Apakah Struk Penjualan Begitu Penting Untuk UKM? Ini dampaknya!
Seputar Bisnis | 21 November 2024
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Cara Jualan Online di Facebook Untuk Bisnis Pemula
7 Desember 2022 | marketing
Facebook memiliki lebih dari 2,9 miliar pengguna aktif bulanan, menjadikannya salah satu platform media sosial paling populer di dunia.
Dengan basis pelanggan potensial yang begitu besar, tidak mengherankan jika bisnis menggunakan Facebook untuk menjual produk dan layanan mereka dinilai paling efektif sejauh ini.
Selain menyediakan cara untuk membangun hubungan dengan pelanggan dan menciptakan kesadaran merek, Facebook juga dapat digunakan untuk menjual produk dan layanan secara online.
Dalam posting blog ini, kami akan memberitahu kamu tentang cara menggunakan Facebook untuk meningkatkan penjualan, menarik pelanggan baru, serta berkomunikasi dengan mereka.
Ada banyak manfaat untuk berjualan di Facebook. Sebagai permulaan, ini adalah cara yang bagus untuk menjangkau banyak calon pelanggan, karena begitu banyak orang yang sudah menggunakan platform ini, ada kemungkinan besar bahwa target pasar kamu sudah ada di Facebook.
Manfaat lain dari berjualan di Facebook adalah relatif mudah untuk mendirikan toko dan mulai berjualan, kamu dapat membuat toko online yang dapat ditautkan ke halaman Facebook.
Terakhir, menjual di Facebook memberikanmu akses ke alat canggih seperti iklan bertarget dan wawasan yang dapat membantumu dalam memahami pelanggan serta apa yang mereka cari.
Bila digunakan dengan benar, alat ini dapat membantumu dalam meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis.
Sekarang setelah kita membahas beberapa manfaat menjual di Facebook, mari kita bicara tentang hal-hal yang harus di ingat ketika bersiap-siap untuk mengembangkan bisnismu di platform Facebook ini.
Langkah pertama untuk berjualan di Facebook adalah membuat halaman bisnis terlebih dahulu. Ingat! Ini berbeda dengan halaman pribadi, yang memungkinkan kamu memanfaatkan fitur seperti : Friends, Watch, Marketplace, Notification, dll.)
Halaman Facebook akan membantumu membangun kesadaran merek dan terhubung dengan pelanggan potensial di tingkat yang lebih pribadi.
Salah satu cara terbaik untuk membuat kehadiran di Facebook untuk bisnis Anda adalah dengan membagikan konten yang menarik bagi calon pelanggan Anda. Ini bisa apa saja yang relevan dengan audiens target Anda, misalnya:
Dengan berbagi konten yang menarik, kamu akan dapat membangun hubungan dengan calon pelanggan dan menjadikan dirimu sebagai otoritas di industri —karena keduanya akan membantu meningkatkan penjualan di masa mendatang.
Jika kamu memiliki toko online, kamu dapat menghubungkannya ke halaman bisnis Facebook untuk memungkinkan pelanggan membeli produk langsung dari halaman Facebook kamu.
Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan tingkat konversi, karena memudahkan dan nyaman bagi calon pelanggan untuk membeli dari kamu langsung di platform media sosial favorit mereka.
Setelah kamu menghubungkan toko online ke halaman bisnis Facebook-mu, Kamu akan dapat menjual di Facebook dengan cara berikut :
Bagian toko akan terlihat langsung di halaman Facebook dan menampilkan semua produk dari toko online kamu. Ini memudahkan pengguna desktop dan seluler untuk menemukan dan membeli produkmu di antarmuka Facebook yang sudah dikenal.
Dengan postingan yang dapat dibeli, kamu dapat menandai produk di dalam postingan di halaman bisnis di Facebook.
Saat pelanggan mengklik produk yang diberi tag, mereka dapat melihat nama dan harganya serta membuka halaman produk untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk tersebut atau langsung membelinya.
Dengan cara ini, pelanggan dapat membelinya langsung saat menjelajahi umpan berita mereka atau menjelajahi halaman bisnis kamu.
Facebook Marketplace adalah platform penjualan Facebook, tempat orang mencari, membeli, dan menjual produk. Pelanggan dapat membeli barang yang tersedia di wilayah mereka atau barang yang mungkin dikirim ke seluruh negeri.
Iklan Facebook adalah cara yang bagus untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Dengan opsi penargetan lanjutan, kamu dapat memastikan bahwa iklan dapat dilihat oleh orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan apa yang dijual. Disini kamu dapat menargetkan demografi, minat, dan bahkan lokasi tertentu.
Setelah Anda menghubungkan tokomu ke Facebook, Kamu akan mendapatkan Katalog Produk Facebook. Ini berisi informasi tentang produk di toko online, termasuk ketersediaan, deskripsi, gambar, judul, harga, merek, dan lainnya.
Dengan Katalog Produk Facebook, kamu dapat menyiapkan berbagai jenis iklan Facebook yang menampilkan produk dari toko, termasuk iklan dinamis.
Iklan dinamis Facebook secara otomatis menampilkan katalog produk kepada audiens yang paling relevan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger.
Kamu dapat menggunakannya untuk penargetan ulang (mengikuti pengunjung situs yang melihat produk Anda) atau untuk menampilkan produk di depan calon pelanggan baru.
Untuk memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari iklan Facebook, penting untuk mengukur dan menganalisis hasil. Itu dimungkinkan berkat Meta Pixel (sebelumnya dikenal sebagai Facebook Pixel).
Ini adalah bagian dari kode yang melacak perilaku pengunjung ke toko online-mu, meta pixel akan memberikanmu banyak informasi bermanfaat, seperti :
Semakin mudah membuat pelanggan menjangkau kamu, maka semakin besar kemungkinan juga untuk menangkap pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Facebook Messenger adalah alat yang sempurna untuk itu, karena : cepat, nyaman, dan kebanyakan orang sudah menggunakannya. Apa yang terbaik? Kamu dapat menggunakannya tidak hanya di halaman bisnis Facebook tetapi juga bisa digunakan pada situs web.
Untuk memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari penjualan di Facebook, berikut beberapa hal yang perlu diingat:
Tombol ajakan bertindak dapat ditampilkan di bawah gambar sampul di halaman Facebook. Gunakan tombol Belanja Sekarang untuk memberi tahu orang-orang bahwa mereka dapat melakukan pembelian di halaman dan mengarahkan mereka ke tokomu.
Bergantung pada bisnis, Kamu dapat menggunakan tombol ajakan bertindak lainnya. Misalnya : jika ingin membuat daftar email, gunakan tombol "daftar", jika kamu ingin calon pelanggan menghubungimu, pilih tombol ajakan bertindak "Kirim Pesan".
Ingat, pelanggan tidak dapat secara fisik melihat atau menyentuh produk sebelum mereka membelinya, jadi penting untuk memberi mereka semua informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat.
Pastikan deskripsi produkmu jelas, ringkas, dan akurat dan pastikan juga untuk menyertakan banyak foto berkualitas tinggi dari berbagai sudut, karena pelanggan ingin tahu persis apa yang mereka beli sebelum mereka melakukan pembelian.
Layanan pelanggan penting untuk bisnis apa pun, tetapi lebih penting lagi saat menjual online. Ini karena pelanggan tidak dapat datang ke toko dan berbicara dengan kamu secara langsung jika mereka memiliki pertanyaan atau masalah dengan pembelian mereka.
Itulah mengapa penting untuk menanggapi dengan cepat pertanyaan dan masalah yang dikirim ke halaman kamu melalui Facebook Messenger.
Berikut adalah beberapa tips tentang bagaimana Anda dapat menggunakan Facebook Messenger untuk mendorong lebih banyak penjualan di tokomu :
Iklan bertarget adalah salah satu alat paling ampuh yang di inginkan saat menjual di Facebook. Jika digunakan dengan benar, ini memungkinkan untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang kemungkinan besar tertarik dengan apa yang kamu jual.
Artinya kamu akan mendapatkan lebih banyak uang dan meningkatkan penjualan dalam prosesnya. Tapi hati-hati untuk tidak berlebihan dengan penargetan, jika kamu tidak ingin mematikan calon pelanggan dengan membombardir mereka dengan terlalu banyak iklan untuk produk atau layanan.
Setelah kamu mulai menjual produk atau layanan di Facebook, penting untuk memantau Wawasan halaman sehingga dapat melihat seberapa baik upayamu membuahkan hasil.
Wawasan akan menunjukkan kepada kamu hal-hal seperti berapa banyak orang yang melihat dan berinteraksi dengan konten, jenis dampak iklan, dan banyak lagi.
Informasi ini juga akan sangat berharga dalam membantumu menyempurnakan strategi sehingga dapat memaksimalkan hasil.
Baik dalam bisnis kecil atau perusahaan besar, menjual di platform Facebook bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau audiens yang lebih besar. Dengan hampir 3 miliar pengguna aktif, tidak ada kekurangan pelanggan potensial di platform.
Dengan mengikuti tips dalam posting artikel ini, kamu bisa mengatur strategi penjualan yang sukses menggunakan Facebook, dengan cara :
Nah sekarang kamu sudah paham bukan, cara jualan online di platform media sosial Facebook, terlebih lagi untuk kamu seorang bisnis pemula?
JIika sudah tau, sekarang saatnya untukmu memikirkan sistem POS tebaik untuk membantumu dalam memajukan bisnismu, seperti pencatatan transaksi keuangan mungkin, ya supaya tidak terjadi kekeliruan.
Terlebih lagi bisnis yang besar sangat memerlukan sebuah sistem POS yang bagus dan akurat tentunya. Nah dari permasalahan ini kamu sudah tau belum jika Kasir Pintar merupakan salah satu sistem POS terbaik yang bisa bantu kelola keuangan bisnismu.
Kamu sudah tahu belum, apa itu Kasir Pintar?
Aplikasi Kasir Pintar adalah Mobile Point of Sales yang dirancang khusus untuk membantu para pebisnis UMKM dalam menjalankan segala transaksi penjualan dengan simple, akurat dan ekonomis.
Kenapa Harus Kasir Pintar?
Coba Gratis 30 Hari Tanpa syarat dan jangan lupa untuk menggunakan Kasir Pintar Pro untuk mengetahui semua fiturnya dan merasakan kemudahan dalam menggunakan aplikasi.
Download dibawah ini ya 👇
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat