masalah yang dihadapi oleh usaha kecil ataupun UKM adalah tentang keuangan yang masih berantakan. Terkadang mereka masih mencampur aduk keuangan bisnis dengan pribadi. Ini adalah kesalahan fatal yang sering terjadi dan menyebabkan keuangan usaha sulit dikembangkan.

Sebenarnya sistem keuangan yang tersusun secara rapi bukan hanya bisa dilakukan oleh bisnis yang sudah besar, namun bisnis yang masih kecil pun bisa untuk dilakukan pengaturan secara benar.

Lakukan Perencanaan General

Bagi Anda yang baru terjun dalam usaha kecil, mulailah dengan perencanaan general untuk usaha. Apa saja program dan rencana usaha dalam satu periode panjang, kemudian bagilah perencanaan tersebut dalam beberapa periode pendek seperti triwulan, bulanan, atau bahkan mingguan. Lakukanlah perhitungan secara detail mengenai kebutuhan dana untuk menjalankan program tersebut. Tentukan pula kapan program tersebut dijalankan.

Buat Perencanaan Pendapatan

Selanjutnya adalah kamu harus tentuin tentang rencana pendapatan dari bisnismu. Dan itu harus bisa menutupi kebutuhan modal yang sudah direncanakan sebelumnya.

Perencanaan pendapatan di mulai dari berapa target penjualan setiap bulanya? Berapa produk yang dijual? Hingga strategi apa yang digunakan untuk mencapai itu?

Buat Budget Secara Rutin

Dan yang paling penting dari semua adalah kamu harus tentukan budget secara rutin setiap bulanya untuk bisnismu. Dengan membuat budget kamu bisa memperkirakan apa saja yang perlu dikeluarkan untuk keperluan bisnismu, sehingga uang mu tidak terbuang untuk hal lain yang bukan prioritas utama

Awasi Arus Kas Keuangan

Menjadi suatu kewajiban untuk selalu mengawasi arus kas dari bisnis secara berkala, baik itu Kas Besar maupun Kas Kecil. Terkadang, arus kas keuangan menjadi hal yang paling sulit dilakukan oleh para pelaku usaha karena perlunya tingkat ketelitian yang cukup tinggi. 

Jika kamu kesulitan dalam mengawasi arus kas keuangan, kamu bisa menggunakan aplikasi atau software berbasis POS (Point Of Sales) untuk membantu bisnismu, seperti Aplikasi Kasir Pintar yang bisa mengelola setiap transaksi mu secara mudah dan otomatis.

Tentu itu sangat membantu untuk pebisnis pemula, karena bisa lebih efisien dan mengawasi arus kas secara mudah. 

Gunakan Laba untuk Kembangkan Usaha

Pada dasarnya yang membedakan pengusaha sukses dan pengusaha yang kurang sukses terletak pada kemampuan mereka dalam menikmati hasil jerih payahnya. Memang Anda sangat berhak sekali untuk menikmati hasil dari kerja keras, namun ada baiknya jika Anda tidak menghabiskannya begitu saja. Langkah baik dalam hal ini ialah dengan cara menggunakan uang dari keuntungan untuk dikembangkan agar menjadi usaha yang lebih besar dan mengarahkan investasi ke bidang-bidang yang menguntungkan seperti menambah armada dagang atau penambahan barang-barang dagangan untuk dijual kembali. Jika Anda melakukan hal ini maka besar kemungkinan untuk cepat menjadi pengusaha yang sukses.

Demikianlah kelima cara dalam mengatur keuangan untuk usaha kecil. Pada dasarnya, kesuksesan suatu usaha hanya akan tercapai dengan niat dan kerja keras yang tinggi. Dengan kedua hal tersebut, maka mengatur keuangan usaha kecil pun akan semakin mudah untuk dilakukan.