Pentingnya Buyer Persona dalam Strategi Pemasaran: Mengapa Perlu Mengenal Pelanggan
Branding | 11 Oktober 2024
Insight Bisnis / Branding / 7 Alasan Mengapa Logo yang Baik Penting Untuk Bisnis
24 Januari 2023 | marketing
Saat kamu mempertimbangkan semua faktor yang diperlukan untuk membangun bisnis, membuat logo mungkin bukan prioritas utama.
Memiliki logo adalah bagian integral untuk menjadikan merek kamu sukses –dengan memiliki produk berkualitas tinggi dan juga dengan rujukan yang positif.
Jadi, mengapa logo itu penting?
Mari kita lihat lebih dalam semua poin di bawah ini.
Rentang perhatian saat ini pendek – terutama konsumen. Seperti yang terjadi, perusahaan memiliki waktu sekitar 2 detik untuk meyakinkan pelanggan potensial bahwa produk mereka layak dipertimbangkan.
Contoh Logo :
Logo dapat dengan cepat menarik perhatian pemirsa dan mengomunikasikan nilai inti perusahaan dengan cara yang menarik.
Rentang perhatian yang pendek itu, salah satu yang menyebabkan konsumen menilai bisnis kamu dari penampilannya.
Logo juga dapat bekerja untuk keuntungan, jika memiliki logo yang solid untuk mewakili perusahaanmu.
Logo adalah pengenalan pertama perusahaan kepada konsumen. Jika dirancang dengan baik, hal itu dapat menarik minat publik dan mengundang mereka untuk mempelajari perusahaan lebih jauh.
Jika tidak, maka kamu baru saja mengasingkan basis pelanggan potensial dan pada dasarnya merusak bisnismu.
Kesan pertama ini adalah cara untuk segera mengomunikasikan kepemilikan atas produk yang kamu jual atau ceruk pasar yang mungkin akan kamu kuasai.
Branding yang sukses adalah tentang menceritakan kisah yang akan memengaruhi emosi pelanggan – polos dan sederhana.
Dan, meskipun benar bahwa desain logo hanyalah bagian dari merek perusahaan, itu berfungsi sebagai dasar untuk keseluruhan narasi di mana merek dibangun.
Warna, nada, font – semua ini ditentukan oleh cerita yang ingin kamu ceritakan, dan logo mengatur panggung untuk cerita ini.
Elemen-elemen ini nantinya akan diterjemahkan dari logomu ke semua materi branding – kop surat, kartu nama, halaman arahan, dan lain sebagianya .
Sebut saja dengan adanya logo yang baik dapat menciptakan identitas merek yang konkret dan dapat dipasarkan.
Logo ibarat seperti mengarahkan kuda (audiens) ke permukaan air (perusahaan). Logo adalah titik identifikasi; mereka adalah simbol yang digunakan pelanggan untuk mengenali merek kamu.
Idealnya, jika kamu ingin orang langsung menghubungkan tampilan logo-mu dengan memori tentang apa yang dilakukan perusahaan – dan, yang lebih penting, bagaimana perasaan mereka.
Karena logo yang bagus adalah elemen visual yang menyenangkan secara estetika, itu memicu ingatan positif tentang merekmu yang mungkin tidak dimiliki oleh nama perusahaanmu sendiri.
Dan, jika kita semua jujur, beberapa audiens kemungkinan besar akan melupakan nama bisnismu (jangan tersinggung – itu sifat manusia), tetapi mereka akan segera mengaitkan logomu dengan ingatan mereka tentang merekmu.
Berani tampil beda dengan logo, karena logo perusahaan memberi tahu konsumen mengapa bisnismu itu unik.
Tentu, mungkin ada 50 kedai kopi lain di kotamu, tetapi kedai kopimu mungkin adalah satu-satunya yang berkomitmen pada keberlanjutan, dan logo yang hijau dan bersahaja menyampaikan pesan itu.
Logo perusahaan yang dirancang dengan baik dapat mengomunikasikan segalanya mulai dari latar belakang perusahaan (profesional, santai, menyenangkan) hingga misi mereka (hiburan, efisiensi, dan inovasi) melalui ikon yang tepat atau font yang tepat.
Dengan kata lain, logomu adalah forum untuk menyampaikan nilai-nilai dan menunjukkan kepada konsumen mengapa kamu tidak menyukai pesaing.
Seiring pertumbuhan merek, logo akan menjadi lebih akrab bagi banyak konsumen, dan keakraban ini menciptakan persepsi bahwa kamu dapat dipercaya dan mudah diakses.
Coba pikirkan suatu masalah : Saat kamu berbelanja peralatan olahraga dan tiba-tiba melihat celana olahraga dengan swoosh Nike, kamu mungkin langsung siap untuk membeli.
Mengapa? Karena dengan pakaian Nike, kamu tahu bahwa sedang berada di tangan yang aman, Nike adalah merek yang bisa di percaya. Kepercayaan dibangun di atas logo yang dirancang dengan baik, dan loyalitas merek cepat diikuti.
Begitu mereka menyukai bisnismu, pelanggan mungkin akan mencarimu lagi dan lagi – dan logo kamu adalah hal pertama yang akan mereka cari.
Dan, yang tak kalah pentingnya :
Logo Anda adalah hal pertama yang akan dicari audiens ketika mereka melihat komunikasi apa pun dari merek. Itu juga harus menjadi bagian depan dan tengah dari semua materi pemasaran seperti kartu nama, selebaran, iklan, dll.
Jika kamu tidak memiliki logo (yang menonjol), maka bersiap-siaplah untuk kehilangan kesempatan dalam membuat bisnismu melekat di benak audiens.
Baca Juga : Peran Copywriting Untuk Bisnis
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Tag
#logoArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat