Menjadi pemimpin yang bisa diandalkan disaat krisis

Disaat krisis seperti ini jika bisnis ingin tetap stabil membutuhkan sosok pemimpin yang dapat diandalkan untuk karyawanya. Karena dari seorang pemimpin lah terciptanya keputusan yang mampu mempertahankan kestabilan sebuah bisnis.

Apa saja yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam masa krisis seperti ini? Berikut penjelasanya.

1. harus mempunyai self control.

Menjadi pemimpin harus mempunyai self control yang baik terutama dalam masa seperti ini. Karena semua karyawan bergantung pada sosok leader mereka. Beberapa poin penting yang harus anda pegang yaitu :

  • Seorang pemimpin tidak boleh panik, harus tetap selalu positiv dalam keadaan apapun. Jika anda panik karyawan pun akan merasakan kepanika yang sama.
  • Seorang pimimpin harus berfikir jernih dan rasional, sehingga melihat kondisi secara helicopter view.
  • Pemimpin yang tidak impulsive, tidak terburu-buru. kecepatan itu penting tetapi keputusan yang impulsive saja tidak cukup.
  • Menjadi pemimpin yang care, membuat tim merasakan ketidakpanikan dan membawa aura yang tepat kepada tim.

2. Mempunyai keterampilan komunikasi

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang entrepeneur adalah mempunyai keterampilan komunikasi. Baik itu digunakan dalam mengatur bisnisnya maupun kepada relasi. Beberapa poin yang harus anda perhatikan disaat kritis seperti ini.

  • Pemimpin harus dapat berkomunikasi secara jelas/clear kepada semua pihak/pemangku kepentingan/stakeholders/staff. komunikasikan kondisi secara real, dengan solusi apa yang harus dilakukan oleh perusahaan berikutnya.
  • Pemimpin harus bisa berkomunikasi secara onsize / to the point. masa krisis ini sangat penting. harus berkomunikasi dengan orang yang tepat, bahasa yang tepat, dan waktu yang tepat.

3. Mempunyai ketegasan

Dalam masa krisis, waktu itu sangat penting. Anda harus mempunyai ketegasan dan kecepatan dalam memutuskan sesuatu. Analisa hal yang sedang anda hadapi dan ambil informasi secukupnya. Sehingga dengan cepat anda dapat mengambil keputusan.

– Pemimpin harus mempunyai kecepatan dalam mengambil keputusan. analisa secukupnya, ambil informasi secukupnya.

4. Bisa menyesuaikan diri dengan kondisi sekarang

Pemimpin harus bisa meletakan sebuah proses untuk melihat situasi dan tidak takut untuk merubah keputusan jika situasi nya juga berubah dengan cepat. Selalu dapatkan informasi up to date untuk mengambil keputusan dengan benar.

5. Mempunyai kreatifitas dan inovasi dalam menghadapi masalah

Bersiaplah untuk menghadapi situasi New Normal, dimana anda diharuskan untuk berinovasi dan melakukan hal kreatif untuk tetap mempertahankan bisnia yang anda.

  • Seorang pemimpin mempunyai kemampuan membangun tim dan mengeluarkan kreatifitas dan inovasi
  • Pemimpin yang cepat mencari masukan-masukan / pandangan yang dapat membantu situasi perusahaan menjadi lebih baik. tidak takut mengambil pandangan dari siapapun.
  • Pemimpin harus berfikir diluar kotak / out of the box. wajib menampung semua ide, karena tidak ada yang tidak mungkin.
  • Pemimpin dapat mempengaruhi tim untuk mengeluarkan idenya. dalam situasi krisis, perusahaan butuh semua ide dari siapapun.
  • Pemimpin tau bagaimana mengelola perbedaan pendapat di dalam tim dalam menyelesaikan krisis.
  • Pemimpin harus mempunyai kekuatan yang lebih bermanfaat di situasi krisis.

Jadi apakah anda siap untuk menjadi pemimpin yang dapat diandalkan untuk karyawan anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *