4 Hal Menarik yang bisa Kamu lakukan dengan Sistem POS

Sistem POS (Point of Sales) yang baik adalah bisa digunakan sebagai tools cerdas untuk bisnis Kamu.

Kalau sebelumnya Kamu mungkin menganggap Sistem POS seperti Kasir Pintar hanya sebatas sampai terima pembayaran saja dan selesai. Ubah mindset itu karena sebenarnya ada banyak informasi yang bisa dikumpulkan dari Sistem POS.

Dan dengan informasi tersebut dapat membuat beberapa perbedaan untuk bisnis Kamu kedepanya.

Setiap transaksi yang Kamu lakukan, POS mengambil banyak informasi yang dapat di gunakan untuk meningkatkan bisnis dan bahkan meningkatkan laba atau profit bisnis Kamu.

Data POS berisi begitu banyak informasi berharga seperti data yang dapat membantu Kamu dengan pemasaran, wawasan bisnis, inventaris, dan lainnya

dan data itu hanya ada di sana, menunggu Kamu untuk memanfaatkannya.

Berikut cara cerdas menggunakan Aplikasi Kasir atau Point Of Sales Kamu untuk bekerja lebih cerdas.

1. Manfaatkan Daftar Pelanggan

Chanel yang paling hemat biaya tempat yaitu dapat beriklan adalah basis pelanggan yang ada di bisnis. Jika Aplikasi POS Kamu memiliki program loyalitas untuk mengumpulkan informasi pelanggan, Good for You!

Banyak bisnis retail dan pemilik restoran hanya fokus untuk mendapatkan pelanggan baru, mereka lupa bahwa konsumen yang bersedia berada tepat di depan mereka.

Manfaatkan daftar pelanggan yang ada. Sistem POS mengumpulkan informasi tersebut karena suatu alasan dan banyak yang dapat Kamu lakukan denganya.

Sebelum kita membahas secara tepat bagaimana Kamu bisa memanfaatkan daftar pelanggan yang ada di bisnis, berikut adalah beberapa cara untuk membangunnya agar upaya Kamu jauh lebih kuat

Bagaimana Cara Menumbuhkan Daftar Pelanggan?

berikut adalah beberapa cara untuk membuat daftar itu dengan cepat sehingga Anda dapat memanfaatkannya secara maksimal:

Adakan Quiz Berhadiah. Lakukan quiz di situs web , akun media sosial, atau di dalam toko (bahkan mungkin ketiganya!) Dan minta peserta untuk memberi Kamu informasi seperti alamat email, Nama dan detail lainya.  Bahkan Kamu dapat melangkah lebih jauh dengan mengembangkan kuesioner tentang merek dan produk favorit mereka.

Lakukan Giveaway. Tidak ada cara yang lebih baik agar kerumunan orang memberikan informasi mereka kepada bisnis Kamu selain dengan menawarkan sesuatu secara gratis. Kamu akan terkejut dengan apa yang dapat dilakukan giveaway untuk membangun daftar pelanggan , cukup pastikan Kamu melakukan promosi secara efektif.

Buat program loyalitas atau penghargaan. Pelanggan akan lebih cenderung memberi informasi mereka bila ada manfaatnya. Jika Kamu belum memiliki program hadiah atau loyalitas, sekaranglah waktunya untuk memulai.

Beri tahu pelanggan alasan mereka untuk mendaftar, apakah itu diskon 10% untuk pembelian atau sesuatu yang sederhana seperti menjadi yang pertama tahu tentang penawaran dan promosi.

2. Pantau Produktivitas Karyawan

Hampir setiap sistem POS memberi kesempatan untuk memiliki info log in untuk Staf. Dengan hal itu memberi Anda wawasan tentang seberapa produktif mereka selama periode shift dan berapa banyak penjualan yang mereka lakukan.

Kamu juga akan dapat mengukur produk apa yang berhasil mereka promosikan dan jual. Terlebih lagi, Anda akan dapat melacak apakah mereka memanfaatkan waktu atau uang Kamu.

Berikut cara menggunakan data penjualan karyawan untuk meningkatkan bisnis:

Berikan pelatihan. Jika Kamu melihat salah satu karyawan Anda kekurangan penjualan, ada peluang untuk perbaikan. Berikan pelatihan untuk meningkatkan produktivitas mereka dan meningkatkan laba bisnis.

Berikan Rewards dan hadiah. Berikan alasan kepada karyawan untuk berprestasi. Terapkan sistem penghargaan dan Kamu akan terkejut betapa hal itu akan meningkatkan produktivitas dan keterlibatan dalam tim.

Gimana menarik kan? Sistem POS yang akan membuat kinerja mereka lebih baik. Cheers.

3. Pantau dan Laporkan Tren Penjualan

Anda mungkin berpikir, karena inti dari sistem POS adalah melacak penjualan, tetapi ada begitu banyak teknik pelaporan yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan wawasan yang berharga dan mengubah permainan dari data penjualan Kamu. Yes Kamu bisa…

Sesuaikan Staf berdasarkan trafik toko dan data penjualan.  Dengan wawasan yang tepat, Kamu dapat menyesuaikan jumlah staf lebih banyak di jam-jam ramai toko kamu. Sebaliknya kamu bisa mengurangi jumlah mereka saat kondisi toko sepi.

Pantau promosi untuk memastikan keuntungan. Sistem POS yang bagus akan memungkinkan untuk memantau promosi vs margin kotor untuk menentukan promosi apa yang benar-benar menghasilkan uang sehingga Kamu dapat memutuskan mana yang akan dijalankan lagi di masa mendatang.

4. Dapatkan Wawasan ke Inventaris Kamu

Mengetahui produk apa yang menghasilkan uang sama pentingnya dengan mengetahui produk apa yang gagal. Aplikasi kasir seperti Kasir Pintar akan membantu  memantau dan mengelola inventaris sehingga Kamu dapat :

Lacak status real stock. Retur, penukaran, dan pengembalian uang adalah hal yang normal untuk ditemui pengecer mana pun (mirip dengan makanan yang dikirim kembali ke dapur di restoran), tetapi jika Kamu dapat melacak dengan tepat produk apa yang dikembalikan dan ditukar, Kamu dapat menghindari kerumitan ini dengan stock opname. Seperti di Kasir Pintar yang bisa memudahkan kamu untuk melacak stock real dan yang ada di aplikasi dengan stock opname

Menghindari dead stock. Software penjualan Kamu harus membantu Kamu untuk menghindari bencana dead stock. Beberapa fitur lengkap pada software POS  seharusnya dapat membantu Kamu membedakan, mengontrol, dan menghilangkan dead stock bisnis.

Menarik bukan? Sistem POS saat ini menjelma menjadi robot yang bisa diandalkan untuk kepentingan marketing, produksi bahkan untuk mengatur pelanggan. semua hal diatas dapat Kamu dapatkan di Aplikasi Kasir Pintar.

Coba GRATIS 30 Hari untuk melihat apa yang bisa Kamu lakukan dengan Kasir Pintar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.