Apakah Struk Penjualan Begitu Penting Untuk UKM? Ini dampaknya!
Seputar Bisnis | 21 November 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Apa itu Up Selling? Pengertian & Contohnya
18 November 2022 | marketing
Istilah "Up Selling" cenderung memunculkan gambaran tentang strategi penjualan yang apik dan bertekanan tinggi yang merencanakan untuk menipu pelanggan dari uang mereka.
Tetapi kenyataan yang sebenarnya mendeskripsikan bahwa upselling adalah strategi penjualan yang kuat dan sah untuk memperdalam hubungan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan meningkatkan pendapatan.
Didalam artikel ini kamu akan mempelajari definisi up Selling, melihat contoh up Selling dan Cross Selling serta mempelajari praktik terbaik untuk menggunakan teknik up Selling dalam meningkatkan pendapatan dan kepuasan pelanggan.
Up Selling adalah teknik penjualan yang mendorong pelanggan untuk membelanjakan lebih banyak uang dengan membeli versi upgrade atau premium dari produk yang awalnya ingin mereka beli.
Peningkatan penjualan yang efektif dapat membantu bisnis meningkatkan nilai pesanan rata-rata atau nilai seumur hidup pelanggan, menghasilkan lebih banyak pendapatan segera atau dalam jangka panjang.
Meskipun upselling dan cross-selling keduanya merupakan teknik penjualan yang meningkatkan pendapatan, keduanya melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda.
Jika Up Selling meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang lebih mahal, Cross Selling mendorong mereka untuk menambahkan item terkait atau pelengkap untuk pembelian mereka yang sudah ada.
Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis penjualan komputer, penjual yang ingin meningkatkan penjualan akan menjauhkan pelanggan dari laptop kelas menengah yang awalnya mereka incar dan beralih ke mesin top-of-the-line dengan spesifikasi terbaik.
Sebaliknya dalam strategi Cross Selling, penjual akan mendorong pelanggan untuk membeli laptop kelas menengah, bersama dengan casing pelindung, mouse nirkabel, dan add-on lain yang meningkatkan pengalaman menggunakan perangkat.
Upselling adalah praktik penjualan yang umum dalam situasi penjualan "bisnis-ke-bisnis" dan "bisnis-ke-konsumen".
Berikut beberapa contohnya:
Sementara sebagian besar dari kita akrab dengan upselling pra-penjualan, peluang untuk upsell ada di setiap tahap siklus hidup pelanggan, seperti :
Upselling dapat membantu bisnis menghasilkan pendapatan tambahan bila dilakukan dengan benar. Praktik tersebut meliputi :
Up selling dan cross-selling yang sukses adalah keterampilan yang membutuhkan pelatihan dalam teknik yang tepat. Dengan pengalaman dan pelatihan, kamu dapat menggunakan teknik upsell dan cross-sell untuk menghasilkan pendapatan tambahan tanpa mengasingkan pelanggan kamu.
Upselling meningkatkan efisiensi penjualan dengan menghasilkan lebih banyak pendapatan dari pelanggan yang sudah ada, daripada mendapatkan pelanggan baru.
Up selling yang sukses dimulai dengan penghitungan menyeluruh atas kebutuhan pelanggan. Setelah kamu memahami prioritas dan sasaran pelanggan, kamu dapat mengedukasi mereka tentang manfaat produk yang lebih premium.
Up selling tidak hanya menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi untuk bisnis tetapi juga menambah nilai bagi pelanggan dengan menawarkan produk dan layanan yang lebih baik dan lebih relevan.
Up selling hadir dalam berbagai bentuk, termasuk produk premium atau produk yang ditingkatkan, jaminan yang diperpanjang, opsi pembiayaan, diskon volume, pembungkus kado, personalisasi, dan banyak lagi.
Nah jika sekarang kamu sudah mengetahui apa itu strategi pemasaran Up Selling dan juga FAQ penting tentang up selling, sekarang saatnya untuk kamu mengenal tentang aplikasi POS yang dapat membatu untuk mengembangkan bisnismu.
Dengan aplikasi POS yang bernama Kasir Pintar ini, kamu dapat :
Kamu juga bisa coba gratis selama 30 Hari dan mendapatkan fitur lengkap dari Kasir Pintar Pro.
Tag
#upsellingArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat