Mengatasi Perang Harga dalam Bisnis Online

Perang harga merupakan sesuatu hal yang umum yang sering terjadi di pasar khususnya  pada bisnis online. Istilah ini sering kita dengar paling sering saat ini diranah jualan online. lalu apa itu perang harga?

Apa itu Perang Harga?

Perang harga adalah situasi pasar yang ditandai dengan munculnya 1 jenis produk yang banyak diminati serta dicari oleh banyak orang

Tiap waktu tentunya membawa tren tertentu yang mempengaruhi sebuah produk sehingga permintaan produk tersebut begitu tinggi dan para pelaku usaha online berbondong-bondong menjual produk yang serupa dengan harga yang relatif sama atau bahkan lebih murah. 

Perang harga perlu diatasi dengan cermat khususnya bagi para pelaku usaha online, karena banyak sekali tantangan yang dihadapi dalam perang harga. Lalu apa sih pengertian dari perang harga?

Perang harga adalah situasi pasar yang ditandai dengan munculnya satu jenis produk yang banyak diminati dan dicari banyak orang.

Kemunculan produk tersebut timbul karena adanya suatu tren yang tengah berkembang di kehidupan masyarakat. 

Oleh karena adanya kemunculan produk tersebut menyebabkan para pelaku usaha online saling bersaing satu sama lain untuk menyamakan harga atau bahkan menurunkan harga.

Para pelaku usaha online melakukan hal tersebut agar bertujuan untuk menarik minat dan perhatian dari pelanggan.

Namun hal tersebut tidak selalu menguntungkan bagi para pelaku usaha online, para pelaku usaha online benar-benar harus memperhatikan bagaimana dampak dari apa yang dilakukan jika tidak maka bisa-bisa para pelaku usaha online tersebut mengalami kerugian.

4 Cara Menghindari Perang Harga

Untuk dapat terhindar dari masalah tersebut maka diperlukan strategi untuk dapat bersaing bahkan memenangkan perang harga.  Strategi tersebut diantaranya :

1. Mengidentifikasi Usaha Yang Dimiliki

Hal pertama yang dilakukan oleh para pelaku usaha online adalah mengidentifikasi usaha dengan cara melakukan analisis bisnis.

Analisis bisnis bertujuan untuk mengetahui apa saja kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman yang akan dihadapi.

2. Memberikan Nilai Produk

Untuk dapat bersaing pada perang harga para pelaku usaha online harus memberikan nilai lebih pada produknya.

Yaitu dapat dilakukan dengan cara meningkatkan mutu produk atau memberikan tambahan lainnya seperti bonus dalam pembelian suatu produk.

3. Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan

Para pelaku usaha online diharapkan dapat mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal itu diperlukan agar dapat membentuk sikap loyalitas konsumen.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dan menciptakan interaksi secara intens agar terjalin hubungan jangka panjang.

4. Hindari Perang Harga dengan Menciptakan Inovasi Produk

Karena produk yang dijual sama dengan pesaing maka para pelaku usaha online harus memberikan sesuatu yang baru pada produk tersebut.

Hal tersebut digunakan agar para pelanggan tertarik dengan produk yang kita jual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *