Tips Investasi dengan Google Finance

Tahukah kamu, Sobat Kaspin, bahwa Investasi merupakan salah satu komponen wajib dalam financial planning loh !

Melakukan investasi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Harus dengan keputusan bulat yang didasari dengan riset yang matang untuk membuat investasi mu berjalan sukses. 

Nah, kamu dapat menggunakan Google Finance untuk melakukan riset untuk mengambil keputusan mengenai investasi yang akan kamu pilih.  

Banyak fitur-fitur yang ditawarkan pada Google Finance  dapat kamu andalkan untuk  membentuk portofolio investasi mu .Yuk, simak artikel ini untuk informasi lebih lanjut

Apa Itu Google Finance?

Google Finance adalah suatu tempat dimana kamu bisa memperoleh informasi tentang saham dan memantau portofolio investasi saham milik-mu. 

Menggunakan Google Finance, kamu bisa memperoleh banyak informasi mengenai suatu investasi ataupun ekuitas sebelum menanamkan modal pada suatu perusahaan.

Kamu akan dihidangkan berbagai berita mengenai pasar saham dan keuangan yang dapat menjadi acuan pertimbangan-mu dalam menjalankan investasi. Dengan adanya berbagai informasi yang terdapat di Google Finance, maka Anda bisa menentukan strategi yang paling tepat dalam membuat nilai portofolio investasi yang semakin besar.

Lalu, bagaimana cara menggunakanya? yuk, simak artikel berikut ! 

Cara Menggunakan Google Finance

Tahukah kamu, wahai Sobat Kaspin, Hal terpenting yang harus dilakukan sebelum membuat portofolio di Google Finance adalah dengan membuat akun Google terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa langsung membuat akun Google Finance pada website Google Finance dan siap menggunakan fitur-fitur yang ada.

Apabila Sobat Kaspin ingin membuat portofolio, maka kamu bisa buka website Google Finance . Kemudian Klik Portofolio baru pada sebelah kanan beranda website. lalu Masuk kan nama portofolio dan klik simpan. Maka portofolio mu sudah siap dan bisa langsung menambahkan saham ataupun Reksa Dana yang ingin kamu lacak value-nya setiap saat loh !

Sobat Kaspin juga dapat mengelola setelan portofolio di Google Finance kapan saja sesuai dengan keputusan investasi mu. Pada Setelan portofolio kamu dapat memperbarui setelan untuk membantu memantau harga saham atau memperbarui mata uang di portofolio. Untuk melakukan hal ini ikuti langkah berikut : 

  1. Klik strip tiga pada pojok kiri atas beranda google finance. 
  2. Akan muncul sidebar. Kemudian klik pada folder portofolio pilihan kamu pada kolom portofolio. 
  3. Setelah muncul tampilan daftar portofolio pilihan mu, lanjutkan dengan klik titik tiga pada sebelah kiri nama daftar kamu. 
  4. Dalam tiga titik akan tertampil pengaturan yang kamu butuhkan. Mulai dari mengubah ke daftar pantauan, mengubah nama, menyalin portofolio, mengganti nama, dan menghapus daftar. 

Selain merubah pilihan saham ataupun reksa dana, Anda bisa merubah mata uang yang bisa digunakan untuk memantau portofolio Anda. Selain itu, transaksi saham juga bisa dicatat dan dilacak dengan menggunakan “edit transaction”

Dalam menu tersebut, Anda bisa melakukan input data saham yang mana saja Anda beli dan Anda jual, lengkap dengan tanggal dan juga harganya.

Jenis Metode Penggunaan Google Finance

Dalam Google Finance, terdapat dua metode yang bisa Sobat Kaspi pakai, yaitu mode “Overview” dan mode “Fundamental.”

Mode Overview

Mode Overview digunakan untuk melihat harga saham, pergerakan saham, market cap, volume, dan indeks tertinggi hingga terendah per hari. 

Mode Fundamental 

Mode fundamental digunakan untuk memonitor harga akhir, volume rata-rata, market cap, indeks tertinggi hingga terendah selama 52 minggu, P/E, dan EPS.

Fitur Google Finance

Meskipun kebanyakan perusahaan di Amerika yang menjadi pengguna Google Finance, Sobat Kaspin tetap  dapat memperoleh informasi finansial terkait berbagai perusahaan di Indonesia loh ! 

Apalagi sekarang sudah mulai banyak perusahaan Indonesia yang menggunakan Google Finance juga !

Caranya adalah dengan memasukkan berbagai kata kunci perusahaan yang ingin kamu cari, sehingga nantinya akan muncul berbagai informasi terbaru di dalam perusahaan tersebut.

Informasi yang terdapat di dalam Google Finance dibagi kedalam beberapa fitur, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Pencarian Perusahaan

Fitur ini digunakan agar kamu dapat mencari informasi keuangan terkait perusahaan publik maupun swasta dan juga informasi saham dan reksa dana. Kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait perusahaan yang ada di Amerika dan perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

2. Grafik Interaktif

Kedua, terdapat fitur grafik interaktif yang mampu memberikan informasi terkait data pasar dalam bentuk grafik. Grafik ini pun bisa di klik dan diperbesar agar bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas.

3. Berita

Di dalam fitur berita, Google Finance bergabung juga dengan layanan Google News agar bisa menghimpun lebih banyak berita terkait finansial yang bersumber dari berbagai berita finansial berbahasa inggris dari berbagai penjuru dunia.

Berita yang terdapat di dalam fitur ini juga bisa dikelompokkan dengan berdasarkan topik, sehingga nantinya para pencari berita tidak kebingungan saat akan mencari berita dengan topik khusus.

4. Portofolio

Fitur ini berisi portofolio yang berasal dari perusahaan-perusahaan keuangan agar bisa Anda akses untuk melihat informasi yang ada di dalamnya.

Istilah Penting Dalam Google Finance 

Sobat Kaspin, untuk memudahkan kalian dalam menggunakan Google Finance, kalian perlu diperhatikan istilah-istilah yang ada di google finance loh!  

Dengan memahami istilah-istilah google finance adalah langkah penting untuk bisa membuat keputusan investasi tepat menggunakan bantuan informasi dari Google Finance.

1. Range

Data range ditampilkan dalam bentuk angka. Arti dari angka-angka tersebut adalah nilai tertinggi dan terendah dari suatu saham pada satu hari perdagangan. Apabila perdagangannya sudah tutup, kamu tidak akan melihat angka apa pun.

2. 52 week

Istilah 52 week bisa diartikan 52 minggu. Biasanya berupa metrik yang menunjukkan seberapa besar pergerakan suatu saham selama 52 minggu ke belakang, atau satu tahun sebelumnya. Dengan melihat grafik ini, kamu bisa mengetahui seberapa fluktuatif saham tersebut dalam jangka panjang.

3. Open

Open di Google Finance adalah harga saham ketika pasar dibuka.Seperti range, tidak akan ada angka yang ditampilkan kalau pasar sudah ditutup.

4. Vol/avg

Vol/avg terdiri dari dua kata, yaitu volume dan average (rata-rata). Volume adalah banyak lot saham yang dibeli oleh investor atau trader pada satu hari. Kamu juga bisa mengetahui volume rata-ratanya untuk 30 hari ke belakang.

5. Market cap

Market cap atau kap pasar adalah harga saham dibanding jumlah saham yang tersedia di pasar. Informasi ini memberi gambaran tentang seberapa besar ukuran perusahaan yang sedang dianalisis di pasar.

6. P/E

Dalam Google Finance, P/E adalah singkatan dari price-to-earnings ratio. Apabila nilai rasio ini rendah, berarti harga suatu saham rendah dalam konteks kekuatan penghasilannya.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai Google Finance untuk membantu kegiatan investasi Sobat Kaspin. . 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Google Finance adalah suatu tempat dimana kamu bisa memperoleh informasi tentang saham dan memantau portofolio investasi saham milik-mu. Selain itu, dengan google finance menyediakan berita dan fitur-fitur yang membantu sobat kaspin mengetahui info-info saham dan keuangan. 

Namun, tentunya setiap investor akan sangat memerlukan laporan keuangan perusahaan yang ingin dibeli sahamnya, bila laporan keuangan tersebut tersaji cukup jelas, tepat dan menunjukkan adanya tren positif, maka akan ada banyak investor yang akan tertarik untuk membeli saham perusahaan Anda. 

Nah, Kasir Pintar adalah solusi cerdas dalam pembuatan laporan keuangan ! 

Dengan Kasir Pintar, akan membantu kalian dalam membuat laporan keuangan usaha Sobat Kaspin dengan mudah, praktis, dan cepat. Sobat Kaspin bisa tinggal download aplikasi Kasir Pintar Pro di Play Store Smartphone kalian.