7 Cara Efektif Mencari Modal Usaha untuk Memulai Bisnis
Sales & Marketing | 24 Oktober 2024
Insight Bisnis / Sales & Marketing / Cara Analisa Pasar Bagi Pelaku UMKM
25 Januari 2023 | marketing
Dalam beradaptasi dengan perkembangan konsumen dan persaingan usaha, kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Namun ternyata, sebagian besar pelaku UMKM masih belum atau kurang memahami cara menganalisis bisnis online agar usahanya berkembang.
Padahal analisis pasar di waktu tertentu sangat penting agar UMKM bisa berkembang dan beradaptasi di masyarakat.
Simak beberapa tips terbaik untuk para pelaku UMKM untuk melakukan analisa pasar agar bisnis online dapat berkembang.
Penggiat UMKM harus memanfaatkan beberapa fitur yang ditawarkan oleh mearketplace.
Sebut saja seperti pada marketplace Tokopedia, yang mana didalamnya terdapat fitur Wawasan Pasar.
Fitur itu dapat digunakan untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris berdasarkan wilayah dan kategori.
Dengan begitu, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya.
Selanjutnya, para pelaku UMKM disarankan melakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar.
Dengan cara ini, harga yang ditawarkan UMKM berada dalam batas normal dan dapat bersaing.
Pelaku UMKM dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya, dan melakukan optimalisasi lain.
Dengan begitu, sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.
Melakukan uji coba penjualan produk dapat membantu penjual melihat produk apa yang berpotensi laris.
Misalnya, penjual bisa memberikan sampel atau produk tester yang akan diluncurkan kepada sejumlah pembeli untuk melihat antusiasme mereka.
Tanggapi dan pelajari setiap masukan dengan positif karena ulasan pembeli adalah dasar untuk berinovasi agar bisa terus relevan dengan pasar.
Sitiasi pasar dan kebiasaan konsumen akan berubah seiring dengan perkembangan waktu.
Dengan melakukan analisis pasar secara berkala, pelaku UMKM bisa menyiapkan strategi yang sesuai agar usahanya bisa berkembang seiring dengan perubahan tersebut.
Baca Juga : Pentinganya Legalitas Usaha Untuk Pelaku UMKM
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Aplikasi kasir terlengkap kelola semua kebutuhan bisnis sobat KasPin! Sudah dipercaya oleh 1.500.000+ UMKM di Indonesia.
Tag
#analisa pasarArtikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat