Mesin Kasir VS Aplikasi POS dalam suatu Bisnis

Aplikasi POS – Apakah bisnis anda adalah berupa restoran atau toko retail? jika iya anda harus memiliki sebuah sistem pengatur transaksi penjualan didalam bisnis. Setidaknya ada 2 cara untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan menggunakan mesin kasir manual dan menggunakan sistem POS (Point of Sales).

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih 2 hal ini, berikut kami akan merangkum beberapa gambaran yang dapat membantu anda untuk menentukan opsi yang akan anda pilih untuk bisnis.

Apa perbedaan antara Mesin Kasir Manual dan Aplikasi POS?

  • Mesin Kasir : alat elektronik yang tidak terkomputerisasi dan memiliki fungsi utama yaitu merekam penjualan dan mengumpulkan uang tunai.
  • Point Of Sale (POS) : sistem terkomputerisasi yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain hanya merekam penjualan.

Secara umum POS adalah sebuah Sistem yang memungkinkan diadakannya transaksi yang di dalamnya termasuk juga penggunaan Mesin Kasir. 

Dalam lingkup POS, sebuah mesin kasir tidak berdiri sendiri, namun sudah termasuk di dalamnya Software penunjang dan perangkat lain. Sistem POS melakukan lebih dari sekedar tugas transaksi jual beli, di dalamnya bisa terintegrasi juga perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stock, modul penggajian karyawan, perhitungan hutang piutang dan berbagai macam fungsi lainnya.

Ada beberapa pertimbangan dalam memilih POS atau Mesin Kasir, berikut kami akan merangkum beberapa gambaran yang dapat membantu anda untuk menentukan opsi yang akan anda pilih untuk bisnis.

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda harapkan dari POS dibandingkan dengan mesin kasir:

Aplikasi POS (Point Of Sales) Mesin Kasir
Menggunakan Metode Internet Perlu instalasi Komputer
menggunakan koneksi Internet Tidak bergantung pada koneksi Internet
Dapat diakses kapan saja dan dimana saja Akses hanya pada perangkat yang diinstal
Proses Otomatis Input dan Output data manual
Dapat diakses kapan saja dan dimana saja Akses hanya pada perangkat yang diinstal
Terdapat banyak fitur Fitur hanya terbatas
Info Stok diperbaharui sampai pusat Pencarian barang dilakukan secara manual
fitur laporan transaksi yang bermacam-macam fitur laporan terbatas
Dapat diakses kapan saja dan dimana saja Akses hanya pada perangkat yang diinstal
Mampu mengatur seluruh manajemen toko
(karyawan, inventaris, konsumen, dan lainnya)
Hanya sebatas transaksi

Perbandingan Fitur Aplikasi POS dengan Mesin Kasir

Aplikasi POS (Point Of Sales) Mesin Kasir
Menggunakan Laci Uang Tunai
(Cash Drawer)
Menggunakan Laci Uang Tunai
(Cash Drawer)
Cetak struk penjualan Cetak struk penjualan
Scan Barcode Barang Scan Barcode Barang
Laporan Penjualan Lengkap
(meliputi laporan stok,
laporan harian, mingguan, bulanan dll)
laporan penjualan sederhana
Timbangan Digital
Manajemen Staf
Manajemen Stok
Sistem Berbasis Cloud (bisa dipantau
dimanapun dan kapanpun
Manajemen Cabang
Reward Pelanggan

fitur dari mesin kasir sangat terbatas yang lebih cocok digunakan dalam hal yang sederhana dan mudah. sementara Aplikasi POS memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga memungkinkan anda bisa mengatur banyak hal dibisnis anda melalui media tersebut. fitur dari pos sangat mudah untuk digunakan bahkan untuk staf baru anda.

Lalu bagaimana Cara Memilih Aplikasi POS yang tepat untuk bisnis anda?

Ketika anda ingin menggunakan sistem POS dalam bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. pastikan Software POS anda memiliki beberapa fitur dibawah ini

Manajemen Stok Barang

Pastikan pos yang anda pilih mempunyai menajemen stok barang yang bagus. stok barang harus selalu update setiap saat secara real time. dengan menggunakan aplikasi pos dengan manajemen stok barang yang bagus akan memudahkan dan membuat bisnis anda lebih efisien

Laporan Transaksi

Salah satu penunjang kemajuan bisnis anda adalah dengan adanya pelaporan transaksi yang bebar dan lengkap, karena dengan laporan tersebut anda bisa mengevaluasi terhadap kinerja dari bisnis anda. Apakah bisnis anda untung atau ternyata mengalami kerugian, itu semua bisa dilihat dengan laporan dari transaksi anda. Dengan pelaporan yang tepat bisnis anda juga terbantu dalam menemukan masalah-masalah yang menghambat dalam bisnis.

Metode Akuntansi

Anda yang berbisnis di bidang retail dan restoran penting untuk selalu memperhatikan hal berikut ini, setiap bisnis mempunyai ketentuan akuntansi masing-masing. Tentukan metode seperti apa yang anda inginkan. Seperti contoh untuk pembelian barang anda bisa menentukan metode LIFO, FIFO dan Average.

Manajemen Staf

Tentu tak selamanya yang mengatur transaksi adalah anda sendiri sebagai pemilik bisnis, pastinya anda mempercayakan pekerjaan tersebut kepada staff atau karyawan anda. Salah satu aplikasi pos seperti Kasir Pintar mempunyai fitur untuk manajemen staff dalam bisnis. Anda bisa memberikan role sesuai dengan bidang dari karyawan tersebut seperti manager, kasir, administration dll.

Anda bisa memantau staff anda dimanapun dan kapanpun, karena aplikasi pos berbasis cloud yang secara otomatis data transaksi terupdate secara online.

Manajemen Pelanggan

Pelanggan adalah komponen terpenting dari bisnis anda, tentunya anda tidak ingin pelanggan meninggalkan bisnis anda dan pindah ke kompetitor. Langkah yang tepat adalah dengan selalu memperhatikan mereka, terutama untuk anda yang bidang bisnis jasa. 

Anda bisa memberikan kemudahan-kemudahan seperti promo, diskon dll kepada pelanggan untuk tetap berada di bisnis anda. Dengan menggunakan aplikasi pos yang tepat anda bisa mengatur itu semua dan menyimpan secara otomatis data dari pelanggan. Sehingga anda tidak perlu untuk mencatat secara manual.

Memiliki POS yang baik memungkinan bisnis anda bisa berkembang dengan cepat. seperti Kasir Pintar dengan fitur-fitur yang sangat mudah untuk digunakan, uji coba secara gratis 30 hari untuk mengetahui fitur apa saja yang bisa anda dapatkan,

Coba Sekarang

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar