Anti Cemas Anti Ribet, Pantau Penjualan dengan Fitur Aplikasi POS! 

Pengawasan (Monitoring) terhadap penjualan adala aktivitas yang tidak boleh dilewatkan oleh seorang pebisnis karena dari pengawasan ini dapat diketahui perkembangan bisnis secara berkala.

Monitoring berkala tidak hanya diperlukan untuk perusahaan besar saja namun UKM pun perlu melakukan monitoring berkala karena keadaan bisnis dapat berubah sewaktu-waktu.

Dari kegiatan monitoring ini pebisnis dapat mengetahui evaluasi target dan hasil serta dapat menentukan strategi bisnis kedepannya.

Aplikasi POS kini hadir untuk memudahkan pebisnis dalam memantau penjualan dari jauh. Apa saja sih fitur-fitur yang ada di Aplikasi POS? Simak selengkapnya!

1. Aplikasi POS untuk Sales Report (Laporan Penjualan)

Laporan Penjualan adalah laporan paling umum yang berisi detail penjualan. Data-data penjualan yang tersedia bergantung pada penyedia Aplikasi POS yang anda gunakan, namun terdapat beberapa poin penting yang harus ada monitor pada Aplikasi Kasir yang anda gunakan:

  • Periode Waktu: Pengukuran ini berguna untuk mengidentifikasi trend per tahun seperti kapan jam sibuk, membandingkan penjualan dari tahun ke tahun, atau efek dari suatu promosi terhadap jangka waktu tertentu
  • Jumlah Pengujung: Laporan ini dapat memberikan informasi berapa pengunjung yang datang dan bertransaksi di toko anda
  • Laporan Karyawan: Memungkinkan anda untuk memantau performa karyawan dan menetapkan perlakuan yang tepat untuk karyawan yang kurang bagus performanya

2. Product Mix Reports

Untuk analisis yang lebih dalam terkait laporan mesin kasir anda, aplikasi POS menyediakan Product Mix Reports yang dapat menunjukkan penjualan berdasarkan item, kategori atau departemen. Dari hasil laporan tersebut anda dapat mengetahui produk terlaris yang paling disukai pelanggan.

Selain itu anda juga bisa mempertimbangkan biaya material tiap item menu, misalnya ketika anda ingin memutuskan untuk memotong item menu yang kurang populer untuk menghemat pengeluaran dan meningkatkan keuntungan penjualan

3. Inventory Reports

Laporan Inventori atau penyimpan sama pentingnya dengan laporan penjualan karena laporan ini berisi tentang stok-stok yang akan dijual kepada pelanggan.

Laporan Inventori akan memungkinkan anda untuk melakukan tracking material sehingga rencana dan strategi jangka panjang bisa ditentukan dengan baik. Selain itu laporan inventori juga dapat membantu controlling material yang mungkin habis tanpa ada keterangan yang jelas.

Berikut adalah poin-poin yang harus ada dalam laporan inventori:

  • Catatan Inventaris sehingga anda bisa tau berapa material yang ada di persediaan
  • Catatan Harian yang memberikan informasi kuantitas produk dan low stock items sehingga bisa melakukan forecast untuk pembelian selanjutnya

4. Laporan Tenaga Kerja dan Karyawan

Laporan ketenagakerjaan dapat menunjukkan bagaimana kinerja karyawan dan berapa biaya yang dikeluarkan untuk mereka.

Banyak aplikasi POS yang dapat mengintgrasikan perangkat lunak pihak ketiga yang memungkinkan pemilik bisnis mengelola tugas penjadwalan karyawan dan program penggajian. Karyawan adalah salah satu aset terbesar, dan itulah mengapa sangat penting untuk mengawasi area ini.

5. Laporan Pembayaran

Laporan Pembayaran dapat membantu anda mengetahui bagaimana pelanggan menbayar transaksinya. Laporan dari aplikasi POS anda harus bisa memberikan informasi terkait transaksi pada:

  • Tunai
  • Gift Card
  • Kartu Kredit
  • Kartu Debit

Informasi ini memberi Anda wawasan tentang berapa banyak uang tunai yang harus Anda miliki sehingga laporan kewajiban Anda akurat.

Selain itu, perincian pembayaran kartu kredit menurut jenis kartu akan memberi tahu anda berapa banyak uang yang dapat Anda harapkan di rekening bank Anda dari prosesor pedagang Anda.

6. Program CRM

Manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah teknologi yang digunakan untuk mengelola hubungan Anda dengan pelanggan dan sering kali dihubungkan ke program loyalitas pelanggan.

Dengan asumsi bahwa aplikasi POS Anda memiliki sistem CRM, Anda akan dapat menjalankan laporan berikut:

  • Harga cek rata-rata pelanggan
  • Terakhir kali mereka bertransaksi
  • Item paling sering dipesan

Laporan ini dapat membantu Anda membuat penawaran pemasaran di masa mendatang yang memberikan keuntungan positif tambahan.

Misalnya, mengetahui pelanggan mana yang paling setia dan apa yang mereka suka makan dapat memungkinkan Anda membuat penawaran yang sangat efektif.

Laporan pemasaran memberi Anda pemahaman yang lebih dalam tentang perilaku transaksi pelanggan, sehingga Anda mendapatkan hasil maksimal dari aplikasi kasir restoran Anda.

Manfaatkan informasi ini dengan melibatkan pelanggan Anda berdasarkan minat mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *