Lakukan ini Agar Pelanggan rebutan Repeat Order

Repeat order atau biasa juga disebut dengan retention merupakan salah satu tanda bisnis Kamu berhasil dalam memikat pelanggan.

Karena mereka kembali membeli dan bertransaksi produk tertentu dan pada toko yang sama. Perilaku pelanggan ini mengindikasikan bahwa mereka menyukai produk yang ditawarkan.

Seberapa penting sih Repeat order ? 

Mari kita ambil contoh ketika Repeat order, secara otomatis usaha tersebut harus mencari konsumen baru.

Dimana apabila mencari konsumen baru diperlukan lagi biaya lebih tinggi yang digunakan untuk Brand Activation, membuat iklan, membuat konten, dan biaya lainnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Repeat order yang tinggi penting sekali bagi suatu usaha.

Lalu apakah yang harus dilakukan untuk membuat tingkat Repeat order konsumen menjadi tinggi ?


1. Buat Produk yang Ngagenin

Faktor utama yang membuat pelanggan mau untuk datang kembali adalah karena produk yang ditawarkan sesuai dengan ekspektasi mereka.

Pelanggan bahkan seringkali rela untuk kembali datang meskipun ada effort besar yang dikeluarkan hanya demi mendapatkan produk yang Kamu tawarkan.

Menarik bukan, lalu bagaimana bisa menghasilkan produk yang ngangenin atau yang sesuai ekspektasi pelanggan sehingga mereka melakukan repeat order? 

✔️Riset Produk

Ketahuilah untuk menemukan produk yang berkualitas perlu adanya usaha yang maksimal untuk melakukanya.

Salah satunya dengan trial and error berulang kali hingga menemukan kualitas produk yang ciamik. fokus disini dulu hingga dan jangan terburu-buru.

✔️Test Produk kepada Market

Selanjutnya adalah dengan memberikan tester kepada calon pelanggan kita.

Ingat, tester hanya diberikan kepada orang yang memang sesuai dengan kriteria pelanggan kita. Sehingga kita bisa mendapatkan penilaian yang sesuai. Coba terus hingga kualitas sesuai dengan kemauan mereka.

✔️Buat SOP untuk proses produksi

Jika sudah menemukan formula yang pas, yang Wajib dilakukan selanjutnya adalah mengatur SOP dari proses pembuatan produksi itu sendiri.

Tujuannya untuk memberikan kualitas yang sama di setiap produksi tanpa berkurang kualitas dan juga agar mudah dalam proses produksi untuk menghindari kesalahan.

Goal yang ingin dicapai adalah yaitu mendapat Top of mind dari pelanggan Kamu, ketika memikirkan jenis produk tertentu yang mereka ingat pertama kali adalah produk bisnismu.

Thats a Goaaaalllllll………!!!!!

2. Memberikan Pelayanan Maksimal saat Pelanggan Datang

Langkah awal agar konsumen bisa repeat order lagi adalah membuat konsumen tersebut seolah-olah merupakan konsumen lama.

Buat mereka menjadi nyaman sejak pertama kalinya membeli produk yang dijual. Hal ini karena kesan pertama konsumen atau first impression sangat menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi atau tidak akan sama sekali.

3. Kumpulkan Database Pelanggan

Bisnis adalah bicara tentang data, apapun harus melalui data yang valid. Begitu juga dengan pelanggan.

Jangan hanya membiarkan setiap pelanggan datang dan tidak mencatat satupun. Database ini penting karena bisa digunakan dalam keperluan marketing dan penjualan.

Seperti contoh dengan kita mencatat data pelanggan kita bisa memberikan sistem member, dan memberikan member dengan harga khusus kedepan.

Tentu Pelanggan akan senang dengan itu dan melakukan repeat order.

Maka catat kembali Data Pelanggan adalah aset, jaga aset mu.

Pelajari Apa yang bisa Kamu lakukan dengan Database Pelanggan di Kasir Pintar Pro

4. Berikan Penawaran Menarik

Meskipun pelanggan datang ke toko lebih besar karena ingin membeli produk Kamu, tapi penawaran yang menarik memberikan serangan lain kepada pelanggan untuk repeat order.

Banyak macam penawaran yang bisa Kamu lakukan, seperti :

  • Memberikan Diskon ke Pelanggan Setia
  • Menggunakan Metode Buy 1 Get 1
  • Promo Minimal Transaksi (bisa mendapat diskon, bonus dan lainya)
  • Free Ongkir 

Kamu bisa lakukan secara kreatif penawaran menarik kepada pelanggan Kamu. Lakukan A/B Test penawaran secara berkala sehingga Kamu bisa mengetahui penawaran mana yang berhasil dan tidak.

Kasir Pintar Pro sebagai Aplikasi POS juga bisa menambahkan berbagai macam penawaran di dalam Aplikasi. Mulai dari diskon, buy 1 get 1, free ongkir, minimal transaksi dan penawaran lainya.

5. Target Ulang Pelanggan untuk Repeat Order

Seperti yang sudah disampaikan tadi setelah mendapatkan data pelanggan, maka kita bisa melakukan banyak hal untuk keperluan marketing dari bisnis.

Cara satu ini adalah dengan menargetkan konsumen untuk kembali berbelanja produk kita. Dengan cara mengingatkan melalui email, sosial media, pencarian di instagram maupun browser, dan tampilan gambar untuk membeli lagi produk yang pernah dibeli sebelumnya.

6. Feedback dari konsumen

Karena pelanggan adalah Aset yang sangat berharga untuk bisnis Kamu, maka mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan adalah juga suatu hal yang wajib diketahui.

Kamu ga mau kehilangan mereka kan?

Caranya bisa dengan mengadakan survey atau riset feedback dari konsumen terkait produk, program – program promosi dan penawaran yang dilakukan.

Tujuanya adalah kita bisa mengetahui apa langkah yang tepat untuk dilakukan  dan mengetahui tingkat kesuksesan dari strategi Kamu.

7. Review & Evaluasi tahap repeat order atau retention

Dari survey yang sudah dilakukan, Kamu bisa Melakukan review, evaluasi, dan improvement secara berkala terhadap program Repeat order yang sudah dan sedang berjalan untuk terus bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Selalu ukur hasilnya, apakah ada peningkatan Repeat order dari bulan ke bulan?

Ingat Selalu ukur, karena data itu harus terukur tidak boleh asal menyimpulkan

Kamu bisa mencoba Gratis 30 Hari Aplikasi Kasir Pintar Pro, Penuhi kebutuhan usaha Kamu dengan Aplikasi POS terlengkap untuk UMKM

One Comment on “Lakukan ini Agar Pelanggan rebutan Repeat Order”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *