Point of Sale Marketing : Cara Mengoptimalkan Penjualan Usaha Retail Kamu dengan Display POS

Jika Kamu pernah masuk di minimarket seperti indomaret atau alfamart, Kamu tahu bahwa mereka memanfaatkan ruang yang mengarah ke kasir. Mereka menciptakan jalur bagi pelanggan untuk bersantai dalam perjalanan ke kasir.

Dan itu berhasil.

Menurut survei oleh CreditCards.com, “Delapan puluh empat persen responden jajak pendapat mengatakan bahwa mereka pernah melakukan pembelian impulsif pada suatu waktu, dan 77% dalam tiga bulan terakhir.” 

Selain itu, hampir 80% responden melakukan pembelian impulsif di dalam toko, dibandingkan hanya 6% yang mengatakan bahwa mereka secara impulsif membeli sesuatu di perangkat seluler mereka.

Mereka tidak akan pernah berpikir untuk membeli jika barang tidak disajikan dengan cara yang benar di tempat dan waktu yang tepat.

Ketika pelanggan berada di toko buat mereka lebih berinteraksi lebih banyak dengan barang sehingga mereka melakukan pembelian.

Bagaimana caranya ? Jawabannya ada pada Point of Sales Marketing (POS).

Apa Itu Sistem POS (Point of Sale) Marketing?

Meskipun POS sering mengacu pada sistem penjualan, tapi POS juga bisa mengacu pada interaksi produk dan pelanggan yang terjadi di tempat yang akan dilewati oleh pelanggan.

Tujuanya adalah untuk mempengaruhi perhatian pelanggan ke barang  atau produk ketika mereka siap melakukan pembayaran di kasir. Ketika dilakukan secara tepat, akan mempengaruhi detail keputusan pembelian dari pelanggan.

Mengapa harus Point of Sales Marketing? 

Mengapa ini menjadi cara efektif untuk mengumpulkan penjualan tambahan?

Pertama-tama, Kamu sudah memiliki audiens atau pelanggan yang antusias yang telah membuat keputusan untuk membeli sesuatu, yang kemungkinan besar mereka akan terbuka untuk membeli item tambahan – selama harganya relatif murah.

Kedua, item “tambahan” yang relevan dapat berfungsi sebagai pengingat bagi pelanggan dan memicu dorongan mereka untuk membeli. Misalnya, Indomaret menawarkan permen di rak kasir.

Strategi ini membuat pelanggan berpikir itu adalah sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan dan inginkan.

Tidak ada orang yang benar-benar suka mengantri, jadi mengapa tidak membuatnya menyenangkan? Ubah apa yang dapat dianggap sebagai gangguan berbelanja menjadi perpanjangan pengalaman berbelanja.

Alih-alih bosan mengantri, buat tampilan POS Marketing yang membantu memperkuat keputusan mereka untuk membeli produk dengan membuat mereka tetap tertarik saat menunggu. Bahkan mereka akan menambahkan item tersebut ke keranjang.

Manfaat Tampilan POS yang Efektif

Karena setiap pembelanja berakhir di konter kasir, lokasi display POS yang menjamin bahwa pelanggan akan menemukan produk Kamu yang ditampilkan selama perjalanan menuju kasir.

Ini menjadikannya lokasi yang tepat untuk produk yang mungkin tidak ada di daftar belanja calon pembeli – hal-hal seperti permen, air kemasan, lip balm – tetapi begitu mereka menemukannya, hal itu memicu pembelian impulsif tersebut.

Para Pengusaha retail juga dapat menggunakan tampilan POS untuk mendorong promosi atau diskon khusus. Karena tampilan khusus yang lebih kecil dapat diletakkan di atas meja, mudah untuk memasukkan papan nama untuk menarik perhatian pembeli.

Yang Perlu Dipertimbangkan Dengan Tampilan POS Kamu

Meskipun mungkin terdengar mudah untuk menempatkan beberapa item di samping kasir, membuat tampilan POS yang bagus sebenarnya membutuhkan banyak pemikiran, perencanaan, dan perhatian terhadap detail. 

