Tentukan opsi jam Buka Restoran di saat Ramadhan

Banyak opsi yang bisa dilakukan untuk para pebisnis kuliner saat Ramadhan tiba. Banyak yang akhirnya takut dan tidak tahu apa yang harus dilakukan bisnis kulinernya saat Ramadhan.

Salah satunya adalah opsi jam buka restoran. Banyak restoran yang harus merubah jam buka demi tetap mendapatkan penjualan. Terutama untuk resto yang biasanya buka di jam-jam pagi dan siang (kerja).

Lalu bagaimana seharusnya menentukan jam buka restoran yang tepat? Karena nanti akan mempengaruhi shift dari karyawan. Sehingga perlu dipersiapkan secara matang.

Berikut beberapa opsi dan pertimbangan untuk menentukan jam operasional restoran atau bisnis kuliner mu yang tepat sehingga Kamu tidak melakukan hal yang sia-sia.

Kenali Kebiasaan Masyarakat sekitar restoran

Yang pertama adalah dengan mengacu kepada kebiasaan dari pelanggan atau demografi pelanggan restoran mu.

Jika pelanggan di tempatmu lebih banyak yang melaksanakan ibadah puasa, maka Kamu bisa switch atau ganti jam operasional mulai dari sore hari.

Namun jika pelanggan di sekitar atau yang biasa datang ke tempat kamu adalah mayoritas orang yang tidak melaksanakan puasa maka bisa untuk tetap membuka pada jam kerja namun dengan tetap menghormati orang yang berpuasa. Bisa membuat restoran agak tertutup dari biasanya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah sebagai pengusaha harus mengikuti peraturan dari wilayah setempat. Jika memang peraturan di kota atau di sekitar tempat usaha adalah melarang untuk berjualan atau buka saat dilaksanakan maka otomatis kita juga harus mengikuti peraturan tersebut dan menggantinya di jam mendekati buka hingga malam hari.

Lihat di Laporan Pengunjung Kasir Pintar Pro

Jika ingin mengetahui secara tepat dengan data yang akurat terkait yang paling banyak pengunjung datang adalah dengan melihat Laporan pengunjung di Kasir Pintar Pro.

Laporan pengunjung menyediakan 2 jenis data laporan yaitu pengunjung per waktu menunjukkan jam berapa yang menjadi favorit pelanggan datang dan yang ke 2 yaitu hari apa yang paling banyak pengunjung datang.

Di menu pengunjung per waktu ini Business owner bisa melihat range jam berapa pelanggan yang paling banyak datang dan memesan. Cari tahu kebiasaan dari pelanggan untuk bulan-bulan sebelumnya.

Sehingga Kamu bisa menentukan jam berapa yang paling bagus atau tepat untuk membuka restoran.

Buat 2 macam opsi buka restoran

Pastinya disaat pagi dan siang hari banyak orang yang tidak melaksanakan puasa. Namun kita juga ingin menghormati orang yang berpuasa.

Maka kita bisa menggunakan 2 opsi ini untuk mengatasi dan mengakali hal tersebut.

Yang pertama untuk waktu pagi dan siang hari kita bisa membuat sistem order khusus untuk delivery. Dan membatasi untuk buka restoran untuk makan di tempat.

Meskipun sedang dalam bulan ramadhan tidak menutup kemungkinan orang yang tidak berpuasa lebih memilih memesan dengan menggunakan aplikasi pesan antar makanan karena alasan simple dan tetap menghormati yang sedang berpuasa.

Yang ke 2 yaitu saat jam mendekati buka puasa, restoran kembali buka dengan normal atau seperti biasanya. Dan yang perlu diingat di sore hari pun sebenarnya trend penjualan melalui jasa pesan makanan tetap ramai. 

Pada saat menjelang buka puasa usahakan untuk menempatkan karyawan lebih banyak agar tetap terkendali.

Maka dengan memanfaatkan 2 opsi tersebut Kamu tetap bisa berjualan dan Cuan di Bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *