Simak Tips dan Ide Memulai Bisnis Makanan Online 2022

Bisnis makanan online saat ini meningkat dimulai dari tahun 2021, dengan adanya digitalisasi, e-commerce atau bisnis makanan online menjadi peluang besar bagi untuk dimulai

 Google Trends Indonesia mencatat bahwa pencarian dengan kata kunci “ide bisnis makanan online” mengalami kenaikan drastis mencapai sebesar 200%. Hal ini membuktikan sebagian masyarakat ingin mulai membuka bisnis makanan online.

Ide bisnis makanan online di masa pandemi ini dapat menjadi peluang besar dikalangan masyarakat, hal ini dikarenakan saat ini masyarakat tidak hanya membutuhkan barang seperti pakaian saja namun juga makanan.

Bisnis makanan online dapat menjadi bisnis yang potensial jika kita mengingat permintaan masyarakat akan makanan tidak akan habisnya.

Selain potensial bisnis ini sangat diminati karena lebih mudah dalam proses produksi jika dibandingkan dengan bisnis lainnya

Selain itu dalam mengembangkan bisnis makanan online ini dengan adanya platform online ini sangat memudahkan Kamu.

Kamu tidak perlu memikirkan lagi untuk membuka kedai ataupun warung bahkan menyewa tempat hanya untuk memasarkan produk bisnis makanan, semua pemasaran dapat dilakukan dengan pemanfaatan sosial media dan e-commerce secara online.

Bagaimana menurut Kamu? Apakah bisnis makanan online ini sudah memberikan gambaran kemudahan untuk Kamu memulainya?

Eist.. sebelum Kamu benar-benar memulai bisnis makanan online Kamu dapat menyimak Tips dan Trik berikut ini:

Tips Dan Trik Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Kami sudah merangkum beberapa trik dan tips untuk memulai bisnis makanan online, berikut penjelasanya

1.  Tentukan Ide Bisnis Makanan & Minuman

Jika Kamu memang benar-benar sebagai pemula atau pertama kali memulai bisnis makanan online ini, hal pertama yang harus Kamu lakukan adalah mencari beberapa ide atau jenis makanan apa yang ingin ada jual.

Kamu perlu memikirkan juga apakah ide bisnis makanan online Kamu memiliki ketahanan lama.

Hal ini dikarenakan bisnis makanan online perlu waktu untuk sampai ke pelanggan, sehingga ketahanan makanan ataupun minuman produk Kamu harus diperhatikan.

Selain itu perlu juga memikirkan bagaimana desain kemasan yang baik dan dapat melindungi makanan sampai ke tangan pelanggan.

2. Tentukan Target Pasar

Setiap memulai bisnis hal selanjutnya bisa Kamu lakukan yaitu dengan menentukan target pasar. Kamu perlu melakukan analisis ataupun penelitian terkait target pasar bisnis makanan online Kamu misalnya dengan mencari tahu tren masyarakat terkait makanan dan minuman di media sosial atau internet.

Selain itu Kamu juga bisa melakukan mini survei untuk menemukan target dan ide bisnis makanan online Kamu pada orang-orang terdekat Kamu.

Target pasar yang pas akan membantu Kamu dalam hal pemasaran, kemudian desain produk dan lainnya, misalnya target bisnis makanan online Kamu adalah generasi millennial, berarti Kamu harus memikirkan pemasaran yang menarik untuk target pasar generasi millennial.

3. Tentukan nama, kemasan dan strategi pemasaran bisnis makanan online Kamu

Seperti pembahasan diatas target pasar menjadi dasar untuk kita menentukan step selanjutnya bisnis makanan online. Target pasar dapat menjadi acuan nama produk, kemasan maupun strategi pemasaran.

Jika Kamu menargetkan pada anak-anak perlu ada perhatikan nama yang menarik, kemasan yang unik dan lucu yang mampu menarik anak serta strategi pemasaran yang pas sehingga target pasar dapat menemukan bisnis makanan online Kamu. 

Strategi pemasaran yang dapat mudah membantu Kamu adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti, Instagram, facebook, dan lainnya.

Hal yang bisa kamu lakukan juga misalnya melakukan pemasangan iklan pada laman media sosial. Selain itu maraknya platform delivery makanan saat ini juga menjadi peluang yang besar strategi pemasaran  bisnis makanan online Kamu.

4. Tentukan tempat produksi bisnis makanan online Kamu!

Bisnis makanan online ini sangat fleksibel. Kamu tidak perlu bingung untuk menemukan outlet, toko ataupun tempat untuk menjual ataupun produksi produk bisnis makanan online.

Namun Kamu perlu memastikan dimana produk bisnis makanan online Kamu akan diproduksi. Meskipun tempat Kamu memilih dirumah namun Kamu perlu memiliki ruangan khusus untuk proses produksi, sehingga tempat dapat higienis dan memadai untuk pengelolaan.

Kamu juga dapat melakukan penyewaan tempat untuk produksi bisnis makanan online Kamu, namun juga perlu memastikan setidaknya tempat tersebut dekat dengan sumber pemasok sehingga bisa menekan biaya produksi.

5. Tentukan rantai pemasok bahan dan distribusinya.

Bisnis makanan online tentunya memerlukan waktu ketahanan yang lebih lama dibandingkan dijual secara langsung.

Jadi perlu Kamu memastikan bahan makanan yang Kamu suplai untuk bisnis makanan online ada adalah sumber yang bisa dipercaya dan memiliki kualitas bahan makanan yang segar.

Supplier terbaik perlu Kamu tunjukkan untuk bisnis makanan online Kamu sehingga Kamu tidak perlu khawatir memikirkan sumber supplier lainnya di kemudian hari.

Namun, penting juga bagi Kamu memiliki supplier cadangan bahan bisnis makanan online Kamu jika suatu saat supplier utama kehabisan stok.

Menentukan supplier yang baik juga perlu diperhatikan juga sistem distribusi yang baik dan juga tepat waktu hal ini akan mempengaruhi kondisi dan kualitas produk.

5 Ide bisnis makanan online

Uraian diatas telah kita bahas beberapa tips untuk memulai bisnis makanan online Kamu. Berikutnya, simak 5 Ide bisnis makanan online yang dapat menjadi referensi Kamu.

1. Kue Kering

Bisnis makanan online kue kering sering dicari masyarakat untuk camilan, selain itu kelebihan dari bisnis ini adalah katanana yang lama dibandingkan makanan basah. Ini dapat menjadi ide bisnis ada, misalanya kue kering nastar, kastengel dan lain-lain. 

2. Frozen Food

Jenis makanan frozen food kini telah digemari masyarakat hal ini dikarenakan frozen food dapat awet dan mudah untuk diolah.

Target pasar yang pas misalnya untuk mahasiswa kos, kemudian pekerja kantoran yang menginginkan cepat saji. Jenis frozen food yang dapat Kamu jual untuk bisnis makanan online Kamu misalnya nugget, sosis,siomay,risol may, lumpia goreng dan lainnya. 

3. Dessert Box

Belakangan ini jenis makanan dessert box sangat digemari masyarakat terutama dikalangan generasi millennial.

Makanan penutup yang manis dengan berbagai varian membuat ketagihan semua orang ini dapat menjadi salah sat ide bisnis makanan online Kamu.

Kamu dapat menambah rasa-rasa dan toping yang menarik yang bisa menambah ketertarikan pelanggan.

4. Minuman Kekinian

Minuman kekinian saat ini sangat populer di berbagai kalangan tak hanya generasi muda namun juga karyawan hingga ibu rumah tangga.

Perpaduan rasa topping, dan bahan yang unik dapat memberikan kesan menyenangkan untuk dikonsumsi.

Bisnis minuman yang dapat Kamu coba misalnya, milkshare, aneka jus yang dikreasikan, minuman thai tei, boba dan lain. Pastikan kesan yang menarik jika Kamu akan memulai bisnis ini.

5. Bahan makanan siap masak

Kesibukan di tengah pekerjaan dapat membuat orang ingin segala hal serba cepat dan mudah.

Bisnis makanan online dengan menjual bahan makanan siap masak saat ini dapat menjadi pilihan dengan target pasar pekerja kantoran yang tidak banyak waktu untuk memasak.

Bentuk jualan bahan makanan siap masak misalnya kemas sayur, dan bahan bahan campuran memasak yang telah dibersihkan dan dipotong-potong, Kamu juga dapat menambah bumbu jenis masakan dengan kemasan terpisah.

Nah itu dia beberapa tips dan ide bisnis makanan online untuk Kamu. Perlu Kamu untuk memanfaatkan peluang dalam berbisnis dan mampu untuk melihat bagaimana trend pasar sehingga bisnis Kamu dapat terus berkembang.

Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk memulai bisnis makanan online Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *