Insight Bisnis / Sales & Marketing / Kenali Fungsi Pemasaran Bagi Bisnis Kamu dan Penerapannya

Kenali Fungsi Pemasaran Bagi Bisnis Kamu dan Penerapannya

5 Agustus 2022 | marketing

Kasir Pintar

Sebetulnya apa fungsi pemasaran? dan mengapa kegiatan ini sudah pasti dilakukan berbagai perusahaan semua industri.

Marketing adalah kegiatan dimana perusahaan bisa memperkenalkan produk atau brand mereka kepada publik, dengan begitu publik bisa mengenalinya.

Jika Kamu menjual produk tanpa memasarkannya, akan lebih sulit bagi publik untuk mengenali fungsi atau manfaat dari produk tersebut dan tentu saja mereka lebih baik menolak membelinya.

Berbeda halnya, jika publik telah mengetahui fungsi atau keunggulan dari suatu produk.

Fungsi pemasaran sangat beragam dan besar dampaknya bagi perusahaan, jika Kamu tidak dapat mengaplikasikannya dengan baik, maka kegiatan pemasaran menjadi sia-sia.

Dalam menjalankan kegiatannya, sudah pasti aktivitas ini akan mengeluarkan biaya yang perlu disiapkan.

Jika Kamu baru terjun ke dunia usaha, akan lebih baik jika mengetahui bagaimana pemasaran bisa membawa dampak positif bagi perusahaan.

Dengan melancarkan strategi promosi dengan baik, akan semakin tinggi juga peluang bagi usaha Kamu mendapatkan pelanggan loyal. 

Kenali Fungsi Pemasaran Bagi Bisnis 

Penting untuk memahami bagaimana kegiatan marketing berjalan.

Sebagai pebisnis, Kamu tidak bisa sembarangan dalam melakukan pemasaran secara tidak tersusun.

Akan lebih baik jika semua aspek disiapkan secara matang, dengan begitu lebih mudah bagi pebisnis mendapat pelanggan.

1. Mengenali Riset Pasar

Dengan mengenali riset pasar, maka Kamu bisa selangkah lebih maju karena dapat mengetahui seperti apa kebutuhan pasar yang terjadi saat ini.

Apakah produk Kamu cocok untuk dipasarkan, atau mencari tahu kriteria target pasar Kamu seperti apa, yang perlu disesuaikan terlebih dulu.

2. Pengenalan Produk

Fungsi pemasaran selanjutnya adalah pengenalan produk, tahapan ini Kamu wajib memahami produk yang akan dipasarkan serta mengetahui keunggulan dari produk pesaing.

Memang penting untuk fokus pada usaha sendiri, namun kita harus harus mencari tahu strategi pesaing.

Penting untuk tetap fokus dalam menonjolkan keunggulan produk, karena dengan begitu Kamu bisa menunjukkan kepada publik bahwa produk usaha lebih unggul dan lebih baik.

Namun pebisnis juga harus memastikan, bahwa keunggulan produk sesuai dengan faktanya.

3. Distribusi Fisik

Fungsi selanjutnya adalah distribusi fisik, dimana Kamu perlu memastikan bahwa sebuah produk dapat didistribusikan dengan mudah melalui jalur darat, air atau udara.

Dengan adanya distribusi fisik ini, maka akan lebih mudah bagi konsumen mendapatkan produk yang mereka butuhkan.

4. Menetapkan Target Pasar

Fungsi pemasaran selanjutnya adalah menetapkan target pasar, dimana kegiatan marketing bisa membawa Kamu ke target pasar dengan mudah.

Sebab pemasaran bertujuan untuk menjangkau semua target, namun lama kelamaan Kamu bisa mengetahui target konsumen yang dibutuhkan.

Karena biasanya target konsumen lebih menonjol daripada konsumen lainnya, itulah yang bisa membuat pebisnis lebih fokus dalam menjangkau target konsumen lainnya kelak.


Berbagai Jenis Pemasaran yang Dimanfaatkan

Adapun berbagai jenis pemasaran bisa Kamu pilih, kini dengan berkembangnya internet, semakin banyak pilihan metode marketing dapat digunakan.

Bahkan pebisnis tidak perlu menghabiskan banyak biaya, karena semua metode dapat dilakukan secara online.

1. Public Relation Marketing

Untuk menerapkan fungsi pemasaran, terdapat jenis marketing yang dapat dimanfaatkan, salah satunya adalah Public Relation Marketing.

Biasanya perusahaan akan bekerjasama dengan suatu media untuk meningkatkan brand awareness, karena kesadaran merek sangat dibutuhkan.

Jika konsumen sudah memiliki produk atau jasa yang mereka inginkan, maka konsumen bisa mendapatkan benefit dari produk tersebut, sehingga posisi keduanya saling diuntungkan.

2. Digital Marketing

Jenis marketing satu ini memanfaatkan sumber daya dan aset secara online, dimana audiens yang bisa pebisnis dapatkan secara online dapat terjangkau secara lebih luas.

Dengan begitu akan lebih mudah bagi pebisnis, untuk memaksimalkan potensi yang terdapat di internet.

Selain itu digital marketing sudah menjadi cara efektif, yang banyak digunakan oleh pebisnis karena mampu meningkatkan peluang dalam mencapai target.

Selain itu jenis marketing ini dapat memberi dampak besar bagi perusahaan, meski biaya yang dibutuhkan cukup rendah.

3. Word of Mouth

Fungsi pemasaran juga bisa Kamu dapatkan melalui teknik word of mouth.

Disini pebisnis hanya memanfaatkan konsumen yang mempromosikan produk Kamu dari mulut ke mulut.

Informasi produk yang mereka ketahui, bisa didapatkan secara verbal atau langsung.

4. Branding

Jenis selanjutnya adalah branding, pada jenis ini Kamu bisa mendapatkan fungsi marketing dalam jangka panjang.

Pebisnis perlu memanfaatkan merek atau nama, menyertakan nama, logo dan slogan untuk memastikan bahwa konsumen dapat mengingatnya.

Branding sangat penting untuk memastikan bahwa konsumen bisa mengingat produk Kamu.

Bahkan perusahaan besar juga pasti menerapkan strategi ini, sehingga bisnisnya dapat bertahan dalam waktu lama.

Tips Mudah dalam Melakukan Pemasaran

Untuk memastikan agar aktivitas pemasaran bisa berjalan dengan baik.

Kami akan memberi berbagai tips yang bisa membantu Kamu dalam memaksimalkan kegiatan usaha.

Pastikan semua aspek marketing bisa diterapkan, dengan begitu perusahaan bisa terus berkembang.

1. Pasarkan Produk Sebelumnya

Untuk mendapatkan fungsi pemasaran, Kamu bisa memasarkan produk sebelumnya meskipun untuk membantu meningkatkan brand awareness.

Meskipun produk belum siap, maka pebisnis tetap bisa mempertahankan popularitas brand dengan tetap menjalankan kegiatan pemasaran.

2. Mengukur Hasil

Setelah memasarkan produk, tentu pebisnis perlu mengukur hasil keberhasilan dari marketing tersebut.

Dengan begitu pebisnis bisa membandingkannya dengan metode pemasaran lain, atau jika menggunakan metode marketing yang dimanfaatkan oleh perusahaan lain.

Dengan begitu pebisnis juga bisa menentukan, mana strategi promosi terbaik yang memberi dampak positif bagi perusahaan, dan mana strategi yang tidak terlalu berdampak.

3. Pahami Audiens

Mendapatkan fungsi pemasaran juga bisa Kamu lakukan, dengan memahami kebutuhan audiens.

Kamu tidak hanya sekedar menjual produk atau jasa, namun di samping itu Kamu perlu memahami kebutuhan audiens dan menyesuaikannya dengan produk atau jasa yang disediakan.

Oleh karena itu penting untuk melakukan riset pasar, dimana Kamu bisa berkomunikasi dengan audiens baik baik secara langsung maupun online.

Tujuan memahami audiens adalah agar pebisnis mampu menyediakan produk, yang bisa memenuhi kebutuhan mereka. 

4. Gunakan Konten Video

Kamu juga bisa memanfaatkan konten dalam bentuk video, dimana pebisnis bisa menghasilkan konten menarik yang mampu menarik minat mereka.

Dengan memasukkan berbagai konten berhubungan dengan produk atau brand, akan lebih mudah bagi konsumen untuk mengenalinya.

Kini sudah banyak pebisnis yang memanfaatkan konten tersebut, dan memang lebih efektif dalam membuat konten berbentuk video daripada hanya kata-kata saja.