Marketing Tools untuk Menjalankan Usaha: Pebisnis harus tahu!

Pada era digital saat ini, teknologi sudah menjadi komponen utama dalam berbisnis. Trend online marketing sudah semakin merajalela sehingga pebisnis harus selalu up to date terhadap perubahan zaman yang fluktuatif di era digital ini.

Adanya online marketing menyebabkan semakin banyak pula Marketing Tools baru yang dirilis untuk membantu jalannya usaha Kamu.

Dengan bantuan Marketing Tools, Kamu dapat menjalankan bisnis dengan mudah dan memenangkan kompetisi pasar, terutama di bagian promosi dan pemasaran.

Meski begitu, Marketing Tools tidak melulu soal iklan promosi dan sosial media saja. Apa saja sih Marketing Tools yang bermanfaat dalam menjalankan bisnis?

Berikut adalah beberapa Marketing Tools yang bisa Kamu gunakan dalam berbisnis:

1. Trello

Punya banyak tim dan task tapi bingung untuk mengkoordinir? Tenang saja! Trello hadir untuk menjawab keresahan Kamu.

Trello adalah aplikasi task management yang dapat memperlihatkan task apa saja yang sedang berjalan, siapa yang menjalankan serta sampai mana progress dari task tersebut. 

2. Canva


Canva adalah tools untuk desain grafis yang memungkinkan pengguna untuk mendesain kebutuhan marketing seperti poster, brosur, infografis, presentasi, logo, dan masih banyak lagi.

Canva menyediakan banyak template desain yang bisa digunakan dan dimodifikasi dengan mudah. 

3. Unsplash

Unsplash adalah suatu website yang menyediakan foto-foto gratis berkualitas tinggi untuk keperluan konten promosi Kamu. Disini Kamu bisa mendapatkan konten-konten visual terbaik untuk sosial media, website, maupun iklan bisnis Kamu.

4. Hootsuite

Kelola berbagai sosial media bisnis Kamu dengan satu platform, Hootsuite memungkinakn kinerja tim bersamaan untuk mengelola berbagai sosial media sekaligus.

Selain itu Kamu juga bisa menjadwalkan postingan dan melihat analisis data perkembangan sosial media melalui Hootsuite. 

5. Google Ads

Google Ads adalah salah satu produk google yang memungkinkan Kamu untuk membuat iklan dalam berbagai bentuk dan format, antara lain bisa berupa gambar, video, ataupun teks.

Pengguna dapat menentukan penempatan iklan berdasarkan keyword, waktu, ataupun lokasi tertentu. 

6. Google Analytics

Google Analytics adalah platform gratis dari Google yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan laporan analisis perkembangan website serta mengenal perilaku audiens berdasarkan data.

Google Analytics dapat menyediakan data secara real-time serta dapat mengevaluasi performa dan kecepatam website. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *