Mengenal Program Referral dalam Program Afiliasi Bisnis Online

Referral merupakan istilah yang tidak asing kalian dengar ketika sudah bersentuhan dengan bisnis online. Referral merupakan salah satu strategi pemasaran dengan menggunakan pihak ketiga. Referral awalnya ditemukan dalam bisnis dengan sifat multi level marketing. Atau disebut juga  downline.

Nah, biasanya program referral ini  banyak dicari oleh orang-orang yang menyukai promo menarik atau diskon. Bagi sobat kasir pintar yang belum pernah mendengar program referral, yuk simak penjelasan program referral berikut. Atau sobat kaspin yang ingin mencoba program referral kasir pintar juga program Klik !

Pengertian  referral 

Referral adalah program yang bisa disamakan dengan paid to click. Program referral biasanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah orang yang berkunjung atau menggunakan aplikasi dari pihak yang mengeluarkan refferal. 

Sebagai analogi pastinya kalian mudah sekali menemukan di internet tentang micro, nano influencer meminta kalian menggunakan kode referral  yang mereka miliki bukan. Contohnya saja konten youtube “Make up Natural” dibagian deskripsi mereka akan memasukkan kode referral mereka yang menghubungkan dengan e-commerce mereka membeli produk tersebut. 

Kode Referral 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya program referral akan erat kaitannya dengan kode referral. Kode referral adalah kode yang diberikan kepada user referral yang berupa perpaduan unik angka atau huruf.

Kode referral ini akan didapakan seseorang jika mendaftarkan diri mereka dalam program referral. Dengan benefit yang ditawarkan pengguna referral adalah mereka akan mendapatkan sejumlah komisi dari ikut berpatisipasi melakukan marketing suatu produk atau aplikasi melalui kode referral. 

Tentunya manfaat ini juga diberikan ketika seseorang terinfluence melakukan pembelian dengan kode referral ini. Benefit  yang diberikan bagi mereka yang terinfluence dengan referral adalah sejumlah potongan harga tertentu dari membeli atau berlangganan suatu produk.

Sebagai ilustrasi adalah banyak akun-akun yang memberikan rekomendasi pembelian produk, tapi tahukah kalian bahwa sebenarnya mereka sedang me-marketingkan kode referral mereka. Mereka menawarkan kode referral mereka dengan kedok rekomendasi baju, pakaian, produk sehari-hari.

kemudian ketika seseorang bahkan sobat kaspin tergiur untuk melakukan pembelian atau penggunaan maka pemiliki kode referral akan mendapatkan sejumlah komisi yang sudah ditentukan

Referral Marketing

Ini menjadi salah satu alternatif pemasaran yang bisa dan bagus digunakan oleh perusahaan. Dengan referral marketing, maka trust yang terbangun akan lebih besar. Karena, sebagian besar orang yang menggunakan referral adalah pengguna setia dari suatu brand atau aplikasi.

Karena banyak studi yang menginfokan bahwasannya sudah banyak orang yang tidak percaya dengan marketing yang dilakukan oleh perusahaan. Maka mayoritas perusahaan saat ini sudah menggunakan referral sebagai alternatif pemasaran.

Jenis Referral 

Dalam dunia marketing ada beberapa tipe referral, yakni referral langsung dan referral sewa. Apa perbedaannya ?

Referral langsung atau direct referral adalah seseorang tertarik terhadap promosi yang anda tawarkan kemudian secara langsung mereka beli atau daftar menggunakan kode referral milik kalian. Referral sewa adalah referral akan disewakan oleh pemilik situs kepada anggotanya disertai tarif.

Cara kerja Referral 

Terdapat beberapa langkah untuk ikut menggunakan program referral. Berikut penjelasannya.

  1. Mendaftarkan pada program referral
  2. Mendapatkan konfirmasi dan kode referral
  3. Menyebarkan kode referral

Manfaat dari ikut referral marketing

Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan menggunakan referral marketing

  1. Target referral jelas karena pemilik kode referral berperan sebagai influencer
  2. Kepercayaan jelas
  3. Gratis bahkan anda dibantu untuk promosi oleh orang-orang yang memiliki kode referral.

Demikian penjelasan tentang referral bagi kalian yang berminat program kasir pintar juga punya program sejenis loh. Ada 2 Program Referral Kasir Pintar yaitu Tambah Cuan & Referral Reguler. Kamu akan mendapatkan up to 130rb per orang yang Kamu referral, pelajari selengkapnya tentang program Referral Kasir Pintar

Pelajari Program Referral Kasir Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *