Cara PINTAR atur stok barang secara efisien

Setiap bisnis yang  menjual suatu barang wajib untuk memperhatikan tentang stok persediaan. Persediaan barang menjadi salah satu aktivas perusahaan yang vital, karena penjualan yang dilakukan sangat erat hubunganya dengan stok persediaan yang ada di gudang maupun toko.

Pastikan stok barang yang ada di dalam toko anda selalu ada pada saat pembeli ingin mencari produk tersebut, kecuali memang dalam kondisi tertentu seperti ada kelangkaan dan lainya. Disamping itu anda harus memperhatikan sisa stok pada saat akhir bulan, karena akan berdampak pada biaya yang dikeluarkan dari bisnis anda.

Mengelola stok barang anda harus dilakukan secara efektif. Meskipun ini akan mendorong anda untuk lebih teliti dan memberikan effort yang lebih dalam melakukanya. Oleh karena itu untuk mempermudah hal tersebut anda bisa menggunakan aplikasi atau software yang dapat membantu kinerja bisnis anda dalam urusan mengatur stok barang.

Dengan mengetahui masalah tersebut di awal peluncurannya Kasir Pintar sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik terkait pengelolaan manajemen stok dari merchant nya. Banyak fitur yang bisa anda gunakan untuk mengatur stok anda agar bisa lebih efektif dan efisien. Nah kali ini kita akan membahas tips bagaimana mengatur stok yang benar dengan menggunakan Kasir Pintar.

List daftar pembelian stok barang

Ketika anda melakukan pembelian barang melalui supplier, saat itu juga anda bisa memasukkan ke dalam database Kasir Pintar agar selanjutnya bisa dilakukan transaksi. Anda bisa memasukkan barang melalui aplikasi Kasir Pintar atau bisa dengan cara memasukkan di dalam back office Kasir Pintar.

Anda juga harus memastikan bahwa tempat penyimpanan stok sudah diatur secara efisien dan memasukkan barang anda kedalam kategori dalam aplikasi Kasir Pintar. Sehingga ketika melakukan transaksi anda bisa memilah sesuai dengan kategori yang anda buat

Berikan kode di masing-masing stok barang

Ketika anda mengetahui produk anda terlalu banyak dan tidak memungkinkan untuk menemukan secara manual. Anda bisa menggunakan kode untuk setiap barang yang ada di bisnis anda, kode yang diberikan bisa berupa angka dan huruf di masing-masing produk yang ada.

Jika dirasa itu belum cukup untuk keperluan dari bisnis anda. Anda bisa menggunakan metode barcode sebagai kode barang. Barcode dapat di scan atau dipindai dengan scanner dan selanjutnya sistem dari Kasir Pintar akan melacak barang yang anda scan tadi sehingga akan lebih efisien dan efektif.

Lakukan stok opname secara berkala

Selalu perhatikan gudang dari bisnis anda, karena gudang adalah tempat yang rawan meskipun ada orang yang selalu menjaganya. Seringkali ketidakcocokan stok barang anda terjadi di area ini. Baik itu dikarenakan rusak, hilang atau dipindahkan tanpa sepengetahuan dari anda. Sehingga berakibat informasi jumlah barang yang salah secara fisik.

Lebih lagi jika jumlah barang yang ada di gudang sangatlah banyak. Sehingga anda harus melakukan stok opname secara rutin dengan tujuan untuk mengetahui apakah jumlah barang fisik dengan jumlah barang yang ada di database benar dan cocok. Dan dengan rutin melakukan stok opname juga bisa mengetahui apakah ada barang yang rusak atau hilang secara periodik

Di Kasir Pintar juga tersedia fitur untuk stok opname yang bertujuan untuk mencocokan barang yang ada di database Kasir Pintar dan di Gudang cocok dan benar. Caranya adalah dengan masuk di back office website Kasir Pintar. Klik link ini untuk info detail cara stok opname di back office Kasir Pintar.

Rutin laporan penjualan barang

Setelah barang sudah di input di database dan terjadi beberapa transaksi, selanjutnya adalah dengan melihat laporan penjualan dari bisnis anda. Melihat laporan ini bisa dalam jangka waktu harian, bulanan dan tahunan. Gunakan aplikasi Kasir Pintar untuk melihat data dari penjualan barang yang ada di dalam toko anda.

Evaluasi barang 

Nah yang paling penting setelah melakukan melihat laporan penjualan dan laporan stok opname adalah anda harus melakukan evaluasi stok barang anda. Evaluasi ini bisa mencangkup banyak hal yang berkaitan dengan stok barang 

Yang pertama tentang performa barang, anda bisa melihat barang apa saja yang paling laku dan yang tidak laku di toko anda. Tambah barang yang menghasilkan cuan untuk bisnis anda. Dan kurangi barang yang tidak terjual atau tidak menarik bagi pelanggan. 

Atau dalam kasus lain ada beberapa barang yang memang musiman, laku ketika dalam waktu tertentu. Maka jika begitu anda bisa menyimpannya ketika tidak musimnya dan tambah jumlah nya ketika akan memasuki musimnya.

Selanjutnya anda bisa mengevaluasi biaya dari pembelian barang yang anda lakukan. Apakah sudah efektif pembelian yang anda lakukan? Dengan melihat laporan anda bisa melihat letak dimana anda membuang-buang biaya anda dan jadikan patokan untuk rencana budget kedepannya.

Itulah beberapa tips yang dapat meningkatkan manajemen dari stok barang anda.

 www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *