Point of Sales / Manajemen Stok & Karyawan / Kualitas Pelayanan Bisnis Menurun Ketika Pelanggan Meningkat ? Ini dia Solusinya!

Kualitas Pelayanan Bisnis Menurun Ketika Pelanggan Meningkat ? Ini dia Solusinya!

9 Maret 2022 | marketing

Kasir Pintar

Buat semua pebisnis di bidang apapun tentunya pasti ingin banyak pelanggan. 

Berbagai strategi dilakukan untuk meningkatkan pelanggan yang datang.

Misalnya untuk menambah kesan murah, banyak tawaran pada pelanggan untuk membeli produk misal dengan promo beli 1 dapat 1, voucher, diskon, buat konsep pelayanan atau konsep toko yang menarik dan lain-lain.   

Namun, apakah kamu pernah berfikir jumlah pelanggan yang tinggi membuat pelayanan di bisnis cafe atau resto kamu kurang maksimal?.

Pasti pernah rasanya takut ketika bisnis ternyata penuh dengan pelanggan?

Dua pertanyaan seperti ini pasti pernah ada di benak anda atau bisa saja sudah kamu hadapi?

Kekhawatiran semacam ini memang perlu diperhatikan juga, atau bahkan kamu juga perlu mengatur strategi apabila hal-hal ini terjadi. Jangan sampai kamu tidak memiliki strategi jika pelanggan membludak.

Karena jika tidak membuat strategi terlebih dahulu untuk menyiasati hal tersebut maka kualitas pelayanan bisa menurun.

Misalnya ketika tiba-tiba resto mendapati pelanggan membludak dan membuat kewalahan bagian dapur, pelayan, kasir bahkan semua bagian, jika pelanggan tahu bahwa kualitas pelayanan seperti ini terjadi bisa saja pelanggan berpikir kualitas pelayanan di resto tidak cukup baik. 

Lalu apakah bisa dengan tingginya pelanggan tetap bisa mempertahankan kualitas pelayanan?.

Tentu bisa, kuncinya disini adalah wajib untuk melakukan strategi yang bisa diterapkan untuk mengatasi apabila terjadinya peningkatan pengunjung.

Nah, strategi apa yang bisa kamu siapkan, yuk siapkan langkah berikut!

Strategi Mempertahankan Kualitas Layanan

1. Susun SOP Complaint Handling

Setiap pelayanan yang diberikan oleh bisnis tentu tidak selalu baik dimata customer.

Terkadang kita merasa pelayanan yang kita berikan sudah cukup baik, namun masih saja ada yang tidak sesuai di mata customer. 

Misalnya, jika kita berbicara peningkatan pelanggan dalam satu waktu, kemudian karena banyak yang harus dilayani membuat pelanggan komplain karena lambatnya pelayanan yang kita berikan, kesalahan penyajian pesanan dan lain-lain ini membuat komplain semakin tidak terarah. 

Hal yang penting kamu lakukan untuk menghindari proses komplain yang tidak terarah dan membuat pelanggan marah adalah dengan membuat SOP complaint handling untuk tetap mempertahankan kualitas layanan anda.

SOP ini bisa kamu buat dengan menyusun alur komplain berdasarkan tipe complain, misalnya untuk masalah pelayanan tipe complain A, masalah transaksi pembayaran tipe komplain B dan sebagainnya. Ini akan memudahkan dalam menangani proses keluhan pelanggan. 

Hal penting juga dalam penanganan komplain adalah kamu atau karyawan yang bersangkutan harus memahami dan menjadi pendengar yang baik bagi pelanggan.

sehingga pelanggan masih akan merasakan kualitas pelayanan yang ada, meskipun situasi membuat mereka tidak nyaman karena kesalahan pelayanan. 

Jadi intinya jangan malah menambah kemarahan pelanggan.

2. Komunikasi yang Baik Pada Pelanggan

Komunikasi sebagai hal yang terpenting untuk menjaga hubungan. Sama seperti hubungan yang harus terjalin baik antara seseorang.

Penting juga untuk memiliki hubungan yang baik dengan konsumen. 

Selain keamanan yang perlu diutamakan dalam pelayanan kepada konsumen namun banyak hal yang juga perlu diperhatikan terkait dengan pola komunikasi pada pelanggan.  

Misalnya timing penyajian makanan hingga sampai ke tangan pelanggan juga sangat penting, jangan sampai membuat pelanggan terlalu lama menunggu.

Untuk proses ketepatan waktu perlu diperhatikan juga staff dapur dan kemampuan staf yang memadai.

Penting juga menanamkan rasa empati pada karyawan. Karyawan perlu untuk menerapkan kepedulian pada / rasa empati untuk meningkatkan rasa kenyamanan pada pengunjung selama berada di resto kamu.

Mereka perlu memahami bagaimana memberikan respon rasa peduli pada pelanggan yang beragam mulai dari remaja hingga dewasa. 

Hal-hal seperti ini perlu diterapkan dengan adanya SOP dan konsistensi sehingga dapat tercipta kualitas pelayanan yang baik. 

3. Proses Pembayaran yang Cepat dan Cekatan

Permasalahan dalam pelayanan sering terjadi pada bagian pembayaran, mulai dari kurangnya cekatan staff/ karyawan, perhitungan transaksi yang kurang pas, perhitungan promosi dan diskon kurang tepat, staff kurang ramah akibat sibuk dengan pelanggan dan lain-lain.

Hal- hal semacam ini akan sangat berpengaruh pada penilaian pelanggan pada kualitas pelayanan cafe atau resto kamu. Oleh karena itu perlu adanya peninjauan kembali dan evaluasi pada bagian kasir/ pembayaran.

Perlu anda tingkatkan kemampuan staff kasir dari berbagai aspek mulai dari pemahaman transaksi, ketepatan dalam pelayanan, keramahan dan lainnya.

Tak hanya itu, anda juga perlu meningkatkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan kualitas pelayanan resto. Misalnya dengan menggunakan teknologi kasir digital.

Nah, salah satu teknologi kasir digital yang mungkin dapat anda coba untuk proses pelayanan pembayaran anda sehingga kualitas pelayanan anda lebih modern dan lebih baik, kamu dapat mencoba aplikasi Kasir Pintar.

Kasir Pintar Pro merupakan aplikasi point of sales yang sangat membantu dalam transaksi pada kasir dan memberikan kemudahan dalam kelola usaha anda dengan berbagai fitur yang disediakan.

Penasaran lebih lanjut dengan kasir pintar Pro yuk kepoin Sekarang Juga. Atau anda bisa langsung mendownload di playstore smartphone anda.

Selamat Mencoba!!

 

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang