Keuntungan Ghost Kitchen ditengah persaingan Industri Kuliner

Ghost Kitchen – Seiring berkembangnya layanan pesan antar makanan, saat ini banyak muncul gagasan tentang restoran tanpa ruang makan dengan tujuan hanya untuk memenuhi kebutuhan pesanan take away atau delivery order yang disebut dengan Ghost Kitchen. Yang intinya restoran tersebut tidak melayani pesanan makan di tempat untuk pelanggan.

Dengan menggunakan konsep ghost banyak restoran mendapat keuntungan yang berlimpah. Beberapa keunggulan dari konsep ghost kitchen diantaranya.

Ghost Kitchen bisa menjadi pilihan yang fleksibel

Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa Ghost Kitchen menjadi sangat fleksibel, yang pertama yaitu faktor tempat. Dengan menggunakan konsep ini anda bisa lebih hemat untuk kebutuhan space restoran, anda tidak perlu menyediakan meja makan, toilet, tempat cuci tangan dan lainya. Terbayang berapa budget yang bisa dihemat.

Yang kedua, untuk masalah menu anda bisa mengutak-atik semau anda, karena jika biasanya restoran memberikan buku menu yang sudah sedemikian didesain untuk menarik minat dari pelanggan. Dengan menggunakan konsep Ghost Kitchen anda tidak perlu lagi khawatir untuk merubah berbagai menu dari restoran anda.

Yang ketiga, anda bisa membuat karyawan anda lebih efektif dalam bekerja. Jika normalnya di restoran membutuhkan karyawan dapur dan karyawan untuk pemesanan. Konsep Ghost Kitchen tidak hanya membutuhkan karyawan untuk fokus di dapur saja. Dengan begitu anda bisa menekan jumlah dari karyawan dan bisa lebih efisien.

Kesempatan untuk lebih menghemat biaya operasional

Menjalankan ghost restaurant juga memberi kesempatan bagi si pebisnis kuliner untuk lebih hemat. Mengapa? Karena mereka tidak perlu lagi mempekerjakan banyak pelayan seperti kebanyakan restoran yang membutuhkannya untuk melayani pelanggan yang hadir.

Yang dibutuhkan ghost restaurant adalah karyawan-karyawan untuk mengisi posisi seperti juru masak, staf dapur, bagian manajemen, hingga kurir untuk mengantarkan pesanan.

Selain itu, bisnis ini juga lebih hemat biaya karena tidak perlu ruang sebagai tempat makan dan minum para tamu.

Cukup menyediakan tempat serta fasilitas dan perlengkapan untuk memproses hidangan. Tak perlu juga keluar uang untuk mendekorasi ruang makan seperti restoran tradisional pada umumnya, bukan?

Optimalkan dapur

Restoran pada umumnya mungkin bisa jadi mengalami sedikit masalah dalam memperluas dapurnya karena faktor tempat yang sudah dibagi dengan ruangan lain seperti ruang makan, ruang tunggu tamu, resepsionis, dan sebagainya.

Namun bagi ghost restaurant, mereka memiliki kesempatan untuk mengoptimalkan dapur karena tidak harus terbatasi dengan pembagian ruangan semacam itu.

Peluang untuk bereksperimen lebih besar

Ghost restaurant merupakan kesempatan yang besar untuk melakukan eksperimen dan mencoba konsep-konsep baru. Jika ide yang anda jalankan tidak cocok, bisa dengan mudah menggantinya dengan yang lain.

Peluang mengurangi dampak sisa makanan

Pada umumnya banyak restoran mengalami masalash dengan sisa makanan dan minuman bekas dari para pelanggan ketika mereka sudah meninggalkan restoran. Namun jika ghost restaurant hal tersebut tidak menjadi masalah yang untuk bisnis anda karena makan dan minum akan dikirimkan ke tempat para pemesan dari restoran kita.

Gimana anda tertarik untuk membuka restoran dengan konsep Ghost Kitchen?

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar