Grow Profit tanpa Grow Penjualan, Bagaimana Caranya?

 

Banyak dari pebisnis kuliner yang ingin untuk meningkatkan profit tanpa perlu menaikan jumlah penjualan. Atau dengan kata lain yaitu meningkatkan profit dengan cara lain tanpa harus mendapatkan penjualan berkali-kali lipat.

Sebenarnya saat ini sangat memungkinkan untuk kamu meningkatkan profit dengan beberapa cara. Seperti contoh ada restoran yang menciptakan inovasi robot untuk melakukan tugas sortir 200 ribu barang setiap harinya sehingga mereka bisa menekan biaya human dan error. Yang pada akhirnya perusahaan mendapat keuntungan lebih banyak dikarenakan jumlah cost lebih rendah.

Ada juga sebuah cafe yang hanya dilayani oleh 1 orang saja dengan jumlah hampir 80 kursi tanpa mengurangi kualitas pelayanan dan kecepatan dalam melayani. Kita bisa lihat bahwa hal tersebut pun bisa untuk dilakukan di bisnis F&B kamu. 

Lalu apa saja sih hal yang bisa diimplementasikan untuk meningkatkan profit tanpa harus menaikan penjualan berkali-kali lipat. Berikut tips yang bisa kamu coba di bisnis kamu.

1. Tekan Biaya Operasional (OPEX)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menekan biaya atau cost dari operasional bisnis yang selama ini kamu keluarkan. Bagaimana caranya? Banyak cara yang bisa dilakukan. 

Anda harus pelajari struktur biaya operasional anda selama ini. Dan dari situ lebih detailkan biaya mana yang bisa ditekan tanpa mengurangi kualitas dari pelayanan dari bisnis.

Misalkan struktur cost dari karyawan mencapai 20% dari keseluruhan operasional cost. Buat hal tersebut menjadi 15% atau bahkan 10%, misal jika sebelumnya menggunakan pelayan yang bertugas mencatat pesanan dari konsumen. 

Kamu bisa ganti dengan sistem konsumen yang menulis sendiri pesanan mereka. Sistem tersebut cukup efektif untuk dilakukan dan bisa menekan jumlah operasional cost sampai 15%. Bayangkan juga ketika anda mempunyai banyak cabang, berapa persen cost yang bisa dihemat.

2. Buat terobosan baru di COGS

COGS atau yang biasa dipanggil dengan HPP yaitu salah satu poin yang mempunyai impact secara langsung terhadap jumlah profit bisnis. Sebagai pebisnis harus sering memantau dan melakukan inovasi terkait produk sehingga COGS bisa ditekan tanpa menurunkan kualitas produk bisnis anda.

Salah satu contoh yang bisa anda lakukan untuk menekan COGS seperti dengan melakukan riset ulang terhadap bahan baku dari produk yang digunakan. Bisa meliputi teknik pengelolaan bahan baku agar lebih efisien atau bisa juga dengan mencari lagi supplier yang lebih murah dalam menyediakan bahan baku.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan bisnis lain untuk pembelian secara bersama sehingga mendapat harga yang lebih murah dikarenakan pembelian dalam jumlah banyak.

Intinya adalah yaitu bagaimana kamu bisa membuat HPP produk menjadi lebih kecil sehingga margin keuntungan menjadi lebih banyak.

3. Naikkan Harga Produk

Selanjutnya yang paling mudah dalam menaikan profit adalah dengan menaikan harga dari produk. Jika kita bermain di market bisnis yang sangat sensitif dalam harga, kebijakan menaikan harga sangat tidak dianjurkan. karena mempunyai impact yang malah sebaliknya yaitu harga naik malah sales semakin turun. Yang tujuan utamanya ingin menaikkan profit malah jadi boncos.

Lalu bagaimana jika menaikkan harga menjadi satu-satunya hal yang bisa dilakukan karena tidak mungkin untuk mengatur kembali OPEX dan COGS? Maka yang bisa dilakukan adalah dengan strategi bertahap atau smart dalam memilih produk yang bisa dinaikan atau dengan cara menaikan semua harga produk secara rata-rata sehingga terlihat kecil kenaikanya.

4. Another Revenue

Ini merupakan cara yang cukup bagus untuk ditempuh sebetulnya, tapi perlu dikaji terlebih dahulu apakah strategi pada modal atau rendah modal, high risk or low risk. Misal buka cabang baru, otomatis kalo works profit perusahaan bisa besar tapi disisi lain resikonya juga jadi cukup besar kalo misalnya gagal.

Lalu bagaimana, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk other revenue ini seperti mengeluarkan makanan dalam kemasan siap saji sehingga konsumen bisa membeli untuk bawa pulang atau bahkan bisa dijadikan produk retail, misal di salah satu bakso di malang, mereka juga menjual Krupuk/ Baso Goreng dalam kemasan, yah tentu ini pemanfaatan produk yang mungkin reject di pabrik kemudian dijadikan produk siap makan di outlet, nah selain efisien di pabrik juga bahkan produk sampingan ini menjadi revenue baru yang bisa meningkatkan profit perusahaan.

5. SOP Sales

“Kentangnya tidak sekalian?” …. di Mcd Donald, kalimat ini menyumbang puluhan juta dollar tambahan penjualan dan jadi studi case yang sangat menarik sejak lama, simple sekali bukan? yah karyawan di SOP untuk mengatakan/ menawarkan dengan kalimat di atas kemudian tentu ada pengukuran dari hal tersebut apakah berdampak besar terhadap sales perusahaan.

Jadi, buat SOP yang terkait dengan peningkatan penjualan secara langsung, buat ukurannya, kontrol implementasinya, buat reward dan funishment kemudian ukur secara berkala.

Selamat Beraktivitas.

www.kasirpintar.co.id
Instagram : @kasirpintar
Facebook : Kasir Pintar