Cara Asyik Work Form Home (bekerja dari rumah)

Cara Asyik Work Form Home (bekerja dari rumah) – Saat ini bekerja dengan cara Work From Home banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan dikarenakan wabah virus corona (covid-19). Banyak orang yang mendambakan untuk bisa bekerja dirumah atau work from home. Karena anda tidak perlu repot untuk pergi ke kantor dan menghadapi kemacetan dalam kota untuk bekerja.

Orang-orang yang biasanya bekerja dirumah biasanya disebut freelancer. Seorang freelancer bisa bekerja dimanapun dan kapanpun dia mau. Namun saat ini bukan hanya seorang freelancer saja yang bisa bekerja di rumah, namun banyak perusahaan yang menerapkan konsep bekerja dirumah untuk para karyawanya dikarenakan kondisi penyebaran cirus COVID-19 yang semakin meningkat setiap harinya.

Baca Juga : Tips Bisnis disaat masa Social Distancing

Bahkan saat ini Kasir Pintar juga memberlakukan Work For Home untuk para karyawanya per tanggal 24 Maret 2020 hingga 1 minggu kedepan. Work from home merupakan upaya pencegahan yang sudah dihimbau pemerintah dalam rangka untuk mengurangi penyebaran virus corona.

Meskipun konsep WFH (work from home) adalah bekerja dirumah, bkan berati kamu bisa untuk bekerja tanpan kendali. Kamu juga harus tetap produktif sama seperti hari-hari bisanya ketika bekerja di kantor.

Manfaat Work from Home

Ada beberapa manfaat yang didapat ketika sebuah perusahaan menerapkan WFH (Work From Home). Tentu ini terlepas dari masalah virus corona yang menyebabkan cara bekerja dirumah ini dilakukan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat ketika bekerja dirumah

  1. Bisa mengerjakan pekerjaan dalam kondisi yang paling nyaman untukmu. Hal ini tentu saja bisa meningkatkan produktivitas kerja, bila dilakukan dengan benar.
  2. Untuk kamu yang tinggal sendiri akan mendapatkan minim distraksi atau gangguan dari orang sekitar, sehingga kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan tugas.
  3. Work-life balance juga bisa kamu atur kembali dengan menentukan kapan waktu untuk bekerja, dan kapan waktu untuk bersantai.
  4. Sangat menghemat waktu mu, karena kamu tidak perlu ke kantor untuk bekerja. Apalagi jika tempat tinggal mu cukup jauh dari kantor.
  5. Untuk perusahaan ini juga berpeluang untuk menghemat anggaran pengeluaran juga.

Untuk kamu yang sedang menjalnani bekerja dirumah atau work from home, beberapa tips ini mungkin akan membantu kamu untuk mendapatkan manfaat diatas secara maksimal. Berikut caranya.

Nah, untuk kamu yang memang diharuskan kerja dari rumah atau work from home, berikut informasi-informasi yang perlu kamu ketahui supaya manfaat-manfaat di atas bisa didapatkan secara maksimal.

Jalankan seperti rutinitas biasa

Sama ketika saat kamu bekerja di kantor, ketika work from home kamu juga harus menjalankan rutinitas seperti yang biasa dilakukan. Seperti mandi, ganti baju dan merapikan diri.

jangan langsung bekerja sebelum kamu bersiap untuk beraktivitas seperti sarapan atau minum kopi sebelum bekerja. Hal itu dilakukan agar menghindarkan kamu dari stres dan mengatur pola hidup yang sehat untuk mencegah dampak dari virus corona.

Jadwalkan Meeting Online Secara Berkala

Tentu pekerjaan yang kamu lakukan mengharuskan untuk berkomunikasi dengan orang lain baik itu teman sekantor ataupun atasan kamu. untuk itu pentingnya meeting secara online berkaitan dengan koordinasi pekerjaan dan tugas yang sudah atau akan diberikan.

Usahakan meeting dilakukan ketika pagi hari, karena hal ini akan membuat kamu lebih serius dalam melakukan meeting.

Rapikan Ruang Kerja dan Sebisa Mungkin Hindari Kasur

Saat bekerja, suasana sangat berpengaruh besar dalam meningkatkan produktivitas, begitupun saat kamu melakukan kerja dari rumah.

Tidak menutup kemungkinan, suasana rumah yang cenderung santai bisa membuat produktivitas kamu menurun.

Nah, supaya hal di atas tidak terjadi, kamu bisa menghindari kasur sebagai tempat bekerja, dan mencari tempat lain yang lebih sepi seperti garasi rumah atau sudut ruang bawah tanah.

Namun, bagaimana jika kamu terpaksa bekerja di kasur?

Pastikan sprei yang digunakan rapi, dan hindari untuk rebahan. Lebih baik kamu sediakan meja portable sebagai tempat laptop agar bekerja dalam posisi yang nyaman.

Tetap Punya Jam Kerja Reguler

Walapun judulnya kerja dari rumah, tapi kamu harus memastikan untuk mengatur waktunya dengan baik. Kapan waktu kamu harus bekerja, dan kapan waktu untuk beristirahat.

Layaknya bekerja di kantor, kamu harus pastikan tidak menunda waktu untuk bekerja. Tak hanya itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk menjadwalkan jam istirahat makan siang.

Walaupun melakukan remote working dengan kerja di rumah, jam bekerja kamu harus tetap berjalan normal, dan tinggalkan semua pekerjaan ketika waktunya telah selesai.

Mungkin, nantinya kamu akan menemukan pemikiran seperti, “ah masih bisa kok dikerjakan, ‘kan engga kemana-kemana juga, hanya di rumah saja”.

Satu dua kali, mungkin tidak apa, tapi percayalah jika dilakukan terus menerus kamu bisa “keasyikan” bekerja dan kebablasan waktu yang bisa menyebabkan kamu kelelahan sendiri.

Hal ini tidak baik untuk kesehatan mental, maka dari itu berhenti jika sudah waktunya. Cara sangat membantumu dalam menentukan batasan antara kehidupan kerja dan rumah.

Buat To-do List Sehari Sebelumnya

Ketika dirumah terkadang banyak sesuatu yang dapat mengalihkan fokus kita dalam mengerjakan tugas. Maka dari itu ada baiknya untuk membuat to do list atau daftar tentang hal apa saja yang akan kamu lakukan hari ini pada saat sehari sebelumnya.

Hal ini dapat membantumu dalam membuat skala prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang tidak. Stop buang-buang waktu dalam menyelesaikan tugas.

Selalu berhubungan dengan teknologi dan internet

Bekerja di rumah atau remote working menuntut mu untuk selalu menggunakan internet dan berbagai teknologi lainya. Baik itu dilakukan untuk meeting, mengumpulkan tugas dan lainya.

Kamu dituntut untuk selalu bisa online dan terhubung dengan lainya ketika tidak berada dikantor.

Jadi apa kamu sekarang sedang menjalani WFH (working from home)? Semoga tips ini memeberi manfaat untuk keberlangsungan pekerjaan mu di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *