Tetap Jaga Komunikasi dengan Pelanggan disaat Krisis Virus Corona

Beberapa hari terakhir ini masyarakat Indonesia semakin banyak kepanikan muncul terhadap wabah virus covid19 ini. Alat pelindung seperti masker, hand sanitizer bahkan bahan pokok pun mulai langka dibeberapa tempat. Info terbaru UN (Ujian Nasional) pun di tiadakan untuk tingkat SD, SMP dan SMU. Kantor mulai diterapkan work from home dan toko-toko kecil mulai kehilangan penghasilan harian.

Jika usaha anda mengalami penurunan, anda tidak sedang sendiri. Menutur pusat peneliatian NFIB hampir seperempat pemilik usaha kecil berdampak negatif dikarenakan wabah virus corona. Penjulan menjadi lebih lambat 42%, distribusi makanan terganggu sebesar 39% dan karyawan mulai sakit mencapai 4% dari jumlah keseluruhan.

Namun anda harus tetap tenang, ada banyak cara untuk tetap menjaga tetap selalu berkomunikasi dengan konsumen anda ketika wabah corona ini dan tetap menjaga agar bisnis anda tetap bertahan. Saat ini mungkin saja pelanggan anda sedang melakukan self quarantine atau berdiam dirumah, tapi itu tak menghalangi anda untuk tetap berkomunikasi dengan mereka.

Berikut adalah strategi untuk tetap mempertahankan konsumen anda :

1. Tetap aktif di social media

Disaat banyak orang menjalani program self-qarantine atau berdiam diri dirumah, kegiatan yang paling banyak dilakukan adalah menggunakan smartphone mereka untuk berselancar di social media. Entah itu untuk mencari info terkait wabah corona, atau hanya untuk sekedar berselancar saja.

Namun di media sosial rentan dengan adanya berita hoax terkait berita yang memuat virus corona. Cobalah untuk melakukan posting tentang segala informasi yang sesuai dengan fakta virus corona atau konten yang berkaitan dengannya.

Dengan itu akan meningkatkan awareness untuk pelanggan anda terkait masalah virus ini dan membuat akun media sosial anda tetap eksis. Jangan lupa juga untuk membuat konten yang mengundang engagement baik itu comment, like dan share.

2. Tunjukkan kepada konsumen tentang apa yang anda lakukan terkait pencegahan penyebaran virus corona

Buatlah sebuah campaign yang meyakinkan pelanggan bahwa anda telah melakukan segala hal untuk melindungi kesehatan dari pelanggan atau konsumen anda ketika mengunjungi restoran atau toko anda.

Anda bisa dengan membagikan panduan kebersihan, desinfektan dan tips-tips kesehatan lainya seputar pencegahan virus corona. Bagikan panduan kebersihan, desinfektan dan cara kebersihan yang Anda lakukan.

Beritahu mereka bahwa Anda menerapkan karantina Anda sendiri baik itu untuk wilayah toko maupun aturan terhadap karyawan. Anda juga memperhatikan karyawan Anda yang kelihatannya memiliki gejala atau memang mengeluhkan gejala.

3. Beralih ke penawaran Online

Mulailah bisnis anda untuk beralih ke online seperti e-commerce, ingatkan konsumen anda untuk bisa berbelanja di toko online yang anda miliki. Bahkan jika perlu anda berikan promo atau diskon untuk pembelian di toko online anda agar mendorong konsumen anda melakukan pembelian meskipun mereka berada di rumah.

Jika bisnis anda seputar warung atau toko, dan menjual nya di masyarakat sekitar anda. Anda bisa menggunakan fitur toko online atau e-katalog dari Kasir Pintar. Dengna fitur ini anda tidak pelru unutk membuat toko online dan hanya bermodalkan aplikasi Kasir Pintar dan Aplikasi Whatsapp saja.

Caranya yaitu dengan memberikan url atau link dari e-katalog Kasir Pintar anda kepada para pelanggan setia, lalu mereka bebas untuk melihat dan memilih produk dari toko anda dan akan terintregrasi melalui email atau whatsapp. Pelajari selengkapnya di sini

dengan cara tersebut membuat pelanggan tetap menempel di bisnis anda, sekian artikel kali ini semoga kita selalu diberi kesehatan dan terhindar dari wabah virus corona ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *