Tips Warung Sembako Auto Laris

tips warung sembako – Saat ini, yang menjual sembako tidak hanya toko kelontong saja, melainkan juga di supermarket-supermarket. Keberadaan toko modern tersebut secara perlahan bisa menggerus eksistensi toko sembako kecil-kecilan.

Tapi tenang saja, meskipun cuma sebatas warung sembako modal 5 juta atau 20 juta sekalipun, dengan tips-tips berikut ini, warungmu bisa tetap eksis dan mendapatkan banyak untung.

Baca Juga : 4 Tantangan Terbesar Untuk UKM

Perbanyak produk yang dijual
Usaha berjualan sembako bisa semakin sukses dengan menambah keragaman produk yang dijual. Sembako tetap menjadi komoditas utamanya, tapi juga harus dilengkapi dengan produk lainnya yang laku keras. Misalnya, minuman dingin, rokok, jajanan-jajanan ringan, atau kalau perlu makanan-makanan olahan seperti gorengan, roti, dan jajanan pasar.

Hiasi warung semenarik mungkin
Selain harga, yang bisa menjadi daya saing warung sembakomu dengan yang lainnya adalah penampilan warung itu sendiri. Untuk menarik pembeli kamu bisa mendekor penampilan warung semenarik mungkin. Bisa dengan memainkan warna tembok, atau kalau perlu ada muralnya. Kemudian atur juga desainnya, hingga pernak-pernik yang bisa mengundang rasa penasaran calon pembeli.

Tapi perhatikan dulu warung-warung di sekitar. Lihatlah apa yang kira-kira bisa menjadi pembeda dengan warung lain.

Jadikan tempat sosialisasi
Biar warung toko sembako makin laris dan terlihat ramai, gak ada salahnya untuk menjadikannya tempat bersosialisasi juga alias tempat nongkrong. Sediakan saja meja kecil dan beberapa kursi, kemudian jual minuman seduh dan makanan ringan seperti mie goreng.

Jaga kepercayaan pembeli
Salah satu keunggulan dari warung sembako kecil-kecilan bila dibandingkan dengan supermarket adalah suasana keakraban antara penjual dan pembeli bisa tercipta. Karena, rata-rata pembeli berasal dari area sekitaran warung, jadi kemungkinan sudah saling kenal.

Nah cara biar mereka mau belanja terus-terusan adalah dengan menjaga kepercayaan mereka. Untuk mendapatkan kepercayaan gampang kok, bersikap jujur dan ramah saja setiap ada pembeli.

Berinovasi
Sekarang zaman sudah serba canggih, untuk menjangkau banyak pembeli, kamu bisa membuka toko sembako online. Caranya mudah banget, tinggal upload komoditas sembako yang kamu jual di warungmu ke toko-toko online, lalu tunggu orderan datang deh. Berikan penawaran spesial kepada konsumen yang membeli secara online, seperti misalnya potongan harga.

Tetapkan harga yang masuk akal
Alasan kenapa masyarakat lebih memilih warung sembako kecil-kecilan daripada supermarket adalah bisa beli eceran dan harganya lebih murah. Jadi kalau gak mau kehilangan pelanggan, jangan mematok harga yang mahal-mahal. Ambil keuntungan secukupnya atau tidak jauh dari harga pasaran agar pembeli tetap loyal.

Follow Instagram @kasirpintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *