Cara Membuat Invoice dan Surat Jalan biar Transaksi Makin Profesional
Seputar Bisnis | 27 Oktober 2025
Insight Bisnis / Seputar Bisnis / Cara pakai AI untuk buat Ide Konten UMKM
27 Oktober 2025 | marketing
Di era digital saat ini, kehadiran Artificial Intelligence (AI) semakin mempermudah pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis. Salah satu manfaat paling menarik dari AI adalah kemampuannya membantu membuat ide konten untuk promosi produk atau layanan. Tidak perlu repot brainstorming berjam-jam, AI bisa membantu menghasilkan ide segar, cepat, dan relevan dengan target pasar kamu.
Lalu, bagaimana cara pakai AI untuk membuat ide konten UMKM? Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini.
AI (Artificial Intelligence) adalah teknologi yang memungkinkan komputer berpikir dan bekerja seperti manusia, mulai dari memahami bahasa, menganalisis data, hingga membuat rekomendasi. Dalam konteks bisnis dan pemasaran, AI kini banyak digunakan untuk:
Dengan bantuan AI, pelaku UMKM tidak perlu menjadi ahli marketing digital untuk bisa tampil profesional di media sosial.
Masalah yang sering dialami pelaku UMKM adalah “kehabisan ide posting”. Padahal, konsistensi posting sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan.
Nah, disinilah AI bisa menjadi solusi.
Beberapa keuntungan menggunakan AI untuk membuat ide konten, antara lain:
Langkah pertama adalah menentukan tujuan konten yang ingin dibuat. Misalnya:
AI akan memberikan ide yang lebih akurat kalau kamu memberikan konteks yang jelas.
Beberapa tools populer untuk membantu UMKM membuat ide konten antara lain:
Cukup ketik perintah seperti:
“Buatkan ide konten Instagram untuk toko kue rumahan di bulan Ramadan.”
Dalam beberapa detik, AI akan memberikan banyak pilihan ide yang bisa kamu pilih dan sesuaikan.
Beberapa platform AI sudah terintegrasi dengan trend analysis. Artinya, mereka bisa menyesuaikan ide konten dengan tren terbaru, seperti event, hari besar, atau topik viral.
Contohnya, jika kamu menjual produk fashion, AI bisa menyarankan konten bertema OOTD Lebaran atau Gaya Casual Anti Gerah.
Meski AI sangat membantu, hasilnya tetap perlu kamu sentuh ulang. Tambahkan gaya bahasa khas brand kamu agar terasa lebih natural dan tidak terlalu “robotik.”
Gunakan tone yang sesuai dengan target audiens: formal, santai, atau lucu tergantung siapa pelangganmu.
Setelah ide konten terkumpul, kamu bisa membuat content calendar untuk seminggu atau sebulan ke depan.
Dengan bantuan AI, kamu bahkan bisa membuat jadwal otomatis untuk posting di berbagai platform seperti Instagram, TikTok, atau Facebook.
Misalnya kamu memiliki usaha minuman kopi kekinian. Kamu bisa menggunakan AI untuk:
AI membantu bisnis kamu tetap kreatif tanpa harus punya tim marketing besar.
Baca Juga : Tantangan Bisnis 2026 : Tren Baru yang Harus Kamu Siapin dari Sekarang
Baca Juga : 10 Kelebihan Dompet Elektronik : Solusi Praktis Transaksi Tanpa Uang Tunai
AI bukan hanya teknologi masa depan tapi sudah menjadi asisten digital masa kini yang bisa membantu UMKM bersaing lebih kreatif. Dengan memahami cara pakainya, pelaku usaha bisa mendapatkan ide konten yang menarik, efisien, dan sesuai tren.
Kalau kamu ingin bisnis makin praktis, jangan hanya pakai AI untuk ide konten gunakan juga aplikasi seperti Kasir Pintar untuk mencatat penjualan, mengatur stok, dan laporan keuangan secara otomatis. Dengan begitu, bisnis kamu bisa lebih fokus ke hal yang paling penting: berkembang dan dikenal lebih banyak orang.
Biar pencatatan tokomu semakin terorganisir, yuk pakai aplikasi kasir, coba dulu sekarang Gratis 30 Hari Percobaan Loh !
Salah satu metode yang mudah dan praktis dalam mencatat penjualan adalah dengan menggunakan Aplikasi Android seperti Kasir Pintar
Kasir Pintar bisa mencatat setiap penjualan dari usahamu dan melakukan beberapa kegiatan seperti :
- Atur stok barang
- Mencatat berbagai macam metode transaksi penjualan
- Laporan usaha lengkap
- Manajemen Pelanggan (CRM)
- Manajemen Karyawan & Cabang Usaha dan masih banyak lagi
Kini hadir! Pintar HR sudah bisa diunduh di Playstore dan siap menjadi solusi terbaik untuk manajemen karyawan yang lebih efisien dan terorganisir. Dengan sistem HRIS berbasis cloud, Anda bisa memantau kehadiran, mencatat rekap absensi, hingga mengelola penggajian secara otomatis dari mana saja.
✅ Harga Terjangkau – Mulai dari Rp 260 per staff per hari
✅ Diskon 50% untuk pengguna Kasir Pintar Pro
✅ Fitur lengkap: Absensi online, rekap kehadiran, hingga laporan gaji
✅ Memudahkan siklus penggajian, tanpa drama akhir bulan
Dengan Pintar HR, Anda tak perlu lagi pusing urus data karyawan manual. Semuanya bisa dilakukan lewat satu aplikasi yang praktis dan efisien. Waktunya upgrade manajemen SDM Anda!
📲 Download sekarang: https://bit.ly/PintarHR
🌐 Info lengkap: pintarhr.com
Artikel Terkait
Artikel Populer
Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar
Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat