3 Masalah Finansial yang Sering Dialami UMKM dan Cara Mengatasinya!

3 Masalah Finansial yang Sering Dialami UMKM dan Cara Mengatasinya!

3 Masalah Finansial UMKM

Tidak hanya kendala yang berkaitan dengan operasional,  UMKM juga memiliki masalah finansial yang cukup berisiko pada kelancaran usahannya. Nah, kendala finansial ini bisa berujung pada risiko yang cukup fatal pada usaha jika tidak segera diatasi. Yuk simak 3 masalah finansial apa aja sih yang sering dialami UMKM dan cara mengatasinya!

Kurangnya Akses Pendanaan

Tanpa adanya budget usaha yang cukup, UMKM tidak akan bisa berjalan dengan lancar.. Hal ini menjadi masalah yang terkadang  tidak mudah untuk dipecahkan, karena usaha mereka tidak memiliki dana yang besar dan stabil. Akses pendanaan dari bank juga sulit didapatkan, karena data keuangan yang tidak rapi serta pencatatan keuangan yang tidak baik menurut Deloitte (2015). 

Tidak Melakukan Pemisahan Rekening Pribadi dan Usaha

Memisahkan keuangan pribadi dari keuangan usaha sangat penting untuk dilakukan. Hal ini akan membuat pembukuan usaha menjadi lebih jelas dan rapi. Selain itu, pemilik usaha juga dapat melihat dengan mudah apakah usaha yang dijalankan benar-benar profitable atau tidak, karena tidak tercampur dengan pengeluaran pribadi.

Rekap Kas Manual

 

Alur kas yang tidak rapi, serta melakukan perhitungan secara manual bisa berujung pada masalah seperti selisih jumlah pemasukan yang didapatkan. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi Kasir Pintar Pro yang memiliki fitur rekap kas menggunakan sistem, dengan cara yang mudah dan minim kendala. Selain bisa digunakan untuk merekap penjualan, kamu juga bisa menikmati fitur lengkap lain seperti manajemen stok barang yang mudah dan praktis, multi user, terdapat menu PPOB. Semuanya bisa kamu dapatkan tanpa ada tambahan biaya atau add ons, lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *