Apa itu Point of Sales System dan Manfaatnya untuk usaha

Istilah point of sale mungkin sering kita dengarkan sebagai tools yang sering digunakan oleh perusahaan retail seperti minimarket.

namun saat ini tak hanya minimarket dan perusahaan besar saja yang menggunakan sistem point of sale.

Usaha kecil menengah pun butuh dan sudah banyak yang menggunakan sistem ini.

Apa itu Point of Sales?

Point of Sales (POS) adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha untuk menyelesaikan transaksi jual beli.

Sistem ini dapat menyelesaikan transaksi jual beli dengan lebih mudah. Jika Kamu pergi pasti pernah melihat pegawai memasukan rincian pesanan ke dalam komputer, smartphone maupun tablet.

Point of Sales melakukan kinerja transaksi mulai dari scan barcode barang yang akan dibeli hingga print struk untuk bukti pembayaran. semua dilakukan dalam 1 sistem yang terintegrasi.

Pelanggan akan diberikan struk belanja yang berisi detail barang yang dibeli, jumlah, jumlah kembalian hingga metode pembayaran yang dilakukan. seperti cash, debit dan e money.

Tak hanya itu dari semua transaksi yang sudah dilakukan, akan masuk kedalam report penjualan. Semua hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi POS (point of sales)

Bayangkan kemudahan dan waktu yang kita hemat saat menggunakan Point of Sales. Proses yang biasanya memerlukan waktu yang panjang bisa disingkat dengan sistem POS.

Kini sistem POS sudah banyak digunakan diberbagai restoran, coffee shop hingga laundry. Para pelaku bisnis biasanya membutuhkan sistem canggih ini untuk mempermudah operasional.

Cloud POS vs. POS Tradisional

Saat ini teknologi sudah semakin canggih, begitu juga dengan sistem pos yang memiliki fitur penyimpanan cloud alias terhubung dengan internet. cloud juga bisa diasosiasikan dengan penyimpanan database dalam bentuk digital.

Fitur ini memungkinkan sistem pos bisa diakses dimanapun, kapanpun dan tidak perlu khawatir tentang keamanan datanya.

Dilansir dari Forbes, berdasarkan data Hospitality Technology’s 2018 Point of Sales (POS) Software Trends Report, sejumlah 61% merchants ingin menggunakan sistem POS berbasis cloud.

Nah lalu apa saja sih kelebihan point of sales berbasis cloud dengan point of sales tradisional? berikut penjelasanya.

1. Akses Data

Tradisional: Data pada hard disk tradisional hanya bisa diakses saat itu juga dan harus diakses di tempat kerja. Artinya akses data hanya terbatas pada satu alat saja.

Cloud: POS yang berbasis cloud biasanya menggunakan aplikasi. Siapa pun yang ingin mengaksesnya hanya membutuhkan smartphone dan juga akses akun (username dan password) yang digunakan.

Tanpa harus datang ke tempat kerja, pemilik bisnis dapat mengedit serta mengontrol usahanya secara remote, dari mana saja.

2. Risiko Kehilangan Data

Tradisional: Karena data tersimpan hanya di satu alat saja dan tidak memiliki back up, sangat besar terjadinya resiko kehilangan data. Jika sistem bermasalah, data yang tersimpan di sana bisa sewaktu-waktu hilang.

Cloud: Resiko kehilangan dalam cloud POS pastinya ada. Akan tetapi, penjadwalan back up secara berkala akan meminimalisir kejadian tersebut.

Dengan adanya sistem backup dan restore, akan jadi lebih mudah buatmu jika data yang hilang ingin dikembalikan.

3. Biaya

Tradisional: Biasanya proses instalasi sebuah alat dan software akan membutuhkan teknisi dan akan membuat biaya menjadi mahal.

Belum lagi, biaya maintenance per bulan harus jadi pertimbangan penting bagi operasional bisnis.

Cloud: Penggunaan pos berbasis cloud biasanya berbasi aplikasi berbayar atau berlangganan yang dapat dibayarkan per tahun.

Aplikasi dan Software Point of Sale

Sistem Point of sales saat ini tidak selalu berupa komputer custom khusus yang bisa didapat dengan harga mahal. berkat kemajuan teknologi kini banyak aplikasi pos atau software pos yang menawarkan kemudahan melalui perangkat yang terjangkau seperti hp dan tablet.

Tidak hanya terpaku oleh komputer, kini sistem POS bisa digunakan di perangkat tablet Android dan iOS. 

7 Fungsi & Manfaat Menggunakan Aplikasi Point of Sale System

Point of Sales memberikan manfaat dan kegunaan yang sangat banyak dalam menjalankan usaha. beberapa manfaat ini akan Kamu dapatkan saat menggunakan point of sales

1. Catat transaksi penjualan secara terperinci dan terproses otomatis menjadi laporan

Kalau sebelumnya Kamu harus mencatat secara manual penjualan Kamu, stop sekarang juga karena itu sangat berisiko untuk kesalahan dalam mencatat setiap penjualan secara terperinci.

karena hal itulah banyak pengusaha pemula yang mengalami kegagalan. proses pencatatan ini sangat penting karena mempengaruhi jumlah keuntungan yang akan didapatkan.

melalui point of sales Kamu tak perlu repot untuk melakukan pencatatan, semua sudah bisa dilakukan secara otomatis dan akan tercatat di database laporan penjualan Kamu.

2. Kamu bisa pantau dimanapun dan kapanpun

Dengan Point of Sales System basis cloud, Kamu dapat menyelesaikan tugas yang paling rumit sekalipun kapanpun dan dimanapun. Bahkan saat jauh dari terminal tempat penjualan atau jauh dari toko atau restoran.

Aplikasi POS tetap bisa digunakan kapanpun dimanapun selama ada koneksi ke internet. Sehingga Kamu memungkinan untuk melakukan aktifitas seperti menarik laporan, melihat data dan bahkan melakukan penjualan. Ini membuktikan bahwa Sistem POS cloud mampu diandalkan untuk Kamu yang mempunyai mobilitas tinggi dan terbukti sangat fleksibel.

3. Tingkatkan keamanan data bisnis

Pemilik dan manajer bisnis dapat merasa tenang dengan solusi dari sistem POS berbasis cloud. Karena seperti kita ketahui bahwa informasi bisnis dan pelanggan yang penting aman dan terjamin.

Di masa lalu, kerusakan POS atau pemadaman listrik dapat berarti hilangnya data yang merugikan, tetapi dengan kekuatan cloud, data disinkronkan dan disimpan secara elektronik.

Selain itu, sistem pos cloud memungkinkan penyimpanan data yang lebih aman, dengan enkripsi dan perlindungan dari malware dan pelanggaran data.

Situasi yang pernah menjadi mimpi buruk bagi restoran dan pemilik retail tidak lagi menjadi masalah di cloud. Misalnya, banyak orang takut bahwa koneksi WiFi dapat membuat atau menghancurkan operasi bisnis.

namun, sebagian besar sistem pos cloud seperti Kasir Pintar memiliki mode offline yang membuat bisnis tetap berjalan bahkan saat terjadi pemadaman atau kehilangan koneksi.

4. Manajemen Informasi terpusat

Dengan akses ke data secara real time, cloud POS memungkinkan pemilik bisnis untuk menjadi proaktif dengan operasional sehari-hari dan bahkan untuk tujuan jangka panjang mereka. 

Software POS basis cloud yang hebat akan membantu menyinkronkan data dengan inisiatif pemasaran, membantu meningkatkan produktivitas tim Kamu dan bahkan pengalaman pelanggan.

5. Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.

Karena beberapa alasan dari harga hingga menu penjualan berubah-ubah sesuai dengan strategi yang dijalankan. that’s okay karena bisnis harus menyesuaikan apa yang sedang dijalankan untuk mendapatkan penjualan lebih.

dengan aplikasi point of sales Kamu bisa merubah apapun yang dibutuhkan tanpa merusak data yang sebelumnya. 

6. Software POS berbasis cloud Terjangkau

Sistem point of sales lama hadir dengan banyak perangkat keras yang buruk dan dapat merugikan pemilik bisnis jutaan per tahun (belum lagi biaya awal dan pemeliharaan).

Dengan POS basis cloud saat ini, biaya menjadi jauh lebih rendah, karena Anda membayar lisensi perangkat lunak yang di hosting web, dan pemeliharaan dapat dilakukan dari jarak jauh.

Software pos cloud juga memudahkan Kamu memilih apa saja kebutuhan dari bisnis dengan aplikasi yang dibutuhkan. Sehingga Kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya untuk fitur yang tidak diperlukan.

Misalnya di Kasir Pintar menyedikan plugin untuk khusus bidang sejenis. Untuk Kamu yang ingin mempunyai fitur hitung stok bahan baku akan sangat berguna untuk pengguna kategori bisnis F&B.

namun untuk bisnis retail kamu tidak membutuhkan nya dan masih banyak lagi fitur yang sengaja kami kelompokkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing kategori bisnis.

7. Software POS cloud Bisa Diintegrasikan dengan Berbagai Sistem Bisnis

Alasan terakhir yang tidak kalah penting, Cloud POS bisa dikolaborasikan dengan berbagai sistem seperti sistem akuntansi, sistem manajemen pembelian, sistem manajemen inventaris, dan masih banyak lagi.

Integrasi dengan berbagai sistem ini akan semakin menyederhanakan operasi bisnis retail Anda dan membantu memaksimalkan penjualan Kamu.

Itulah penjelasan mengenai apa itu point of sale, dimana kehadirannya semakin memudahkan kegiatan usaha. Tidak perlu banyak sistem, dengan satu sistem POS transaksi penjualan sudah bisa dicatat dan ditampilkan dengan mudah dan akurat.

Temukan point of sales yang tepat untuk Usaha Kamu

Nah itu tadi fungsi dari point of sales, lalu bagaimana cara menemukan point of sales yang tepat untuk usaha Kamu? Kami mempunyai beberapa tips yang bisa Kamu gunakan untuk menemukan point of sales yang tepat.

1. Temukan fitur yang Bisnis kamu butuhkan

Fungsi utama dari sistem POS adalah membuat operasional bisnis jadi lebih mudah dan bisa menyederhanakan proses operasional. Mulai dari proses inventori hingga laporan keuangan.

Oleh karena itu fitur dari sistem POS yang akan Kamu pilih sangat menentukan dan wajib dipertimbangkan. pastikan semua kebutuhan Usaha Kamu terpenuhi oleh aplikasi pos tersebut.

Seperti contoh fitur umum yang wajib dipenuhi oleh aplikasi pos yaitu kasir digital, manajemen barang (inventory), CRM, Manajemen Pelanggan dan Laporan Keuangan.

Nah sebagai contohnya Kamu bisa cek fitur lengkap dari sistem pos disini.

2. Sesuaikan dengan Budget dari Software POS

Terutama untuk pebisnis pemula kamu wajib banget untuk memilih Software POS yang sesuai dengan budget kamu. Jangan sampai kamu membayar aplikasi dengan harga yang mahal akan tetapi kamu budget untuk keperluan lain tidak bisa terpenuhi.

Lebih teliti dalam memilih produk Software POS karena di pasar banyak sekali tipe aplikasi yang mahal akan tetapi fiturnya tidak sesuai dengan harganya. 

Cek fitur dan harga Kasir Pintar disini

3. Periksa Keamanan Data

Karena aplikasi POS itu berbasis online, maka otomatis data transaksi atau data dari bisnis kamu berada di cloud dan tersimpan di database dari penyedia jasa. Maka yang terpenting adalah dengan memilih developer aplikasi yang terjamin keamananya. Pastikan untuk mencari tahu dulu detail dari keamanan dari aplikasi yang akan kamu tuju, bisa dengan review dari aplikasi

4. Coba Sebelum Membeli

Sebelum anda membeli atau berlangganan dengan aplikasi POS terkait pastikan anda mencobanya dulu, ya anda bisa mencoba gratis aplikasi seperti yang ditawarkan oleh Kasir Pintar dimana anda bisa mencoba gratis Aplikasi Kasir Pintar dalam waktu 30 hari.

Maka manfaatkan ini sebagai momen untuk uji coba terhadap bisnis anda, gunakan semua fitur yang ada untuk memastikan bahwa Aplikasi yang anda gunakan cocok dengan bisnis retail anda

5. Dukungan Pelanggan (Customer Service)

Terkadang kendala teknis muncul ketika menjalankan aktivitas bisnis, kendala muncul baik dari Human Error atau dari Aplikasi POS nya sendiri. Maka tentunya dengan ini anda membutuhkan support dari pihak penyedia jasa POS untuk menanyakan kendala tersebut. Maka dukungan pelanggan menjadi sesuatu yang penting untuk menjadi faktor kita dalam memilih Aplikasi Point of Sales.

Itulah tadi beberapa tips untuk anda yang mempunyai bisnis retail untuk menemukan Aplikasi Point of Sales terbaik,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.