Konsep Mengatur Keuangan di tengah Wabah Corona

Terhitung hari ini peyebaran virus corona masih mengkhawatirkan di Indonesia. Dari mulai ODP, PDP dan Positif angkanya terus meningkat dari hari ke hari. Begitu juga dengan sektor keuangan terkena dampak dari wabah virus corona atau yang juga disebut COVID-19 ini.

Hal tersebut merubah perilaku masyarakat dalam melakukan konsumsi dan menabung uangnya. Oleh karena itu saat ini penting untuk anda semua mengatur keuangan di tenah wabah ini. Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan.

1. Abaikan promo-promo yang menggoda kantong

Tips mengatur keuangan yang pertama yaitu abaikan promo. Saat ini tempat berkumpulnya promo adalah di dunia internet. Karena banyak orang dirumah dan berdiam diri dengan perangkat mobilenya. Ada yang memberikan diskon besar hingga kampanye untuk tetap berbelanja di rumah.

Jangan tergoda, ingat dalam situasi seperti ini anda harus menghemat dan menahan hasrat belanja anda. Karena nantinya akan berdampak terhadap masalah keuangan anda.

Bukan berati anda dilarang untuk berbelanja online dan tergiur oleh promo. Akan tetapi anda harus mengedepankan prioritas kebutuhan anda, terutama kebutuhan primer seperti makan dan kebutuhan pokok lainya.

2. Tetap Menabung

Setelah anda menghemat, kemudian selanjutnya adalah anda harus tetap dengan aktivitas menabung meskipun dalam situasi yang seperti ini. Anda bisa menggunakan konsep menabung seperti biasanya yaitu 40-30-20-10. 40% untuk biaya hidup sehari-hari, 30% untuk cicilan, 20% untuk ditabung atau berinvestasi, 10% untuk kebutuhan darurat.

Tujuanya adalah jika nanti ada hal yang diluar dugaan terjadi disaat ini anda mempunyai simpanan untuk membelanjakan kepeluan. Jadi tetap menabung untuk keberlangsungan hidup anda.

3. Buat anggatan darurat

Ketika berada dalam masa seperti ini, wajar jika anda membuat anggaran untuk keperluan darurat. Analisa dana apa saja yang akan diinvestasikan untuk anggaran darurat. Seperti contoh anggaran transportasi ojol, nonton konser, dana untuk bensi dan lainya yang nantinya akan disisihkan ke dalam anggaran darurat

4. Momen yang Tepat Untuk Berinvestasi

Jangan salah, saat wabah seperti ini adalah momen yang tepat untuk berinvestasi. Malah bukan menarik investasi karena nilai yang sedang turun. Nilai investasi yang turun menjadi momen terbaik untuk berinvestasi bagi pemula.

Matt Frankel, Professional Financial Planner mengatakan bahwa menjual saham Anda karena panik adalah hal terburuk yang akan mempengaruhi keuangan jangka panjangmu. Tetap berinvestasi ketika nilai investasi sedang turun karena hal seperti ini bukanlah yang pertama dan terakhir.

5. Dilarang Panic Buying

Banyak berita ketika wabah ini muncul terjadi panic buying. Dari alat kesehatan seperti masker hingga kebutuhan pokok seperti beras. Panic buying tidak memecahkan masalah finansial anda karena akan mempengaruhi keuangan anda di masa depan.

Anda tetap harus menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk kebutuhan yang lebih darurat misalnya jika anggota keluarga Anda terinfeksi atau masalah yang lebih penting urgensinya.

6. Bisnis di Rumah

Banyak perusahaan menerapkan work from home. Tak banyak karyawan yang pemasukanya lebih sedikit dibanding biasanya. Solusinya anda bisa memulai untuk melakukan bisnis, tetap berada dirumah tentunya.

Anda bisa memulai mencari penghasilan sampingan dengan berjualan online. Dengan jualan online memungkinkan anda unutk tetap berada di rumah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha online anda. Salah satunya dengan menggunakan e-katalog dari Kasir Pintar. Pelajari selengkapnya tentang e-katalog di link ini.

Tak hanya berjualan online, anda juga bisa berjualan produk seperti pulsa, bayar tagihan listrik, token listrik dan masih banyak lainya. Bagaimana caranya untuk berjualan pulsa secara mudah dan instan? PPOB Kasir Pintar menawarkan kemudahan untuk anda yang ingin berjualan produk seperti pulsa, token dan tagihan-tagihan lainya.

Pelajari selengkapnya tentang PPOB dari Kasir Pintar di sini

Itulah tips mengatur keuangan di tengah wabah Corona, jangan lupa untuk selalu tetap berada di rumah hingga waktu yang ditentukan. Stay Safe!

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *