Point of Sales / 13 Rahasia Ampuh Bagaimana Sistem POS Mencegah Kecurangan Karyawan di Restoran Anda

13 Rahasia Ampuh Bagaimana Sistem POS Mencegah Kecurangan Karyawan di Restoran Anda

16 Agustus 2023 | marketing

Kasir Pintar

Memiliki sebuah restoran bisa menjadi tantangan yang menarik. Salah satunya adalah membangun tim yang solid untuk memberikan pengalaman luar biasa kepada pelanggan.

Tantangan yang sering muncul terutama terkait dengan pembentukan tim adalah adanya perilaku curang dari karyawan terhadap bisnis yang Anda jalankan.

Sangat penting untuk mengetahui dan memahami ini agar dapat mencegah kerugian bagi restoran Anda serta mengimplementasikan strategi untuk melindungi bisnis.

Sebenarnya, menurut data dari Asosiasi Restoran Nasional, sebanyak 75% kekurangan inventaris disebabkan oleh kecurangan dari karyawan dan 4% berasal dari kesalahan penjualan.

Lebih memprihatinkan lagi, sekitar tiga perempat dari staf restoran ternyata pernah mencuri dari tempat kerja mereka setidaknya satu kali. Fakta ini tentu saja akan menimbulkan kekhawatiran bagi para pemilik bisnis.

Maka melalui artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa tips untuk menerapkan Pencegahan Kerugian Restoran, atau biasa dikenal dengan istilah Loss Prevention.

Apa itu Loss Prevention?

Mari kita mulai dengan menjawab pertanyaan mengenai apa itu loss prevention.

Pencegahan kerugian merujuk pada usaha yang dilakukan oleh restoran untuk mengurangi segala bentuk kerugian dari pendapatan.

Termasuk di dalamnya adalah tindakan-tindakan sederhana seperti memastikan Anda tidak memesan terlalu banyak bahan makanan sehingga menghasilkan limbah atau sisa yang berlebihan.

Upaya pencegahan juga bisa mengatasi masalah yang lebih rumit, seperti taktik mencegah pelanggan pergi tanpa membayar, penipuan kartu kredit, serta pencurian yang dilakukan oleh karyawan di dalam restoran. Mari kita fokus pada poin terakhir ini.

Baca Juga: Memahami Potensi dan Manfaat POS Online dalam Transformasi Bisnis Modern

Jenis Kecurangan yang Dilakukan Karyawan di Restoran

Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan seorang pelayan mencuri akan meningkat jika rekan kerjanya juga terlibat dalam perilaku serupa.

Dan jika karyawan baru melihat rekan kerjanya mencuri dalam lima bulan pertama mereka bekerja, kemungkinan besar mereka juga akan mengikuti contoh tersebut.

Dengan mempertimbangkan hal ini, berikut adalah beberapa jenis tindakan pencurian yang paling umum dilakukan oleh karyawan di restoran yang perlu Anda kenali dan hentikan.

1. Under-Ringing (Short Ringing)

Jenis kecurangan ini juga dikenal sebagai under-ringing of sales. Cara kerjanya adalah seorang pelanggan membayar tunai di restoran misalnya untuk nasi ayam ukuran besar seharga Rp 30.000.

Namun pelayan malah memasukkan pesanan ke sistem POS dengan harga nasi ayam ukuran sedang seharga Rp 20.000, kemudian memasukkan selisih Rp 10.000 ke dalam saku, tanpa meninggalkan bukti tertulis mengenai tindakan curang ini.

2. Pencurian di Kasir (Cash Register Theft)

Kecurangan dengan model Pencurian Kasir melibatkan karyawan yang mencuri uang dari transaksi penjualan yang tidak tercatat dalam buku kas restoran Anda.

Sebagai contoh, seorang pelanggan memesan menu di restoran dan pelayan memberikan pesanan tersebut, tetapi tidak memasukkan transaksi ke sistem POS. Pelayan kemudian menyimpan uang tunai tersebut tanpa memasukkannya ke dalam mesin kasir.

Dalam beberapa kasus, tindakan pencurian ini bisa melibatkan karyawan yang mencuri uang tunai secara langsung dari mesin kasir.

3. Pemberian Pesanan Gratis atau Tester yang Berlebihan

Memberikan makanan atau minuman gratis atau sebagai contoh uji coba adalah hal umum di banyak restoran.

Namun, jika hal ini terjadi terlalu sering, Anda perlu mengatasi ini sebagai bagian dari strategi pencegahan kerugian Anda.

Anda tidak ingin karyawan Anda terlalu murah hati memberikan makanan gratis kepada teman-teman mereka setiap kali mereka makan di restoran Anda.

4. Membatalkan Penjualan

Jangan lengah hanya karena restoran akan ditutup, pencurian tetap bisa terjadi setelah jam operasional.

Sebagai contoh, karyawan yang bertugas bisa saja diam-diam membatalkan satu atau beberapa item dari transaksi dan memasukkan uang tersebut ke dalam saku mereka, daripada memasukkannya ke dalam pembayaran.

13 Tips Pencegahan Kerugian Restoran

Jika Anda pernah mengalami situasi seperti yang telah kita diskusikan di atas di restoran Anda, tentunya sulit untuk menghadapinya.

Namun, ada sejumlah strategi yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut adalah beberapa tips pencegahan kerugian restoran yang dapat Anda terapkan:

1. Menggaji Karyawan dengan Baik dan Menyediakan Manfaat

Beberapa karyawan mungkin mencuri karena alasan iseng, sementara yang lainnya mungkin terlibat dalam pencurian karena kesulitan finansial.

Banyak karyawan restoran menerima gaji rendah dan bergantung pada uang ekstra yang mereka peroleh dari tips pelanggan.

Namun, seiring dengan penurunan pendapatan selama pandemi COVID-19, lebih dari 80% pekerja restoran melaporkan penurunan tip yang mereka terima, dan hampir dua pertiga dari mereka mengalami pemotongan tip hingga setengahnya.

Dengan meningkatkan gaji karyawan dan memberikan tunjangan kesehatan, Anda dapat membantu mereka melewati masa sulit dan melindungi restoran Anda dari pencurian yang mungkin muncul karena kebutuhan finansial yang mendesak.

2. Tetapkan Kebijakan yang Jelas Mengenai Makanan untuk Karyawan

Fasilitas seperti potongan harga atau makanan gratis adalah harapan umum di sebagian besar restoran, namun hal ini juga bisa memberikan keuntungan bagi Anda sebagai pemilik restoran.

Memberikan penawaran makanan kepada karyawan dapat meningkatkan kepuasan mereka, membantu mereka lebih akrab dengan produk Anda, dan juga dapat mencegah terjadinya pencurian.

Pastikan Anda memiliki kebijakan yang jelas mengenai penawaran makanan kepada karyawan, termasuk batasan dan prosedur yang harus diikuti. Pantau secara berkala untuk memastikan bahwa kebijakan ini tidak disalahgunakan.

3. Buat Kebijakan Wajib Struk Saat ada Penjualan

salah satu solusi yang terbukti ampuh mencegah kecurangan terutama di tempat kasir adalah dengan menerapkan SOP wajib memberikan struk kepada pelanggan ketika sudah melakukan pembelian, dan jika terbukti tidak memberikan struk maka akan diberlakukan gratis, tentunya bukan kita sebagai owner yang membebankan pembelian gratis itu tapi kita bebankan kepada kasir yang sedang bertugas karena kelalaian nya.

dengan diadakan SOP tersebut bisa dipastikan kasir akan selalu berhati-hati dalam melakukan penginputan penjualan dari pelanggan.

4. Berikan Orientasi dan Pelatihan yang Efektif

Tim adalah komponen penting dalam kesuksesan restoran Anda, oleh karena itu memiliki proses onboarding yang baik sangatlah penting.

Onboarding adalah program yang dirancang untuk membuat karyawan merasa terlibat dalam waktu relatif singkat setelah bergabung dengan perusahaan. Tujuannya adalah agar karyawan dapat beradaptasi dengan cepat dan memberikan kinerja yang baik sesuai dengan harapan perusahaan.

Jika dilakukan dengan benar, onboarding dapat meningkatkan kinerja tim dan mencegah tindakan pencurian oleh karyawan. Salah satu caranya adalah dengan membuat daftar cek karyawan baru yang berisi informasi penting tentang aturan dan prosedur di restoran.

5. Perbaiki Prosedur Penanganan Uang Tunai

Sebagai pemilik restoran, Anda tentunya tidak ingin memiliki terlalu banyak uang tunai di kasir pada waktu tertentu.

Meningkatkan strategi pencegahan dengan memasang brankas di dekat mesin kasir dapat membantu mencegah pengisian uang yang berlebihan dan risiko pencurian.

Anda juga dapat memperbaiki praktik penanganan uang tunai dengan memisahkan tugas-tugas terkait kas kepada berbagai karyawan.

Dengan demikian, tidak akan ada satu pun anggota staf yang dapat memalsukan angka penjualan mereka.

6. Sesuaikan Pengaturan dan Akses Staf pada Sistem POS

Sistem POS restoran memungkinkan Anda mengatur apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh karyawan saat memasukkan pesanan dan menerima pembayaran.

Dengan memiliki opsi untuk mengatur akses individu berdasarkan peran atau tanggung jawab mereka, Anda dapat lebih mudah mengawasi proses dan memastikan bahwa semua uang yang masuk ke kasir tercatat dengan benar.

Sistem POS dengan kontrol yang dapat disesuaikan dapat membantu Anda mencegah tindakan penipuan.

Misalnya, hanya beberapa karyawan yang memiliki izin untuk menghapus transaksi di sistem POS, seperti manajer atau orang yang Anda percayai.

Dengan cara ini, karyawan lain tidak memiliki akses untuk melakukan pencurian dengan menghapus transaksi.

7. Periksa Laporan dari Sistem POS

Sistem POS yang baik bukanlah cukup untuk mencegah kecurangan oleh karyawan di restoran. Anda juga perlu secara rutin memeriksa laporan dari sistem POS Anda untuk mengidentifikasi dimana tindakan pencurian terjadi dan dimana keuntungan bisnis bocor.

Sebagai bagian dari strategi pencegahan kerugian, manfaatkan fitur-fitur laporan seperti laporan penjualan, laporan retur transaksi, dan laporan aktivitas harian setiap karyawan.

Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada transaksi yang dihapus atau diubah setelah selesai. Jika Anda menemukan transaksi yang mencurigakan, segera lakukan tindakan tindak lanjut dengan karyawan terkait.

Anda juga harus menjalankan laporan tentang jumlah potongan harga dan diskon yang diberikan, berapa kali laci kas dibuka, dan siapa yang bertanggung jawab atas setiap kejadian.

Ini akan memberikan pemahaman tentang tindakan karyawan dan membuat mereka lebih bertanggung jawab.

8. Terapkan Pelacakan Inventaris yang Tepat

Sebagian besar pemilik restoran tahu bahwa pelacakan inventaris bahan dan barang sangat penting dan harus dilakukan secara konsisten. Ini melibatkan membandingkan item yang terjual dengan stok yang ada serta yang telah habis.

Menggunakan sistem pelacakan inventaris yang terintegrasi dengan POS dapat membantu Anda memantau stok dan mendeteksi potensi kasus pencurian oleh karyawan di restoran Anda.

Sebagai contoh, Anda mungkin menyadari bahwa beberapa sayap ayam menghilang dari stok fisik setiap beberapa minggu pada hari Jumat malam.

Dengan membandingkan laporan inventaris dengan laporan shift karyawan, Anda dapat melihat siapa yang bertugas selama periode waktu tersebut, dan kemudian berbicara dengan mereka untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan persediaan sayap ayam yang hilang tersebut.

Baca Juga: Ciptakan Kemudahan dalam Pemesanan dengan Plugin QR Order dari Aplikasi Kasir Pintar

9. Pantau Kinerja Karyawan

Pencurian tidak hanya terkait dengan barang atau uang tunai. Penting untuk secara teratur mengevaluasi kehadiran karyawan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, serta waktu istirahat, untuk memastikan bahwa mereka tidak melakukan "pencurian waktu."

POS dengan pengaturan yang melacak perubahan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi siapapun yang mencoba mengklaim jam kerja yang sebenarnya tidak mereka lakukan.

10. Evaluasi Ulang Sistem Akuntansi

Pencurian di restoran juga dapat terjadi selama rekonsiliasi akhir hari dan bahkan melibatkan manajer pendapatan yang tidak dilaporkan.

Memeriksa prosedur akuntansi Anda dan memastikan Anda memiliki teknologi yang sesuai untuk mendukung kesehatan keuangan restoran Anda adalah langkah penting.

Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan pendapat dari ahli pihak ketiga untuk meninjau pembukuan restoran Anda dan mengidentifikasi potensi pencurian serta memberikan perlindungan dari kerugian pendapatan di masa depan.

11. Tingkatkan Prosedur dan Teknologi Keamanan

Meskipun Anda tidak ingin menciptakan lingkungan yang tidak nyaman, dalam beberapa kasus Anda mungkin perlu mengambil langkah-langkah ekstra dengan memasang kamera keamanan CCTV di restoran Anda untuk mencegah potensi pencurian.

Selain itu, sebaiknya Anda memperbarui teknologi restoran Anda agar dapat mengelola akses kunci dan pembayaran secara digital, menggantikan metode lama yang lebih rentan terhadap manipulasi.

12. Fokus pada Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Jangan lupakan faktor manusiawi dalam strategi pencegahan kerugian restoran Anda. Menjadi pemilik bisnis yang mudah dihubungi dapat membantu mencegah pencurian oleh karyawan.

Buat lingkungan kerja yang positif di mana karyawan merasa nyaman meminta bantuan saat mereka membutuhkannya, dan ciptakan budaya akuntabilitas untuk mendorong setiap orang tetap jujur.

13. Meningkatkan Strategi Pencegahan Kerugian Anda

Sekarang Anda memiliki pemahaman tentang konsep pencegahan kerugian dan 11 tips pencegahan kerugian yang kuat untuk melindungi bisnis Anda dari potensi pencurian oleh karyawan.

Langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan atau memperkuat strategi pencegahan Anda.

Jika Anda belum melakukannya, memiliki sistem POS yang memungkinkan Anda mengontrol dan memantau tindakan karyawan sangatlah penting dalam upaya pencegahan kerugian.

Kasir Pintar menawarkan fitur-fitur yang dapat membantu melindungi bisnis Anda dari risiko penipuan oleh karyawan.

  • Dengan memberikan hingga 5 akun karyawan atau staf, Anda dapat menyusun akses yang sesuai dengan peran masing-masing.
  • Menggunakan fitur pelacakan bahan baku (ingredients) dapat membantu Anda mengawasi setiap penggunaan bahan dengan lebih efektif.
  • Manfaatkan fitur shift untuk memantau setiap aktivitas di kasir dan laci uang tunai.
  • Selain itu, laporan yang komprehensif akan membantu Anda memahami kinerja bisnis dengan lebih baik.

Pelajari lebih lanjut mengenai apa yang dapat Anda lakukan dengan Kasir Pintar untuk restoran Anda dan Coba GRATIS selama 30 Hari Tanpa Syarat!

Coba Gratis Sekarang!

Dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang tepat dan memanfaatkan teknologi yang tersedia, Anda dapat melindungi bisnis Anda dari kerugian yang disebabkan oleh tindakan curang karyawan dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan lebih produktif.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur