Membangun Loyalitas Pelanggan dengan Poin Reward

Sedikit bisnis yang menerapkan strategi poin saat dulu karena dianggap hanya sebagai strategi jangka pendek belaka.

Namun kalau kita lihat saat ini banyak bisnis besar yang menerapkan strategi poin reward untuk membangun loyalitas pelanggan mereka.

Bahkan semua startup saat ini membakar uang mereka untuk kepentingan poin, semakin besar transaksi yang didapat semakin besar pula reward yang didapatkan oleh pelanggan.

Kali ini Kami akan membahas alasan kenapa sih Kamu harus menerapkan poin pelanggan untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan.

Apa Itu Poin Reward Pelanggan?

Poin Reward Pelanggan adalah strategi untuk mengapresiasi pelanggan dalam bentuk poin atas tindakan pembelian yang sudah mereka lakukan

Poin yang didapatkan oleh pelanggan biasanya dapat ditukarkan barang atau berupa diskon untuk transaksi selanjutnya.

Manfaat Menerapkan Poin Reward Pelanggan

Tentu manfaat utama strategi ini dilakukan adalah untuk mebangun kesetiaan atau loyalitas pelanggan terhadap bisnis kita.

Loyalitas pelanggan menjadi sangat penting untuk pertumbuhan bisnis Kamu. semakin sering pula pelanggan atau konsumen datang lagi ke bisnis.

Pelanggan yang loyal pun tidak akan pikir panjang untuk berbelanja lebih banyak lagi hingga mereka merekomendasikan usaha Kamu kepada orang sekitarnya.

5 Contoh Penerapan Poin Reward Pelanggan

Beberapa contoh penggunaan poin dibawah ini bisa Kamu gunakan dalam bisnis, langsung aja kita bahas berikut ulasanya

1. Poin untuk pelanggan yang mendaftar (register)

Terdapat dua jenis pendaftaran yang bisa diberi dalam bentuk poin yang bisa dilakukan. 

Pertama, Kamu bisa memberikan poin pada pelanggan yang sudah melakukan pendaftaran akun di situs resmi usaha Kamu.

Yang Kedua, Kamu bisa memberikan poin saat konsumen mendaftarkan diri sebagai anggota.

Momen hari raya seperti Idul Fitri atau Natal bisa Kamu jadikan peluang emas demi meningkatkan loyalitas pelanggan. Contohnya, dengan memberikan tunjangan hari raya dalam wujud poin reward.

Ketika mengunjungi website, tidak semua pelanggan mau berbagi informasi dengan cara mendaftarkan diri menjadi anggota.

Untuk itu, memberikan insentif dalam bentuk poin bisa menjadi daya tarik khusus pada pelanggan agar mau mendaftar.

Dengan mempunyai database pelanggan, maka Kamu pun bisa lebih mudah dalam membuat strategi pemasaran yang personal pada para pelanggan.

Sehingga, program pemasaran akan lebih mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi.

2. Berikan Poin saat Pelanggan melakukan Transaksi

Sistem ini menjadi salah satu cara yang umum digunakan di setiap perusahaan. Kenapa? Karena sistem ini bisa dilakukan secara mudah, pelanggan hanya harus melakukan transaksi yang lebih banyak agar bisa mendapatkan poin yang tinggi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Untuk itu, manfaatkanlah momen tersebut untuk membangun loyalitas pelanggan yang lebih solid.

Kamu bisa memberikan poin yang relatif lebih besar daripada biasanya pada para anggota yang sudah melakukan transaksi dalam nominal tertentu menjelang hari raya Lebaran nanti. Buatlah judul kampanye yang mampu menyita perhatian dan juga mendorong pelanggan untuk bisa bertindak.

Misalnya, Kamu bisa menamai kampanye poin reward selama bulan Ramadhan dengan “gebyar poin tunjangan hari raya”. Kita semua tentu tahu bahwa THR menjadi seperti euforia tertentu, karena sudah menjadi tradisi yang sangat kekar sekali di tengah-tengah masyarakat.

3. Hadiah Kejutan berupa poin

Siapa yang tidak suka dengan surprise atau kejutan?, begitu juga dengan pelanggan. bayangkan betapa bahagianya mereka ketika Kamu menyampaikan Poin tambahan kepada mereka secara tiba-tiba.

Contoh ketika saat menjelang idul fitri, Kamu berikan kepada pelanggan loyal Kamu untuk kejutan berupa poin yang bisa ditukarkan. 

Kamu bisa langsung memberikan poin dengan cara mengirim email pemberitahuan atau langsung melalui whatsapp dan chanel lainya.

Pelanggan pun akan merasa diberikan apresiasi dan akan semakin terhubung dalam emosi khusus dengan bisnis Kamu.

4. Poin untuk Pelanggan yang memberikan ulasan positif

Ulasan positif terkadang menjadi alat kita untuk lebih diyakinkan oleh pelanggan saat akan membeli, terutama di toko online dan juga di platform jasa pemesanan makanan.

Kamu bisa menerapkan strategi poin kepada mereka yang memberikan ulasan positif kepada bisnis, caranya bisa dengan mempromosikan di sosial media bisnis Kamu dan juga bisa berupa flyer yang bisa Kamu bagikan saat pelanggan melakukan order.

Sebagian besar pelanggan tidak merasa harus meluangkan waktunya dalam memberikan ulasan.

Oleh karena itu, Kamu bisa memotivasi mereka untuk memberikan ulasan di website dengan memberikan hadiah poin.

Sehingga, Kamu bisa mendapatkan konten yang berasal dari pelanggan dan juga menjalin relasi yang baik dengan mereka.

5. Memberikan Poin Pada Pelanggan yang Share Ke Media Sosial

Sebagian besar dari kita tentu sudah tahu bahwa media sosial adalah perangkat pemasaran yang sangat kuat. Setiap brand bisa membangun awareness di sana, melakukan kampanye iklan, sampai menciptakan penjualan.

Berkaitan dengan hal tersebut, buatlah pelanggan Kamu melakukan share atau berbagi di akun media sosial mereka. Berikanlah poin pada pelanggan yang membagikan pengalamannya dalam melakukan transaksi produk barang atau jasa di perusahaan Kamu.

Dengan cara ini, maka pelanggan akan mau menceritakan produk atau layanan favorit mereka.

Sehingga, follower atau pengikut mereka pun akan mau melihat ulasan tersebut yang pada akhirnya Kamu akan mendapatkan peluang yang besar untuk mengubah traffic media sosial menjadi penjualan.

Di sisi lain, pelanggan yang sudah mendapatkan poin yang banyak bisa ditukarkan dengan diskon. Sehingga akan sama-sama menguntungkan, baik itu untuk Kamu ataupun pelanggan.

Nah, saat ini Kamu bisa menggunakan Kasir Pintar Pro untuk mengelola sistem loyalitas pelanggan yang Kamu buat.

Kasir Pintar Pro dengan plugin business nya mempunyai fitur marketing yang tujuanya untuk memanjakan pelanggan dari bisnis Kamu.

Fitur ini terdiri dari 

  • fitur promosi yang bisa menambahkan berbagai macam jenis promo berupa diskon seperti buy 1 get 1, diskon 30% dll). cek disini untuk informasi selengkapnya 
  • fitur poin yang seperti kita jelaskan di materi ini, Kasir Pintar Pro memberikan kemudahan buat Kamu Business Owner untuk melakukan strategi poin reward kepada pelanggan. Cek disini untuk informasinya

Ayo rasakan sendiri manfaat dari Kasir Pintar Pro Gratis selama 30 hari dengan klik link dibawah ini

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *