Bagaimana cara membuat rencana bisnis yang benar?

Ketika anda pertama kali memulai bisnis , hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis rencana bisnis (business plan). Rencana bisnis melayani beberapa fungsi utama yang membuatnya sangat diperlukan untuk berhasil meluncurkan perusahaan baru.

Mereka tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan untuk memandu anda di masa-masa awal bisnis anda, tetapi mereka juga berfungsi sebagai peluang untuk meneliti kondisi pasar, pesaing, dan potensi jebakan yang mungkin tidak anda sadari.

Rencana bisnis adalah alat analisis dan perencanaan, dua komponen yang penting untuk memulai bisnis baru. Panduan ini menawarkan anda wawasan utama tentang cara membuat business plan berkualitas yang akan melayani bisnis anda sekarang dan di masa depan.

Apa itu rencana bisnis?

Seperti kebanyakan ide, cara terbaik untuk mengeksekusinya adalah memiliki rencana. Ide bagus untuk memulai tidaklah cukup, harus didukung oleh rencana dan aksi.

Rencana bisnis adalah garis besar tertulis yang anda presentasikan kepada orang lain, seperti investor, yang ingin anda rekrut ke dalam usaha anda. anda bisa berbagi dengan mereka tentang ide awal anda dan bagaimana anda berharap dapat menghasilkan uang darinya.

Mengapa saya memerlukan perencanaan?

Memulai bisnis baru terkadang membuat bingung. Salah satu langkah penting dalam mempersiapkan tantangan yang mungkin dihadapi startup anda adalah menulis rencana bisnis yang solid.

Menulis perencanaan membantu anda memahami dengan lebih jelas apa yang perlu anda lakukan untuk mencapai tujuan anda. business plan yang telah selesai juga berfungsi sebagai pengingat bagi anda tentang tujuan-tujuan ini. Business plan adalah alat berharga yang dapat anda mengingat kembali dan membantu anda tetap fokus berada di jalur kesuksesan.

Bagaimana saya mempresentasikan Business Plan?

anda dapat menulis rencana sebagai dokumen atau dirancang sebagai tampilan slide, seperti presentasi PowerPoint. Mungkin bermanfaat untuk membuat kedua versi. Misalnya, PowerPoint dapat digunakan untuk menarik orang, dan versi dokumen yang berisi lebih detail dapat diberikan kepada mereka sebagai tindak lanjut.

Apa yang harus dimasukkan dalam rencana bisnis dasar?

Business planing mencakup hanya beberapa halaman untuk mendaftar poin strategi utama, taktik utama , milestone (perjalanan bisnis anda), metrik, tugas, dan proyeksi penting, termasuk juga penjualan, pengeluaran, dan arus kas.

Seberapa rinci seharusnya rencana bisnis saya?

Ini tergantung pada sifat ide anda dan seberapa rumit atau sederhana itu. Jika anda menulis rencana untuk startup (baru memulai), bisa mencakup 10 halaman atau kurang. Untuk menarik investor, versi lain dari rencana bisnis ini dapat disatukan nanti yang memiliki lebih banyak detail, seperti grafik, yang secara khusus ditargetkan untuk calon investor.

Bagaimana saya bisa memulai rencana bisnis saya tanpa uang?

anda dapat menggunakan Google Documents dan Google Slides (kedua aplikasi ini gratis). Aplikasi dilengkapi dengan templat yang dapat anda gunakan untuk membuat rencana bisnis dengan cepat.

Microsoft memiliki versi online Word dan PowerPoint yang gratis juga, dan kedua aplikasi menawarkan beberapa templat rencana bisnis yang dapat anda pilih.

Bagian mana yang harus dibuat terlebih dahulu?

Teknis dan informasi standar yang masuk ke dalam rencana bisnis cukup mudah untuk diketahui. Tetapi ada hal-hal lain yang lebih abstrak untuk dipertimbangkan sebelum anda meletakkan pena di atas kertas.

Pastikan anda mengambil lima langkah berikut sebelum menyusun rencana bisnis anda

Tentukan tujuan bisnis anda

Memiliki rencana untuk menghasilkan keuntungan itu penting, tetapi itu bukan satu-satunya hal yang penting ketika anda memulai bisnis.
Disarankan para pengusaha untuk meluangkan waktu untuk mengidentifikasi dan mengartikulasikan nilai-nilai dan tujuan inti bisnis mereka. Keduanya akan berfungsi sebagai kompas dari bisnis untuk pengambilan keputusan di semua tingkatan.

Bangun Visi Bisnis

Kunci kesuksesan bisnis adalah memiliki visi yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai sebagai perusahaan, kata para ahli. Tetapi sebelum Anda menulisnya, Anda harus membuat tiga sampai lima strategi utama yang akan memungkinkan Anda untuk mencapai visi itu.

Aspek tambahan penting dari merencanakan bisnis anda adalah pernyataan misi, yang merupakan “mengapa” Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Setelah kamu sepenuhnya memahami mengapa, maka kamu perlu mendefinisikan “apa” yang akan kamu lakukan dan “bagaimana” kamu akan melakukannya.

Bagian ketiga dan terakhir dari pernyataan adalah “siapa” yang kamu inginkan sebagai pelanggan dan bagaimana Anda akan memperlakukan mereka. “


Setelah Anda menyelesaikan dibagian pernyataan, transisi yang mudah untuk mengembangkan pernyataan proposisi nilai anda yang menentukan apa yang membuat Anda unik di pasar dan bagaimana bisnis anda ingin membedakan dan memposisikan bisnis anda.

Pelajari model bisnis anda

Model keuangan yang baik mencakup banyak detail yang Anda masukkan ke dalam rencana formal Anda. Misalnya, perekrutan, penetapan harga, penjualan, biaya akuisisi, pengeluaran, dan pertumbuhan. Seperti rencana bisnis, model bisnis anda harus ditinjau kembali dan diperbarui ketika realitas bisnis Anda berkembang.

Mulailah membuat pertanyaan jika saya menjual produk ini pada titik harga tertentu dan ini adalah biaya perolehan klien, berapa tingkat pengembalian yang bisa saya dapatkan?’

Uji ide bisnis Anda.

Selanjutnya yang terakhir anda harus menguji ide anda, diskusikan dengan orang yang lebih berpengalaman dari anda. Presentasikan semua yang telah di tulis untuk kemudian mengetahui seberapa bagus dari renaca bisnis anda.

Cukup menulis rencana bisnis tidak akan membuat perusahaan Anda sukses, tetapi itu memberi Anda peta jalan untuk sampai ke sana. Rencana ke depan mengidentifikasi rencana tonggak dimana Anda dapat menandai kemajuan anda.

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *