Kembangkan Warung Kelontong dengan 7 Tips ini!

Saat ini jumlah warung kelontong di Indonesia mencapai 3,6 juta bahkan lebih. Keberadaan warung menjadi tulang punggung ekonomi keluarga di tengah desakan pedagang ritel.

Segmen pasar warung di tengah masyarakat pun terbilang besar, kontribusinya mencapai 65-70 persen transaksi retail nasional.

Keberadaan warung kelontong sangat mudah untuk ditemukan dari mulai di kota sampai dengan di desa-desa sudah banyak berkembang.

Namun ada satu permasalahan penting yang menjadi penyebab kegagalan dari usaha warung tersebut.

Apa itu? Jawabannya adalah karena tidak pahamnya tentang pengelolaan uang, sehingga menyebabkan salah perhitungan tentang jumlah uang yang ada di warung.

Mari kita bahas selengkapnya.

Kelola usaha mikro kecil secara efektif.  Pelajari Fitur Kasir Pintar Pro Selengkapnya di sini!

Kenapa Pengelolaan Uang Penting Bagi Usaha Warung Kelontong?

Sebagai pemilik warung kelontong, Kamu wajib untuk tahu semua aktivitas yang terjadi didalamnya terutama yang berkaitan dengan uang.

Karena cara keberlangsungan usaha warung Kamu akan ditentukan dari semua aktivitas yang Kamu lakukan dalam menjalankan usaha.

Pengelolaan keuangan yang baik dan benar menjadi salah satu faktor penentu usaha warung Kelontong Kamu akan bertahan lama atau tidak.

Logikanya buat apa warung kamu ramai pembeli, tapi nggak ada uangnya? hehehe

Untuk itu, Kamu harus mengetahui secara detail cara kelola keuangan  yang baik dan benar mulai dari awal. Buat yang masih pemula wajib simak.

Dibawah ini Kasir Pintar akan memberikan 7 tips kelola keuangan warung yang wajib dilakukan. Simak Sob!

Wajib Pisahkan Uang Usaha & Pribadi

Seringkali warung kelontong terutama yang tempatnya menjadi satu dengan rumah, uang kas di warung tercampur dengan uang milik pribadi.

Hal ini mengakibatkan tidak cocoknya pembukuan yang ada dan membuat jumlah uang berantakan. Pemisahan keuangan antara milik pribadi dan usaha ini bertujuan untuk memudahkan Kamu melihat kinerja usaha.

Selain itu, dengan melakukan pemisahan keuangan juga menandakan bahwa usaha dijalankan secara profesional.

Untuk memudahkan pemisahan ini, Kamu dapat membuat rekening baru di bank khusus untuk usaha usaha Kamu.

Membuat Rencana Penggunaan Uang

Rencana Belanja atau yang sering kita dengar RAPB (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja menjadi salah satu cara agar keuangan warung kelontong Kamu berjalan dengan lancar.

Rencana ini sebaiknya dibuat sebelum periode akuntansi yang baru dimulai. Sehingga pada saat periode berjalan, Kamu hanya tinggal menjalankan dan melakukan penyesuaian saja.

Hindari penggunaan keuangan untuk hal yang tidak penting dan atau belum rencanakan. Selain itu, Kamu juga harus melakukan evaluasi setiap akhir periodenya agar periode berikutnya dapat lebih baik

Membuat Catatan Penjualan

Data penjualan adalah suatu yang sangat penting untuk kita kumpulkan terutama di bagian keuangan usaha Kita.

Tanpa data penjualan kita tak bisa mengetahui secara pasti kondisi usaha kita. Cara mendapatkan data yaitu dengan mencatat penjualan yang masuk di warung kelontong Kamu. 

Mencatat transaksi penjualan merupakan hal penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan. Jika Kamu masih kerepotan dan malas mencatat penjualan secara manual, Kamu dapat menggunakan bantuan software POS Kasir Pintar Pro.