Kamu ingin berinteraksi dengan pelanggan dan membujuk mereka untuk meningkatkan pembelian mereka, maka perhatikan memasukkan tip di bawah ini.

Pahami Produk Kamu

Apa fungsinya? Bagaimana Kamu bisa membuatnya menonjol di toko Kamu? Apakah itu tertata dan ditumpuk dengan baik? Apakah akan terlihat lebih baik digantung atau diletakkan di rak? Perhatikan baik-baik apa yang Kamu tawarkan, dan jangan takut untuk bereksperimen.

Kepraktisan

Tempat di dekat kasir sangat terbatas. Display POS Kamu akan menjadi titik fokus di toko, jadi Kamu ingin memastikan bahwa Kamu dapat memuat sebanyak mungkin item di layar sambil tetap membuatnya terlihat dapat diakses dan tidak terlalu penuh.

Pastikan tampilan shopper-friendly, yang memungkinkan pembeli dapat dengan mudah mengakses produk.

Penentuan posisi

Tempat display barang sangat penting, karena produk akan sering disentuh dan dipilih, yang berarti Kamu harus dapat dengan mudah mengisi kembali dan merapikan ruang. 

Karena itu, pastikan desainnya tidak terlalu besar atau memakan tempat, sehingga menimbulkan lebih banyak gangguan bagi mereka yang mengantri dan juga bagi staf yang bertanggung jawab untuk mengaturnya.

Desain

Desain yang menarik untuk Display POS Kamu yang akan berhasil menarik pelanggan dan mendorong penjualan tambahan. Gabungkan kesan bold atau jelas dan tepat yang dapat dilihat dari kejauha. Sehingga pelanggan tertarik untuk melihat dan mengambil barang.

Jenis Tampilan POS yang Paling Efektif

Hal terbaik tentang tampilan POS adalah bahwa ini adalah cara yang relatif murah untuk memasarkan kepada pembeli dan pelanggan yang sudah ada di toko. 

Ide-ide di bawah ini ekonomis dan serbaguna, dan dapat disesuaikan dengan situasi spesifik di Toko Kamu.

Counter Display

Counter space paling umum digunakan di toko ritel, tetapi Kamu harus berhati-hati agar tidak terlalu berdesak-desakan dan merangsang pembeli dengan terlalu banyak pilihan. 

Pertimbangkan unit meja yang menyoroti barang yang fast moving seperti perlengkapan mandi, barang kecantikan, atau makanan.

Pastikan untuk tidak pernah menghalangi garis pKamung antara petugas dan pelanggan.

Standing Floor Display

Standing Floor Display adalah pilihan tepat untuk produk yang ingin Kamu perhatikan. Stocking brand merk riasan baru? Merk aksesoris? Apa pun alasan untuk menarik perhatian ke produk tertentu, ini adalah platform yang bagus untuk memamerkan barang-barang tersebut.

Dump Bins 

Jenis display ini paling sering digunakan untuk produk kemasan kecil seperti permen dan aksesoris kecil atau hal-hal yang mungkin cenderung diambil oleh pelanggan sekaligus.

Cara ini berguna untuk menyimpan dan menjual dalam jumlah besar, dan menyoroti promosi obral barang. Dan karena mereka berdiri bebas, mereka dapat dilihat atau berinteraksi dari setiap sudut.

Kesimpulanya

Upaya pemasaran Toko Retail Kamu tidak boleh berakhir setelah pelanggan menginjakkan kaki di kasir. Faktanya, Display POS Kamu adalah peluang terakhir untuk meningkatkan penjualan dengan taktik pemasaran di menit-menit akhir.

Dengan memanfaatkan semua peluang ini, Kamu dapat mengoptimalkan seluruh ruang ritel dan meningkatkan penjualan sambil juga menawarkan nilai tambah, informasi, dan penawaran tambahan kepada pembeli yang mungkin tidak mereka belum tahu. 

Dan yang paling penting Ini membantu membangun loyalitas merek dan menambah keuntungan Toko mu.

Gimana? Menarik bukan? Jangan lupa untuk share informasi ini kepada teman, kerabat, saudara dan kenalan ya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *