Bisnis Kuliner Menjanjikan di Tahun 2022

Usaha kuliner masih sangat digemari dan dipilih untuk dijadikan bisnis, karena disamping menjanjikan usaha kuliner juga dirasa mudah untuk dilakukan karena berhubungan dengan kebutuhan primer. 

Menurut data di tahun 2019 aja laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di Indonesia mempunyai 3,9 juta Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di bidang makanan dan minuman.

itu di tahun 2019, apalagi semenjak era pandemi ini, di tahun 2022 makin banyak orang yang akhirnya pivot membuka usaha baru terutama di bidang kuliner ini.

Untuk Kamu semua yang ingin membuka bisnis kuliner menjanjikan di tahun 2022 ini, Kami sudah merangkum beberapa bisnis kuliner yang bisa dijadikan referensi.

Tak hanya menjanjikan usaha berikut ini juga tidak membutuhkan modal yang kecil. 

Informasi yang akan kami sampaikan ini bukan hanya berdasarkan tebak-tebakan, namun kami merangkum dari berbagai data, dari pencarian google hingga trend saat ini.

berikut 7 Bisnis Kuliner yang Menjanjikan pada tahun 2022

1. Frozen food

Usaha ini biasanya untuk target market ibu-ibu yang ingin menambah stok makanan di kulkas. meskipun frozen food ini sudah ada dari sejak dulu namun permintaan produk ini terus meningkat.

Terutama saat pandemi kemarin yang orang lebih butuh menambah stok makanan untuk berhari-hari tanpa keluar untuk berbelanja setiap harinya.

karena kepraktisannya makanan frozen food ini banyak digemari dan digunakan sebagai menu makanan.

Banyak jenis makanan yang awalnya hanya tersedia untuk makan di tempat, misalnya pempek, bakso, dan sebagainya, kini tersedia dalam bentuk frozen untuk siap disantap di rumah dengan mudah. 

2. Nasi Kulit

Harganya terjangkau dan rasanya enak. Menu nasi kulit kekinian banyak yang bisa dipesan online, dan cocok untuk dinikmati di rumah jika sedang bingung mau makan apa.

Tak jauh berbeda dari ayam geprek, menu nasi kulit ayam juga digemari banyak orang. Bahkan menu kekinian yang satu ini sering disebut sebagai makanan sejuta umat, karena digemari banyak orang dan mudah untuk ditemukan.

Kombinasi antara kulit ayam goreng krispi, dipadukan dengan nasi putih hangat, sambal hingga serundeng membuat hidangan yang satu ini mengenyangkan dan juga memanjakan lidah.

3. Minuman Boba

Boba adalah salah satu bahan yang biasa dicampurkan dengan minuman kekinian, misalnya brown sugar, matcha, thai tea, dan minuman lainnya.

Minuman boba memiliki banyak sekali penggemar karena rasanya manis, tekstur kenyal, dan lembut.

Bola-bola kenyal satu ini biasanya diolah menggunakan bahan dasar tepung tapioka.

Cara membuatnya pun relatif mudah. Bahkan sudah banyak tersebar di pasaran produk boba instan yang bisa diolah sendiri untuk dapat dinikmati kapan saja.

4. Catering untuk kantoran

Daripada jajan di luar yang belum tentu terjamin kebersihan dan kualitas makanannya, katering untuk pegawai kantor banyak dipilih karena lebih praktis dan biasanya lebih terjamin soal kualitas.

Anda bisa menyajikan menu makanan yang berbeda tiap harinya, sesuaikan saja dengan bujet.

Dengan memulai usaha kuliner yang menjanjikan pada 2022 ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup stabil selama pelanggan puas dan menjadi langganan.

5. Lunch box bento

Buat Kamu yang hobi berkreasi membuat berbagai bentuk makanan lucu dan menggemaskan, usaha lunch box bento layak untuk dipertimbangkan.

Memulai ide bisnis ini cukup menjanjikan karena popularitas bekal makan siang khas Jepang ini semakin meningkat, lho.

Sekarang sudah banyak masyarakat yang sadar akan gaya hidup sehat dan menjadikan lunch box bento sebagai salah satu pilihan makanan yang mendukung kesehatan.

Anda bisa menyediakan berbagai menu menarik, mulai dari nasi, sayur-sayuran, lauk pauk, hingga buah-buahan. 

6. Angkringan

Bisnis selanjutnya adalah angkringan. uda tau kan apa itu angkringan? Angkringan berasal dari kota jogja, namun persebaranya kini sudah di berbagai kota dan makin banyak peminatnya.

Angkringan biasanya menyediakan makanan-makanan khas seperti nasi kucing, sate usus, telur, kerang, tahu, dan tempe. untuk minumannya, biasanya yang paling khas adalah susu jahe, teh hangat dan kopi.

Angkringan biasanya buka di malam hari. Jadi kamu bisa menargetkan orang-orang pulang kerja, anak-anak tongkrongan dan orang-orang yang beraktivitas di malam hari sebagai calon pelanggan.

7. Catering Makanan Sehat

Makanan natural dan organik bisa menjadi usaha kuliner yang menjanjikan pada 2022 karena mulai banyak masyarakat yang menyadari efek berbahaya dari pestisida pada sayuran non-organik.

Kini, makanan organik merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi sehingga bisa Anda manfaatkan untuk ide bisnis.

Pencarian makanan sehat terus mengalami peningkatan dari jumlah market di Indonesia, Kamu bisa menggunakan jasa catering untuk membuat makanan sehat tersebut.

Tentu kamu perlu memperhatikan beberapa hal mulai dari jumlah kalori, menu yang akan dibuat dan cara memasaknya.

itulah tadi 7 ide bisnis kuliner menjanjikan di tahun 2022, jadi Kamu tertarik pilih yang mana?

Oiya apapun ide yang Kamu pilih, yakinlah dengan satu hal, bisnis apapun tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak aware dengan keuangan.

Salah satu hal yang penting adalah selalu mencatat setiap transaksi penjualan di usaha Kamu. Wajib hukumnya untuk selalu update.

Kamu bisa coba Aplikasi Kasir Pintar Pro sebagai partner pencatatan usaha, dengan Kasir Pintar Pro semua kebutuhan pencatatan transaksi, kasbon pelanggan, hutang dan laporan akan terpenuhi

Coba Gratis selama 30 Hari tanpa syarat apapun, Kamu bisa beralih jika selama penggunaan kurang memuaskan.