Dengan begitu catatan keuangan Kamu akan rapi dan baik. Sehingga untuk melihat performa usaha Kamu juga semakin mudah.

Kasir Pintar Pro merupakan salah satu Aplikasi POS yang memudahkan Kamu dalam mencatat penjualan hingga membuat laporan yang lengkap untuk usaha Kamu.

Dengan Kasir Pintar Pro, Kamu juga tidak perlu lagi menyusun laporan keuangan secara manual. Hanya dengan mencatat seluruh transaksi penjualan, Kasir Pintar Pro akan membantu Kamu membuat laporan keuangan secara instan dengan mudah dan cepat.

Mengelola Piutang dengan Benar

Piutang merupakan hal yang umum diterapkan oleh perusahaan kepada konsumen. Hal ini karena piutang dapat meningkatkan penjualan Kamu.

Namun, jika jumlahnya berlebih akan menjadi sebuah beban bagi perusahaan. Terlebih semakin banyaknya piutang yang harus ditagih juga membutuhkan kerja keras yang lebih besar.

Karena itu, cara mengelola keuangan usaha dagang salah satunya adalah dengan mengatur piutang dengan benar. Buatlah kebijakan piutang yang tidak merugikan usaha Kamu.

Selain itu, segeralah melakukan penagihan piutang jika jatuh tempo yang sudah habis jangan menunda dan merasa tidak enak pada pihak kreditor.

Hindari Terlalu Banyak Berhutang

Selain piutang, Kamu juga harus memperhatikan jumlah utang usaha dagang Kamu. Sebagai pemula, sebaiknya hindari melakukan pinjaman atau hutang karena Kamu akan terbebani dengan pembayaran bunga dan angsuran.

Jika ingin berutang carilah pihak ketiga yang menawarkan bunga rendah dan waktu pengembalian yang cukup lama.

Sisihkan Kas untuk Dana Darurat dan Sosial

Selanjutnya, sisihkan uang atau kas perusahaan untuk dana darurat dan dana sosial. Dana darurat dapat digunakan sewaktu-waktu jika terjadi keadaan yang luar biasa atau urgent.

Sementara, dana sosial dapat Kamu sumbangkan kepada fakir miskin, bantuan pembangunan sarana umum, tempat ibadah atau apapun.

Hal tersebut dapat menjadi bentuk kepedulian perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat.

Lakukan Pengawasan Secara Teratur

Terakhir adalah melakukan monitoring, kontrol dan pengawasan terhadap keuangan warung kelontong. Melalui pengawasan secara teratur, masalah keuangan perusahaan akan cepat diketahui dan selanjutnya dapat segera diperbaiki.

Jangan sampai masalah keuangan mengalami “kebocoran” tentu hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas operasional.

Demikian ulasan mengenai cara mengelola keuangan pada perusahaan dagang.

Cara Kelola Penjualan Usaha Warung Kelontong Menggunakan Kasir Pintar Pro

Untuk memudahkan cara mengelola keuangan usaha dagang, Kamu dapat menggunakan bantuan Jurnal.

Kasir Pintar Pro merupakan Aplikasi Kasir Online berbasis cloud yang bisa bantu Kamu menyimpan seluruh data penjualan usaha dengan aman.

Dengan fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro, Kamu juga dapat mengelola usaha dagang Kamu dengan mudah. Jurnal juga termasuk invoice online Indonesia yang siap membantu perkembangan usaha Kamu.

Kasir Pintar Pro juga dapat membantu Kamu menghitung Harga Pokok Penjualan, mengelola stok barang, kelola staf dan karyawan, kelola utang-piutang, dan masih banyak lagi fiturnya.

Dan yang lebih menguntungkan lagi Kamu bisa Mencoba Aplikasi selama 30 Hari Gratis tanpa syarat, sehingga Kamu bisa mengetahui apa saja yang ada didalam aplikasi.

 

 

informasi lebih lanjut tentang Kasir Pintar Pro, bisa Kamu dapatkan di sini.