Alasan Kenapa Bisnis Franchise Banyak di minati

Model bisnis franchise sekarang telah marak dimasyarakat dan menjadikan bisnis ini salah satu bisnis favorit. Banyak faktor yang membuat masyarakat tertarik dengan bisnis franchise, katakan saja bisnis franchise memiliki sistem kemitraan yang cukup mudah untuk dicoba.

Selain itu dari segi prosedural bisnis franchise telah tersusun dengan detail dan tersistem. Sebelum kita mengulik secara mendalam kelebihan dari bisnis franchise. Yuk simak sebenarnya apasih bisnis franchise itu?

Apa Itu Franchise?

Kata Franchise berasal dari bahasa Prancis yang berarti hak untuk melakukan kegiatan penjualan sebuah produk ataupun jasa. Franchise disini bisa kita katakan sebagai bentuk kerjasama diantara dua belah pihak yaitu pemberi waralaba atau dikenal dengan Franchisor untuk memberi izin kepada penerima waralaba atau Franchisee. Tujuan pemberian izin adalah untuk penggunaan hak intelektual dari nama, merek dagang dan sistem usaha franchisenya. 

Di Indonesia sendiri bisnis franchise telah diatur Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Waralaba dimana franchise diartikan sebagai hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba

Pada bisnis franchise ini memiliki sistem imbal balik, waralaba memiliki kewajiban untuk melakukan pembayaran dari franchise fee dan royalty fee.

Franchise fee sebagai sebuah biaya awal waralaba atau biaya yang harus dibayarkan dimuka sebeum bisinis franchise anda peroperasi, biasanya berupa biaya lisensi atau biaya hak untuk penggunaan pedoman operasional.

Royalti fee, sebagai sebuah biaya yang harus di bayarkan setelah waralaba Anda mulai beroperasi, biasanya franchisor akan menetapkan biaya setiap bulannya dan kebijakan untuk royalty fee disini bisasnya beragam.

Baca Juga : Franchise Indonesia: Pengertian, Contoh Bisnis, Tips dan Trik

Tips Menjalankan Usaha Franchise

Ini Hal-Hal yang Harus Kalian Pahami Sebelum Membuka Bisini Franchise

1. Mempunyai SOP yang Jelas

Sebagai pembisnis di bidang franchie perlu anda untuk menetapkan Standart Operasional Prosedur yang akan menjadi pedoman dan acuan anda semua sebagai karyawan termasuk kita sendiri yang menjalankan fungsinya masing-masing

Adanya SOP yang jelas disini, bisnis franchise anda akan memili standart kualitas yang dapat menyamai waralaba yang dijalankan mulai dari standar produk hingga kualitas layanan. SOP dapat dibuat dalam bentuk sederhana untuk bisnis franchise anda, sehingga untuk menjalankan lebih mudah dan lancar.

2. Adanya Kesinambungan Antar Franchisee

Membangun kesinambungan antara franchisee bisa dilakukan dengan pengadaan pelatihan untuk para franchisee. Hal ini dikarenakan pelanggan pada dasarnya akan tetao melihat brand yang sama meskipun dijalankan oleh pemilik dan badan usaha yang berbeda-beda. 

Sehingga penting adanya pelatihan dan pemerataan standart kualitas pelayan, produk, aspek bahan produksi, peralatan dapur, seragam bisa jadi pihan bisnis franchisee dan yang lainnya yang mampu mendorong brand bisnis franchise anda

3. Memiliki Unique Selling Point

Point penting yang haris anda perhatikan dalam bisnis franchise anda adalah harus memiliki ciri khas atau unique selling point tersendiri dalam brand. Ciri khas pada bisinis franchise dapat anda bangun misalnya dengan menambah fasilutas pada outlet, memiliki seragam pada penjual, kemasan yang unik dan lain-lain. Ini akan menjadi point plus brand ada dan mampu menarik pelanggan

4. Catatan Keuangan Sangat Penting

Setiap anda memulai bisnis apapun tanpa terkecuali bisnis franchise perlu untuk anda memiliki pencatatan keuangan. Anda harus membuat pembukan keuangan secara rutin dapat dengan sistem atau manual. Jika kita memandang bisnis ini belum besar tetapi mengapa perlu adanya pencatatan? Anda perlu berfikir kembali bahwa adanya pencatatan keuangan dalam bisnis dapat melihat dan mengetahui bagaimana perkembangan bisnis franchise  anda dari setiap periode.

Tak hanya itu Perlu Anda Tau Kelebihan Kekurangan Bisnis Franchise, berikut penjelasanya.

Kelebihan Bisnis Franchisee

  1. Manajemen yang sudah matang. Salah satu keuntungan bisnis franchise adalah bisnis sudah ada atau terbentuk dan berjalan dengan stabil.
  2. Dukungan dari franchisor. Franchisor disini akan sangat memperhatikan reputasi mereknya, sehingga mereka akan melalukan berbagai upaya pelatihan untuk franchise.
  3. Brand yang sudah terkenal. Karena bisnis franchise sudah memiliki brand maka tidak perlu branding lebih untuk usaha anda.

Kekurangan Bisnis Franchise

  1. Kendali penuh ada di franchisor. Franchisor atau pemilik merek dalam bisnis franchis secara penuh memegang kendali bisnis setiap kreativitas akan dibatasi karena sistem bisnis sudah matang,
  2. Terjebak Trend Pasar. Meskipun binis franchise memiliki pangsa pasar yang besar namun tidak cukup flesibel jika untuk menikuti perilaku konsumen diberbagai daerah.
  3. Keuntungan yang di bagi-bagi. Karena ini bisnis franchis tentu saja keuntungan harus dibayarkan sesuai kesepakatan..

Nah diatas sudah dijelaskan, hal-hal apa saja yang perlu anda lakukan dalam memulai bisnis franchise kemudian kelebihan hingga kekuranggan. So, apakah anda tertarik untuk memulai bisnis franchise. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.