Tips Kelola Pengeluaran untuk Bisnis Kecil

Tips Kelola Pengeluaran untuk Bisnis Kecil 

Tantangan bagi sebuah bisnis skala kecil yang utama adalah tentang mengatur modal dan keuangan dengan tepat. Para pebisnis mau tidak mau harus memenuhi kebutuhan baik yang skala kecil maupun besar.

Terkadang semuanya tidak bisa dikendalikan dikarenakan tidak mampu untuk mengatur antara yang seharusnya dan tidak seharusnya biaya pengeluaran untuk keperluan bisnis.

Oleh karena itu para pebisnis wajib untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengelola modal atau uang untuk pengeluaran. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu anda.

Buat list Pengeluaran dan jadikan sebagai pedoman

Buatlah sebuah list atau daftar kebutuhan dari bisnis kecil anda dimulai dari yang paling mudah dan murah untuk didapatkan sampai yang mahal dan susah untuk didapatkan. Anda harus pandai dalam membuat prioritas di antara semua kebutuhan bisnis anda.

Dengan menggunakan skala prioritas anda bisa menentukan pengeluaran mana yang lebih penting dan pengeluaran mana yang bisa ditunda sesuai dengan budget anda.

Memanfaatkan tools gratis untuk kelola tugas harian

Banyak sekali saat ini tools-tools gratis yang mampu membuat kinerja sehari-hari bisnis anda meningkat, terutama yang berkaitan dengan bidang teknologi. Banyak platform penyedia jasa yang memberikan secara gratis contohnya tools-tools google. Seperti google drive, gmail, google calender, google trends, google analytics, google search console dan lainya.

Tak hanya google, platform gratis lainya pun banyak yang menyediakan seperti trello yang mampu mengintegrasikan team anda terkait pekerjaan.

Dengan menggunakan tools-tools tersebut lebih menghemat beberapa cost dari bisnis anda, karena semua bisa diakses secara gratis dan dapat langsung diaplikasikan di bisnis anda.

Skala prioritas dalam merekrut karyawan

Team atau karyawan bisa menjadi keuntungan dan kerugian bagi bisnis anda, jika anda tidak berhati-hati dan tidak cermat dalam strategi perekrutan karyawan membuat bisnis anda kehilangan cost yang cukup besar setiap bulanya. 

Dalam mencari karyawan baru anda harus memikirkan bidang mana saja yang paling urgent untuk diisi oleh karyawan baru, jika bidang tersebut masih bisa anda kerjakan sendiri, maka tidak perlu untuk merekrut karyawan dalam bidang tersebut. 

Dalam hal ini efisiensi menjadi kunci utama. Dimana anda diharuskan secara teliti untuk memilah bidang pekerjaan yang paling dibutuhkan untuk karyawan baru anda.

Pekerjakan Anak Magang

Jika memang ternyata budget anda tidak mencukupi untuk mempekerjakan banyak karyawan, solusi lain yaitu dengan mempekerjakan anak magang, baik dari anak SMK ataupun dari perguruan tinggi.

Dengan mempekerjakan anak magang anda bisa menghemat cost perbulan anda dan pekerjaan di bisnis juga terselesaikan. Namun meskipun anda bisa mempekerjakan mereka. Jangan lupa bahwa status magang dengan bekerja adalah berbeda dimulai dari jam kerja yang lebih sedikit dan tanggung jawab yang lebih kecil.

Dan juga disamping itu anda juga mempunyai kewajiban untuk membimbing mereka ketika melakukan pekerjaan. Karena pada dasarnya mereka adalah belajar, anda mempunyai kewajiban untuk mengenalkan dunia kerja kepada mereka.

Gunakan aplikasi yang berfungsi sebagai metric pengeluaran

Jika anda kesusahan dalam menentukan berapa budget dan cost yang anda butuhkan dalam sebulan. Anda bisa menggunakan aplikasi atau software yang dapat membantu anda untuk menentukan pengeluaran mana yang seharusnya tidak perlu dan pengeluaran mana yang memang menjadi kewajaran dalam bisnis anda.

Anda bisa menggunakan software berbasis POS untuk melihat laporan bulan anda secara real time dan lengkap. Didalamnya anda bisa mengevaluasi pengeluaran anda dan mengevaluasi pendapatan secara bersamaan.

Selamat mencoba 🙂

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar