5 Alasan Cerdas Menggunakan Software POS berbasis Cloud

Cloud storage adalah metode penyimpanan data di sejumlah server yang dikelola pihak penyedia layanan. Koneksi internet dibutuhkan untuk mengakses data yang kamu simpan di server.

Saat ini banyak penyedia software bahkan software pos yang menggunakan metode cloud.

Cloud bukan hanya sebuah taktik marketing yang digunakan penyedia jasa pos untuk mendapatkan klien, ini adalah aspek penting untuk model bisnis abad ke-21.

Dan penyedia program kasir yang bagus akan memastikan klien memahami mengapa dan bagaimana beroperasi di cloud dapat menguntungkan dan meningkatkan bisnis mereka.

Apa itu Cloud POS?
adalah Software POS (Point of Sale) yang menggunakan teknologi Cloud untuk bisnis kecil menengah. Sangat cocok digunakan untuk bisnis seperti F&B, Business Service, Retail dan lainnya.

POS tradisional atau versi non cloud biasanya hanya menggunakan local server dan hanya dalam jangkauan kecil saja. Misalnya, sebuah restoran yang berjalan pada sistem pos tradisional akan memiliki terminal di stasiun server dan tempat host yang terhubung dan disambungkan ke server di situs yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengirimkan data.

Sementara point of sale basis cloud dihosting web dan menyimpan serta mengirimkan data pada server jarak jauh di pusat data besar penyimpanan di cloud.

Dibandingkan dengan sistem POS tradisional yang telah digunakan selama beberapa dekade, Cloud POS menawarkan banyak manfaat yang membantu pemilik bisnis bekerja lebih cerdas.

Penasaran bagaimana “cloud” bisa menjadi aset paling penting? Di sini kami akan menjelaskan kenapa Kamu harus memiliki Software POS cloud dan bagaimana bisnis Anda dapat meraup keuntungan.

1. Bawa Bisnis ke Mana Saja Kamu mau

Dengan Software POS basis cloud, Kamu dapat menyelesaikan tugas yang paling rumit sekalipun kapan pun dan di mana pun. Bahkan saat jauh dari terminal tempat penjualan atau jauh dari toko atau restoran.

Sistem POS cloud tetap bisa digunakan kapanpun dimanapun selama ada koneksi ke internet. Sehingga Kamu memungkinan untuk melakukan aktifitas seperti menarik laporan, melihat data dan bahkan melakukan penjualan. Ini membuktikan bahwa Sistem POS cloud mampu diandalkan untuk Kamu yang mempunyai mobilitas tinggi dan terbukti sangat fleksible.

2. Tingkatkan keamanan data bisnis

Pemilik dan manajer bisnis dapat merasa tenang dengan solusi dari sistem POS berbasis cloud. Karena seperti kita ketahui bahwa informasi bisnis dan pelanggan yang penting aman dan terjamin.

Di masa lalu, kerusakan POS atau pemadaman listrik dapat berarti hilangnya data yang merugikan, tetapi dengan kekuatan cloud, data disinkronkan dan disimpan secara elektronik.

Selain itu, sistem pos cloud memungkinkan penyimpanan data yang lebih aman, dengan enkripsi dan perlindungan dari malware dan pelanggaran data.

Situasi yang pernah menjadi mimpi buruk bagi restoran dan pemilik retail tidak lagi menjadi masalah di cloud. Misalnya, banyak orang takut bahwa koneksi WiFi dapat membuat atau menghancurkan operasi bisnis.

namun, sebagian besar sistem pos cloud seperti Kasir Pintar memiliki mode offline yang membuat bisnis tetap berjalan bahkan saat terjadi pemadaman atau kehilangan koneksi.

3. Manajemen Informasi terpusat

Dengan akses ke data secara real time, cloud POS memungkinkan pemilik bisnis untuk menjadi proaktif dengan operasional sehari-hari dan bahkan untuk tujuan jangka panjang mereka. Software POS basis cloud yang hebat akan membantu menyinkronkan data dengan inisiatif pemasaran, membantu meningkatkan produktivitas tim Kamu dan bahkan pengalaman pelanggan.

4. Software POS berbasis cloud Terjangkau

Sistem lama hadir dengan banyak perangkat keras yang buruk dan dapat merugikan pemilik bisnis jutaan per tahun (belum lagi biaya awal dan pemeliharaan). Dengan cloud POS, biaya menjadi jauh lebih rendah, karena Anda membayar lisensi perangkat lunak yang dihosting web, dan pemeliharaan dapat dilakukan dari jarak jauh.

Software pos cloud juga memudahkan Kamu memilih apa saja kebutuhan dari bisnis dengan aplikasi yang dibutuhkan. Sehingga Kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk fitur yang tidak diperlukan.

Misalnya di Kasir Pintar menyedikan plugin untuk khusus bidang sejenis. Untuk Kamu yang ingin mempunyai fitur hitung stok bahan baku akan sangat berguna untuk pengguna kategori bisnis F&B, namun untuk bisnis retail kamu tidak membutuhkanya dan masih banyak lagi fitur yang sengaja kami kelompokkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kategori bisnis.

5. Software POS cloud Bisa Diintegrasikan dengan Berbagai Sistem Bisnis

Alasan terakhir yang tidak kalah penting, Cloud POS bisa dikolaborasikan dengan berbagai sistem seperti sistem akuntansi, sistem manajemen pembelian, sistem manajemen inventaris, dan masih banyak lagi. Integrasi dengan berbagai sistem ini akan semakin menyederhanakan operasi bisnis retail Anda dan membantu memaksimalkan penjualan Anda.

Jadi, bagaimana menurutmu? Apakah Kamu yakin tetap ingin menggunakan sistem kasir tradisional atau ingin beralih ke Cloud POS?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *