Brand Awareness Solusi Konsumen Mampu Mengenali Produk Anda

Brand Awareness sering kita dengar saat seorang menjalankan marketing dari usahanya, istilah ini sangat umum kita dengar terutama semakin canggihnya teknologi yang mengharuskan sebuah brand atau usaha harus menggunakan hal ini.

Pengertian Brand Awareness (Kesadaran Merek) 

Brand Awareness diartikan sebagai kemampuan seorang calon pembeli ataupun konsumen untuk mampu mengenali atau dapat dikatakan bagaimana cara mereka mampu mengingat sebuah merek produk atau jasa. 

Maksud mengenali brand produk ataupun jasa disini dapat berupa mengenali nama, gambar atau logo, tagline, slogan tertentu yang digunakan para pelaku pasar untuk mempromosikan produk mereka.

Brand Awareness disini sangat penting dalam berjalannya bisnis karena konsumen akan lebih membeli produk dimana mereka telah mengenal merek dari produk tersebut.

Pernyataan ini didukung data dari Nielsen Global New Product Innovation Survey, yang menyatakan bahwa 59% konsumen akan lebih memilih produk baru yang dibuat oleh brand yang tidak asing untuk mereka.

Selanjutnya, Brand Awareness memiliki beberapa tingkatan diantaranya yaitu:

  1. Brand recognition atau aided recall, merupakan tingkatan brand awareness dimana adanya sebuah kemampuan yang dimiliki oleh konsumen untuk mampu mengenali sebuah produk ketika mereka melihat produk tersebut.
  2. Brand recall atau unaided recall, tingkatan brand awareness berkaitan dengan bagaimana kemampuan konsumen dalam mengingat nama sebuah merek produk yang didasarkan pada kategori produk. Konsumen pada tingkatan ini mereka cukup mendengar kategori dan melihat sekilas produk yang dibutuhkan untuk mengingat produk. 
  3. Top-of-mind awareness, ini merupakan tingkatan paling tinggi dalam piramida brand awareness yang mengacu pada sebuah merek dari produk tertentu yang pertama kali muncul dalam pikiran konsumen ketika mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.
  4. Unaware of Brand (tidak menyadari brand), sebagai tingkatan paling rendah dalam piramida brand awareness dimana mereka tidak menyadari sama sekali adanya sebuah brand.

Peran Brand Awareness 

Brand Awareness memegang peran penting dalam memberikan pertolongan brand untuk dapat dipahami dengan cara menganalisis brand awareness mampu menciptakan sebuah nilai.

Brand Awareness atau kesadaran merk dapat menjadi sumber perkumpulan lain, menjadi familiar atau rasa suka, mampu mempertimbangkan sebuah brand, menjadi substansi atau komitmen, dan mampu menetapkan merek. 

Baca Juga : Kenapa Brand itu penting

1. Sebagai sumber asosiasi lain

Apabila sebuah brand awareness yang tinggi, maka akan mampu menolong asosiasi-asosiasi yang melekat pada brand hal ini dikarenakan kekuatan dalam jelajah brand tersebut sangat tinggi pada diri konsumen, ini juga dapat menciptakan asosiasi positif untuk produk lain.

2. Familiar atau rasa suka.

Brand awareness yang tinggi akan mampu meningkatkan keakraban konsumen dengan brand anda sehingga kemungkinan besar dengan berjalannya waktu akan menimbulkan rasa suka pada brand anda. 

3. Mempertimbangkan brand. 

Konsumen dalam melakukan proses pembelian produk mereka akan memilah dan memilih merek yang dikenang dalam sebuah kategori dan mereka akan memutuskan untuk membeli brand yang mana.

Brand dengan tingkatan top of mind pada brand awareness yang tinggi akan memiliki nilai pertimbangan yang tinggi dimata konsumen.

4. Substansi atau Komitmen.

Brand awareness mampu menjadi sebuah tanda keberadaan, komitmen dan inti penting dalam sebuah perusahaan.

Hal ini dikarenakan sebuah brand dengan kepemilikan nilai brand awareness tinggi pada dasarnya memiliki beberapa faktor seperti diiklankan secara luas, sehingga mampu dikenal masyarakat, eksistensi yang teruji oleh waktu, jangkauan distribusi yang luas dan tentunya brand tersebut dikelola dengan baik.

5 Cara Meningkatkan Brand Awareness

Setelah kita menyimak penjelasan brand awareness, tingkatan dari brand awareness hingga apa saja peran penting dari brand awareness, penting anda mengetahui cara yang tepat untuk mampu meningkatkan brand awareness pada brand produk anda

1. Meningkatkan Brand Awareness melalui promosi online

Berkembangnya teknologi saat ini dan tingginya pengguna media sosial yang tengah di masyarakat memungkinkan semua orang mengakses internet, ini menjadi peluang besar bagi anda untuk membangun dan meningkatkan brand awareness produk anda.

Pemanfaatan media online dengan media sosial dan situs lainnya akan mampu memudahkan perusahaan untuk menggapai calon konsumen secara luas dan waktu tak terbatas.

2. Memanfaatkan peran Influencer untuk promosi produk

Brand awareness dapat terbangun dengan didasarkan kepercayaan konsumen dan untuk membangun kepercayaan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan memanfaatkan influencer.

Cari influencer yang berkiprah di media sosial, influencer untuk peningkatan brand awareness disini adalah mereka yang memiliki cukup banyak followers di media sosial, katakanlah seperti Instagram dan mampu terhubung dengan audiens yang luas.

Influencer biasanya akan memiliki kepercayaan yang tinggi dimata followersnya sehingga ini menjadi peluang untuk mengenalkan produk melalui influencer untuk menarik orang lain dan orang akan terinspirasi dari influencer tersebut.

3. Memberikan Reward pada Produk

Siapa sih orang yang tidak suka dengan hal yang diberi dengan cuma-cuma? Berbicara mengenai konsumen dari sebuah produk, seroyal apapun mereka akan tetap tertarik dengan barbagai hal yang mampu menarik mereka, misalnya promo, diskon, voucher dan lain sebagainya.

Starategi brand awareness ini mampu menarik calon konsumen yang sebelumnya yang belum mengenal dan mencoba produk anda.

Anda dapat melakukan penawaran reward untuk meningkatkan brand awareness produk anda dengan memberikan beberapa persyaratan misalnya dengan membagikan postingan terkait merek di media sosial atau kode referal.

Cara ini dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk mengikuti promosi dan menjadi promosi gratis untuk menyebarkan nama brand produk anda.

4. Menjadi Sponsor di acara tertentu.

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness yaitu dengan menjadi sponsor di berbagai event offline maupun event online.

Metode ini menjadi salah satu tips jitu untuk orang lain yang mungkin berjumlah ratusan hingga ribuan dalam event tersebut melihat brand anda.

Meningkatkan brand awareness dengan metode ini misalnya anda memberikan merchandise di event kerjasama tersebut, pemasangan logo, spanduk, poster di lokasi kegiatan untuk memperlihatkan brand anda dapat menjadi salah satu pilihan. 

Selain itu memberikan sponsor acara juga kemungkinan anda akan menyematkan merek produk anda pada kegiatan atau acara-acara yang sesuai dengan minat dan kepribadian, sehingga dengan cara ini dapat mengasosiasikan merek produk anda pada kegiatan yang sejenis, sehingga brand awareness akan terbangun

5. Menjalin Kolaborasi dengan berbagai brand yang lebih besar

Jangan merasa bahwa kolaborasi dengan brand lain akan menambah kerugian pada brand anda. Namun ini juga menjadi salah satu langkah, cara penting yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness pada produk anda.

Pilihlah produk dengan brand yang yang sudah terkenal atau brand besar yang mampu mendorong atau memberikan kesempatan brand anda untuk kolaborasi sehingga dengan ini secara langsung konsumen dapat melihat brand anda dan mampu mengenali brand anda.

Nah itu dia beberapa cara membangun brand awareness untuk sebuah produk bisnis anda. Lakukan beberapa langkah di atas sebagai referensi yang mampu meningkatkan brand awareness produk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.