Lakukan ini sebelum Menaikkan Harga Jual Barang

Keputusan untuk menaikkan harga jual produk merupakan hal yang wajar dalam aktivitas bisnis. 

Banyak faktor yang membuat harus menaikkan harga, salah satunya yaitu dikarenakan harga bahan baku yang seiring waktu naik membuat para business owner mengharuskan untuk menaikkan harga jual untuk tetap eksis.

Meski demikian, kenaikan harga yang akan Kamu berikan seharusnya mampu menyesuaikan dengan kebutuhan Kamu dan pelanggan. 

Business Owner harus memperhatikan kondisi pasar saat ini. Hal ini dilakukan agar kenaikan harga produk tidak dapat mengancam hilangnya pelanggan dari bisnis Kamu. 

Berikut ini sejumlah tips yang perlu Kamu perhatikan sebelum menaikkan harga jual produk.

Lakukan riset sebelum menaikkan harga jual

Riset tak hanya berperan penting ketika Kamu berniat membangun bisnis saja, melainkan juga penting saat Kamu berniat menaikkan harga produk. Hal ini bertujuan supaya harga yang Kamu tetapkan tidak melenceng jauh dari kondisi pasar saat ini.

Selain perbanyak riset dengan memantau kondisi pasar, Kamu juga bisa melakukan riset melalui diskusi dengan komunitas sesama pebisnis lainnya. Dengan begitu, Kamu memiliki perspektif luas sebelum resmi memutuskan kenaikan harga.

Pastikan kualitas produk sepadan dengan harga jual

Penting bagi Kamu untuk menyetarakan kualitas produk dengan harga jual produk tersebut. Bagaimanapun pelanggan menginginkan kualitas produk yang terbaik dan harga yang rendah. 

Namun, ketika Kamu mampu menunjukkan bahwa kualitas produk Kamu adalah yang terbaik dari lainnya, mereka tentu saja tidak akan merasa keberatan ketika Kamu akan menaikan harga produk tersebut.

Jangan biarkan pelanggan Kamu merasa rugi ketika mereka membeli produk Kamu dengan harga yang tinggi, tapi kualitas yang diberikan sama dengan kompetitor Kamu yang menawarkan harga jauh lebih murah. Itu akan membuat Kamu kehilangan kepercayaan dari pelanggan.

Minta pendapat pelanggan sebelum menaikkan harga jual

Pelanggan bukan hanya menjadi sumber dari kehidupan suatu bisnis atau usaha, tetapi juga merupakan rekan atau teman dari kehidupan bisnis Kamu.

Agar pelanggan Kamu tidak terkejut dengan perubahan atau kenaikan harga yang Kamu berikan, ada baiknya bila Kamu mendiskusikan terlebih dahulu perubahan tersebut kepada sebagian pelanggan Kamu.

Dengan melibatkan pelanggan dalam menentukan kenaikan harga, maka adanya resiko kehilangan pelanggan akan semakin kecil. 

Jika ada banyak pelanggan yang tidak setuju dengan rencana kenaikan yang akan Kamu berikan, maka Kamu bisa mencoba untuk mencari jalan yang lain. 

Melibatkan pelanggan dalam rencana yang ingin Kamu lakukan adalah suatu cara menjaga komunikasi dan keakraban Kamu dengan pelanggan Kamu.

Informasikan perubahan harga

Kenaikan harga bukanlah suatu hal yang dapat dianggap remeh oleh pelanggan Kamu. Informasikan perubahan harga kepada pelanggan – pelanggan Kamu.

Kamu bisa melakukannya melalui sebuah postingan di media sosial, artikel di website Kamu, atau email. Hal ini akan membuat mereka tahu dan tidak lagi terkejut ketika harga produk yang Kamu naikan tersebut terjun ke pasaran.

Mengambil keputusan yang dapat mempengaruhi harga jual memang tidaklah mudah. Namun, jika Kamu memperhatikan hal berikut sebelum memutuskannya, Kamu pun semakin terhindar dari risiko yang dapat mengganggu bisnis Kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *