3 Laporan Penting untuk Pemilik Restoran

 

Data adalah hal yang sangat penting, terutama di industri f&b seperti restoran. Karena hampir semua hal saat ini dapat dilacak.

Laporan restoran memberikan akses ke sejumlah insight atau wawasan terkait operasional menarik yang belum pernah ada sebelumnya.

Laporan tersebut membantu para pengusaha membawa bisnis mereka ke tingkat selanjutnya.

Semisal Jika Kamu ingin menemukan jenis menu mana yang mempunyai kinerja terbaik? Kamu bisa menarik laporan tentang menu.

Ingin mengetahui kapan waktu terbaik dengan penjualan terbanyak? Kamu juga bisa menarik laporannya segera mungkin.

Memahami apa, mengapa, dan bagaimana pelaporan restoran membuka pintu peluang baru bagi Kamu dan bisnis Kamu.

Manfaat pelaporan restoran

Jika kata-kata seperti “penjualan”, “laba”, dan “omzet” membuat Kamu mual, Kamu tidak sendirian. 

Kabar baiknya adalah bahwa laporan modern tidak mengharuskan Kamu menghabiskan berjam-jam berjuang dengan Microsoft Excel untuk membuat laporan penjualan.

Sebagai gantinya, Kamu dapat duduk, bersantai, dan membiarkan aplikasi otomatisasi restoran bekerja untuk Kamu.

Manfaat lain dari laporan restoran adalah alat dan sistem saat ini menawarkan kemudahan dalam melihat kapan saja, di mana saja.

Kamu memiliki kekuatan untuk memutuskan metrik mana yang paling penting dan menentukan bagaimana Kamu ingin mengukurnya. Triwulan, bulanan, harian, bahkan setiap jam, pilihan ada di tangan Kamu.

Tiga laporan restoran penting

Membangun menu laporan restoran terkadang membingungkan. Untuk membantu Anda, berikut adalah tiga laporan restoran yang kami rasa harus dimiliki untuk semua jenis bisnis restoran dan usha F&B.

Jika Anda belum berinvestasi dalam tiga laporan ini, sekaranglah saatnya. Baca hingga selesai ya, Nomor 3 yang paling penting.

1. Laporan inventaris

Laporan inventaris restoran adalah alat mendasar lainnya dalam perangkat manajer restoran mana pun. 

Biaya makanan adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi pemilik restoran (kedua setelah tenaga kerja), yang membuat pengendalian persediaan menjadi sangat penting untuk melindungi keuntungan usaha.

Melacak bahan baku memang susah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Aplikasi Kasir Pintar Pro dengan plugin ingredients memungkinkan para pengusaha untuk melacak setiap bahan baku yang ada di setiap menu. 

Jadi Kamu tak perlu bingung lagi kan?

2. Laporan Pemasukan dan Pengeluaran

Penting untuk mengetahui laporan tentang jumlah uang yang kita dapatkan dan kita keluarkan.

Karena laporan pemasukan dan pengeluaran yang sehat membuat bisnis menjadi kokoh. Karena uang yang mengalir menjadi seimbang.

Lebih lagi jika kita bisa lebih meminimalisir jumlah pengeluaran dari usaha, yang tentunya akan menambah keuntungan yang didapatkan.

3. Laporan Penjualan

Tanpa penjualan, bisnis akan mati. Laporan penjualan restoran harus bisa melacak semuanya.

Mulai dari menu mana yang paling atau paling tidak populer, waktu restoran paling banyak penjualan, hingga metode pembayaran apa yang paling banyak digunakan saat ada penjualan.

Pada akhirnya, data ini membantu Kamu untuk mengetahui hasil real dari penjualan dalam kurun waktu dan memberikan insight yang pasti tentang strategi yang akan Kamu gunakan selanjutnya setelah berkaca dari laporan. 

Misalnya, jika Kamu mengetahui ternyata menu Nasi Goreng adalah menu paling favorit di restoran, Maka Kamu bisa menjadikan Nasi Goreng menjadi paket andalan dan lain sebagainya.

jadi itulah tadi 3 laporan penting yang wajib ada di restoran Kamu. ketiga laporan tersebut bisa kamu dapatkan di Aplikasi Kasir Pintar Pro. Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *