7 Cara Pintar Buka Usaha Gorengan, Wajib Simak!

Walaupun terkesan remeh, usaha gorengan kekinian memberikan pemasukan yang cukup besar untuk para owner nya lho.

seperti yang sudah kita ketahui gorengan merupakan makanan atau camilan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

hampir disetiap tempat kita jumpai ada penjual gorengan dari mulai yang menyediakan satu jenis hingga berbagai jenis makanan.

Dari hal diatas dapat dikatakan bahwa usaha gorengan merupakan makanan yang disukai banyak orang, tentu ini menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan.

Bagi Kamu yang ingin dan tertarik untuk memulai usaha gorengan, berikut beberapa tips yang Kamu perhatikan agar usaha gorengan kekinian Kamu laris manis.

Tips Memulai Bisnis Gorengan

1. Riset Resep Terbaik

Meskipun hanya berupa gorengan, namun pelanggan tetap akan memilih produk terbaik yang sesuai dengan kemauan mereka.

jika gorengan Kamu ternyata biasa-biasa aja, tentu menjadi sebuah hal yang percuma, karena konsumen akan menilai dari rasa dan kualitas dari gorengan Kamu.

Maka riset dan trial error resep gorengan menjadi tips pertama yang wajib Kamu lakukan, golnya hingga menemukan best quality dari gorengan Kamu.

Percayalah konsumen akan kembali terus jika produk atau gorengan yang Kamu buat sesuai dengan lidah mereka.

2. Tambahkan Modal awal yang gak terlalu banyak

Membuka usaha gorengan tidak membutuhkan modal awal yang terlalu besar. oleh karena itu, siapa saja dapat membuka bisnis ini. Modal awal yang dibutuhkan hanya untuk menyiapkan peralatan untuk membuat gorengan. 

Misalnya bahan-bahan baku yang digunakan untuk membuat gorengan, wajan penggorengan, gerobak untuk berjualan, kompor gas dan peralatan memasak yang lainnya.

Dengan hanya bermodalkan biaya yang kecil namun untung yang didapat cukup banyak dan bisa langsung menutup modal awal yang digunakan. 

3. Tempat Jualan Sangat Sederhana

Kamu tak membutuhkan tempat usaha yang mewah dan mahal. Usaha gorengan kekinian hanya membutuhkan tempat jualan yang sederhana.

Karena esensi menjual gorengan adalah identik dengan produk yang merakyat, maka jika tempat usaha mu terlalu mewah akan membuat kesan merakyat itu hilang.

Kamu tak perlu menyewa tempat mewah seperti ruko untuk membuka bisnis gorengan ini. Gerobak di samping jalan pun sudah sangat cukup untuk bisnis gorengan.

4. Perhatikan Bahan Baku

Berbeda dengan jenis makanan lainnya yang membutuhkan resep, bahan baku atau kemampuan khusus dalam proses pembuatannya.

Gorengan adalah jenis makanan yang sangat mudah untuk dibuat. Oleh karena itu Sedulur juga bisa membuat gorengan dengan rasa yang lezat.

Jenis gorengan seperti tahu isi, molen, tempe goreng, bakwan, ubi goreng, pisang goreng dan yang lainnya bisa dengan mudah dibuat tanpa membutuhkan resep yang terlalu rumit. 

Selain itu bahan baku untuk membuat gorengan juga cukup mudah dan sederhana. Bahan baku untuk membuat gorengan seperti sayur-sayuran dan minyak goreng serta bumbu-bumbu sederhana yang mudah didapatkan. 

5. Buat Value Lebih

Usaha gorengan adalah jenis usaha yang mudah untuk berkembang, meskipun persaingan bertambah jika usaha Kamu mempunyai value yang penjual lain tidak punya maka jualan Kamu akan terus eksis.

Kamu harus membuat keunikan dan value tersendiri dari gorengan yang Kamu buat. salah satunya bisa menggunakan beberapa varian yang bermacam-macam atau bisa menggunakan strategi untuk unik lainya. 

6. Jaga Kebersihan

Meskipun usaha gerobakan, kebersihan tidak boleh ditinggalkan. Menjaga kualitas kebersihan tak hanya dari tempat tapi juga dari pengelolaan bahan baku hingga produksi.

Karena biasanya produksi usaha gorengan menjadi satu dengan gerobak, maka konsumen juga akan melihat proses produksi.

disinilah peran kebersihan menjadi sangat vital untuk selalu diperhatikan, terkadang konsumen bukan tidak mau membeli karena rasa, akan tetapi kebersihan penjual yang tidak diperhatikan.

Jika usaha gorengan Kamu sudah menerapkan kebersihan dan higienitas Pembeli tidak ragu untuk membeli.

7. Selalu Pantau dan Catat Penjualan

Mencatat penjualan bukan hanya dilakukan oleh usaha yang sudah besar saja. usaha gorengan pun wajib untuk melakukan pencatatan semua penjualan.

Dengan mencatat semua penjualan kamu bisa melihat hasil sebenarnya dari penjualan dan uang yang didapatkan. 

Kamu bisa menggunakan Aplikasi POS Kasir Pintar Free untuk melakukan pencatatan usaha mu. Ya Aplikasi ini GRATIS karena memang ditujukan untuk para UMKM termasuk usaha gorengan

Di antara semua poin di atas tentang tips agar bisnis gorengan sukses dengan modal kecil, yang paling penting yang harus Sedulur perhatikan adalah bagaimana tetap semangat dan bertahan dalam menjalankan bisnis.

Karena menjalankan bisnis merupakan sebuah pekerjaan yang membutuhkan mental petarung sekaligus pejuang agar tidak mudah menyerah dalam menggapai kesuksesan.

Estimasi keuntungan

Setelah mengetahui beberapa tips untuk memulai usaha gorengan, kini Kamu perlu mengetahui berapa banyak modal yang dibutuhkan serta berapa estimasi keuntungannya. 

Modal awal ini dibutuhkan untuk membeli beberapa hal seperti gerobak yang fungsinya sangat penting yaitu untuk digunakan berjualan gorengan.

Kemudian juga dibutuhkan biaya untuk membeli bahan baku yang akan digunakan membuat gorengan serta peralatan memasak. Berikut ini rinciannya. 

  • Gerobak : Rp 2 juta
  • Peralatan memasak : Rp 500 ribu
  • Tabung gas dan kompor : Rp 350 ribu
  • Biaya lain-lain : Rp 250 ribu
  • Total : 3,1 juta

Dengan menghitung estimasi biaya yang perlu dikeluarkan, Kamu dapat mempersiapkan modal awal untuk membuka usaha ini. Selain itu Kamu juga perlu menghitung biaya untuk listrik dan lampu yang digunakan menerangi gerobak.

Tentunya Kamu perlu menarik pembeli untuk membeli gorengan dengan memberi penerangan di gerobak tersebut. Modal yang dibutuhkan untuk membuat usaha gorengan memang tidak terlalu besar. Hanya dengan Rp3,1 juta, Kamu sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini.

Namun, masih ada biaya operasional yang juga perlu Kamu perhitungkan. Biaya yang satu ini setiap bulannya mungkin tidak akan selalu sama karena harga bahan baku bisa naik atau turun. Seperti ini rinciannya. 

  • Bahan untuk gorengan : Rp3,6 juta
  • Gas elpiji : Rp200 ribu
  • Biaya lain-lain : Rp200 ribu
  • Total : Rp4 juta

Keuntungan yang bisa didapatkan dari membuka usaha gorengan cukup menjanjikan. Hal itu disebabkan gorengan masih menjadi salah satu kuliner favorit. Omsetnya pun bisa naik drastis di saat-saat tertentu seperti saat bulan puasa.

Misalnya saja dengan estimasi gorengan yang memiliki harga Rp 1000 terjual sebanyak 300 buah per hari, maka dalam satu bulan atau 30 hari Kamu akan mendapatkan pendapatan kotor hingga Rp9 juta. 

Keuntungan yang didapatkan bisa dilihat dari mengurangi jumlah pendapatan kotor dengan jumlah biaya operasional setiap bulannya. Jadi dari estimasi di atas bisa dilihat keuntungan dari usaha gorengan yang bisa didapatkan hingga Rp5 juta tiap bulannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *