Apakah Struk Penjualan Begitu Penting Untuk UKM? Ini dampaknya!
Seputar Bisnis | 21 November 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Apa Itu Manajemen Risiko & Kenapa Penting Dalam Dunia Bisnis?
15 Desember 2022 | marketing
Manajemen risiko mencakup identifikasi, analisis, dan respons terhadap faktor risiko yang merupakan bagian dari kehidupan bisnis.
Manajemen risiko yang efektif berarti berusaha mengendalikan, sebanyak mungkin, hasil masa depan dengan bertindak secara proaktif daripada reaktif.
Oleh karena itu, manajemen risiko yang efektif menawarkan potensi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya risiko dan potensi dampaknya.
Struktur manajemen risiko disesuaikan untuk melakukan lebih dari sekadar menunjukkan risiko yang ada. Struktur manajemen risiko yang baik juga harus menghitung ketidakpastian dan memprediksi pengaruhnya terhadap bisnis.
Akibatnya, hasilnya adalah pilihan antara menerima risiko atau menolaknya. Penerimaan atau penolakan risiko bergantung pada tingkat toleransi yang telah ditentukan oleh bisnis untuk dirinya sendiri.
Jika bisnis menetapkan manajemen risiko sebagai proses yang disiplin dan berkesinambungan untuk tujuan mengidentifikasi dan menyelesaikan risiko, maka struktur manajemen risiko dapat digunakan untuk mendukung sistem mitigasi risiko lainnya.
Mereka termasuk perencanaan, organisasi, pengendalian biaya, dan penganggaran. Dalam kasus seperti itu, bisnis biasanya tidak akan mengalami banyak kejutan, karena fokusnya adalah manajemen risiko yang proaktif.
Respons terhadap risiko biasanya mengambil salah satu dari bentuk berikut :
Sebuah bisnis berusaha untuk menghilangkan risiko tertentu dengan menyingkirkan penyebabnya.
Mengurangi nilai keuangan yang diproyeksikan terkait dengan risiko dengan menurunkan kemungkinan terjadinya risiko.
Dalam beberapa kasus, bisnis mungkin terpaksa menerima risiko. Opsi ini dimungkinkan jika badan usaha mengembangkan kontinjensi untuk memitigasi dampak risiko, jika hal itu terjadi.
Saat membuat kontinjensi, bisnis perlu terlibat dalam pendekatan pemecahan masalah. Hasilnya adalah rencana yang terperinci dengan baik yang dapat dilaksanakan segera setelah diperlukan.
Rencana seperti itu akan memungkinkan organisasi bisnis untuk menangani hambatan atau hambatan untuk keberhasilannya karena dapat menangani risiko segera setelah muncul.
Manajemen risiko adalah proses yang penting karena memberdayakan bisnis dengan alat yang diperlukan sehingga dapat mengidentifikasi dan menangani potensi risiko secara memadai.
Setelah risiko telah diidentifikasi, maka mudah untuk menguranginya. Selain itu, manajemen risiko memberikan dasar bagi bisnis untuk dapat melakukan pengambilan keputusan yang baik.
Untuk bisnis, penilaian dan pengelolaan risiko adalah cara terbaik untuk mempersiapkan kemungkinan yang mungkin menghalangi kemajuan dan pertumbuhan.
Ketika sebuah bisnis mengevaluasi rencananya untuk menangani ancaman potensial dan kemudian mengembangkan struktur untuk mengatasinya, hal itu meningkatkan peluangnya untuk menjadi entitas yang sukses.
Selain itu, manajemen risiko progresif memastikan risiko dengan prioritas tinggi ditangani seagresif mungkin. Selain itu, manajemen akan memiliki informasi yang diperlukan yang dapat mereka gunakan untuk membuat keputusan berdasarkan informasi dan memastikan bahwa bisnis tetap menguntungkan.
Analisis risiko adalah pendekatan pemecahan masalah kualitatif yang menggunakan berbagai alat penilaian untuk menyusun dan mengurutkan risiko untuk tujuan menilai dan menyelesaikannya. Berikut adalah proses analisis risiko :
Identifikasi risiko terutama melibatkan brainstorming. Sebuah bisnis mengumpulkan karyawannya sehingga mereka dapat meninjau semua sumber risiko. Langkah selanjutnya adalah mengatur semua risiko yang teridentifikasi dalam urutan prioritas.
Karena tidak mungkin memitigasi semua risiko yang ada, penentuan prioritas memastikan bahwa risiko yang dapat memengaruhi bisnis secara signifikan ditangani dengan lebih mendesak.
Dalam banyak kasus, penyelesaian masalah melibatkan identifikasi masalah dan kemudian menemukan solusi yang tepat. Namun, sebelum mencari cara terbaik untuk menangani risiko, bisnis harus menemukan penyebab risiko dengan mengajukan pertanyaan :
“Apa yang menyebabkan risiko tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis?”
Setelah entitas bisnis ditetapkan untuk menilai solusi yang mungkin untuk mengurangi risiko yang teridentifikasi dan mencegah terulangnya, perlu mengajukan pertanyaan-pertanyaan berikut :
Di sini, ide-ide yang ternyata berguna dalam memitigasi risiko dikembangkan menjadi sejumlah tugas dan kemudian menjadi rencana darurat yang dapat diterapkan di masa mendatang. Jika risiko terjadi, rencana dapat dijalankan.
Usaha bisnis kami menghadapi banyak risiko yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup dan pertumbuhan mereka. Akibatnya, penting untuk memahami prinsip-prinsip dasar manajemen risiko dan bagaimana mereka dapat digunakan untuk membantu mengurangi dampak risiko pada entitas bisnis.
Nah, sekarang kamu sudah paham kan mengenai Manajemen Risiko dan cara Mengelolanya, karena perlu kamu ketahui juga bahwa manajemen risiko itu sangat penting digunakna untuk analisis bisnismu.
Jadi jangan sampai kamu menyepelekan akan hal tersebut ya! Oke sekarang jika kamu sudah mengenal dan memahami tentang Manajemen Risiko, saatnya sekarang kamu juga harus mengenal sebuah aplikasi POS sistem yang berguna untuk memajukan bisnismu.
Aplikasi tersebut bernama Kasir Pintar, Apa Itu Kasir Pintar?
Apa Itu Kasir Pintar? Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia
Download sekarang juga!
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat