Alasan kenapa pelaku usaha wajib punya data penjualan

Data Penjualan – Setiap perusahaan perlu untuk mengetahui perkembangan situasi dan kondisi pasar dan pemasarannya, memantau perkembangan produk sendiri dan perkembangan peluang di pasaran,

baik langsung maupun tidak langsung. Dibandingkan menebak-nebak atau membuat perkiraan, menggunakan data penjualan memungkinkan kamu untuk mengetahui perkembangan bisnis.

Dan mampu membuat keputusan yang lebih cerdas dalam meningkatkan profit bisnis hingga kepuasan pelanggan menjadi lebih baik.

Data penjualan ini adalah kondisi yang lebih detail dari data selling in, selling out, selling through dan aktivitas promosi, dimana titik fokus tentu pada selling in dan dampak program promosi yang dijalankan.

Data penjualan juga mengambil data analisa atas aktivitas marketing communication, trade marketing dan sales promotion yang mempengaruhi selling in dan selling out di suatu bisnis.

Sebagian besar pengusaha tidak tahu betapa pentingnya mengumpulkan data penjualan yang tepat. Ini dia keuntungan kamu jika menggunakan data penjualan :

1. Menentukan Produk paling laris

Dengan menggunakan data penjualan, kamu bisa menentukan apa sih produk yang paling laris dibisnis kamu. Setelah Menentukan Produk paling laris , jadikan itu sebagai produk penetrasi. Produk penetrasi yakni produk yang harganya jauh lebih murah dari produk utama kamu.

Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman berbelanja untuk calon pelanggan kamu. Kalau mereka sudah membeli produk penetrasi ini, mereka akan merasakan bagaimana pelayanan kamu maka untuk menjual produk utama, kamu akan lebih dimudahkan.

2. Mengetahui gambaran potensi pasar

Mempunyai data penjualan yang lengkap dan valid akan sangat membantu para pelaku usaha dalam menentukan potensi pasar baik berdasarkan kelompok umur, jenis produk atau layanan yang mereka beli, frekuensi pembelian, lokasi geografis pelanggan dan sebagainya.

Hingga saat ini, bisnis telah menjamur di masyarakat sehingga dibutuhkan banyak strategi khusus untuk dapat bersaing dan dapat meningkatkan penjualan.

Dengan menganalisa potensi pasar terlebih dahulu, maka bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah berkembang.

3. Menganalisis Hasil Penjualan

Menggunakan data penjualan yang valid juga dapat menganalisis penyebab penurunan atau peningkatan penjualan. Dengan demikian, maka Anda dapat segera menentukan strategi yang dibutuhkan saat penjualan mengalami penurunan.

Jadi jika saat ini kamu masih kebingungan untuk mengatur semua penjualan secara manual. mulailah untuk beralih menggunakan software yang dapat membantu kamu mengatur semua data penjualan mu.

Tak hanya itu kamu juga perlu untuk mengatur hal lain seperti data pembelian, data pelanggan, data karyawan dan masih banyak lainya.

Banyak juga kan? semua bisa kamu pantau dan atur dengan Aplikasi Kasir Pintar Pro sebagai media alat bantu bisnis kamu.

Apa saja yang bisa kamu dapatkan dari berlangganan Kasir Pintar Pro?

cek selengkapnya disini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *