Insight Bisnis / Manfaat dan Contoh Proposal Usaha yang Wajib Pengusaha Tahu

Manfaat dan Contoh Proposal Usaha yang Wajib Pengusaha Tahu

3 Juni 2022 | marketing

Kasir Pintar

Sangat penting dalam memulai usaha kamu memiliki perencanaan yang matang dan tersistem.

Perencanaan yang baik dapat dengan membuat sebuat dokumen perencanaan atau bisanya kita kenal dengan proposal.

Adanya proposal usaha membantu untuk menyusun rencana kerja setiap kegiatan bisnis akan dilakukan secara detail. 

Apa itu proposal usaha?

Proposal diartikan sebagai sebuah tulisan yang tersusun untuk menjabarkan atau mendetailkan sebuah tujuan kepada pembaca, sehingga mereka memahami tujuan penulis dengan jelas.

Proposal Usaha digunakan bagi setiap pelaku usaha untuk menjabarkan usahanya saat ingin memulai secara detail. 

Manfaat Proposal Usaha

Proposal usaha ini memiliki berbagai manfaat yang perlu kamu tahu, seperti:

1. Mudah memperimbangkan Ide 

Adanya proposal usaha kamu bisa lebih mudah untuk menyalurkan berbagai ide bisnis yang akan dibangun.

Misalnya ketika kamu membangun usaha restoran, tentunya perlu melihat hal apa yang menjadi potensi dari restauran kamu dibanding dengan yang lain.

Nah, proposal usaha disini kamu akan mempertimbagkan dan menilai kelayakan dari usaha kami.

Berbagai pertimbangan yang kamu lakukan ini dapat dilihat pula bagaimana kelebihan dan kekurangan dari usaha.

Ketika membuat proposal usaha kamu juga akan tahu bagaimana dilakukan untuk meningkatkan bisnis kamu.

2. Memperkirakan besaran modal

Salah satu elemen penting dari sebuah bisnis adalah keberadaan modal. Dengan membuat proposal usaha maka kamu akan mencoba untuk merumuskan bagaimana gambaran modal dan rancangan anggaran bisnis, sehingga mampu meminimalisir kerugian.

3. Rencana bisnis lebih terukur dan efektif

Proposal usaha didalamnya harus memuat bagaimana rencana bisnis kamu mulai dari produksi hingga pemasaran. 

Sehingga rumusan rancangan yang dilakukan akan memudahkan kamu menentukan langkah apa saja yang akan kamu ambil.

4. Menarik Investor

Proposal usaha juga sebagai dokumen penting untuk penawaran kepada investor. Proposal usaha perlu dibuat semenarik mungkin sehingga ketika kamu mencari investor usaha, maka dengan mudah tertarik. 

5. Membuat usaha kamu jadi lebih unggul 

Manfaat yang kamu peroleh selanjutnya dengan adanya proposal yaitu dapat membuat usaha lebih unggul dari berbagai aspek termasuk perencanaan kegiatan, anggaran dan analisa potensi bisnis serta bagaimana strategi brand agar dilirik target. Sehingga bisnis kamu lebih unggul dari kompetitor.

6. Menjadi syarat pinjaman modal

Memulai berbisnis kamu biasanya membutuhkan pinjaman modal usaha dari investor, namun tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan pinjaman dari pihak bank.

Nah, peran penting proposal ini adalah sebagai pemenuhan syarat untuk proses peminjaman ada bank 

Urutan kerangka proposal

Proposal usaha yang baik tentunya dibuat dengan sistematika yang benar. Sistematika penulisan proposal usaha sama halnya dengan jenis proposal lainnya yang didalamnya memiliki kerangka/elemen yang sistematis. Berikut adalah kerangka proposal usaha yang perlu kamu pahami. 

1. Nama Bisnis Kamu

Bagian awal yang penting ditonjolkan adalah nama bisnis kamu. Nama bisnis atau perusahaan sebagai sebuah identitas usaha yang terus digunakan. Perlu dipikirkan nama perusahaan atau bisnis kamu yang berbeda dengan yang sudah ada.

2. Latar Belakang/ Dasar Pemikiran Usaha 

Sampaikan hal apa yang mendasari usahamu berdiri. Pada latar belakang kamu juga bisa menjelaskan terkait dengan seluruh potensi dan kelebihan dari usaha serta bagaimana proses usaha kamu berjalan secara garis besar.

3. Penjelasan Jenis Produk/Usaha

Selanjutnya pada bagian ini kamu perlu memberikan penjelasan terkait produk atau usaha kamu jenis bidang apa secara lebih detail. Jelaskan juga secara rinci deskripsi mengenai proses kegiatan usaha mulai dari produksi hingga distribusi usaha.

4. Strategi Pemasaran

Bagian ini merupakan salah satu komponen penting. Penjelasan strategi pemasaran yang dinilai pas untuk produk yang akan dipasarkan dan cara branding usaha sangat diperlukan. Pada bagian kamu perlu merumuskan strategi step by step secara rinci dan jelas sehingga dapat membantu kamu mencapai target pemasaran.

5. Peluang Bisnis Kedepan

Penjelasan mengenai peluang bisnis ini sangat penting untuk menarik para investor. Sampaikan beberapa peluang yang kemungkinan besar dapat tercapai dari bisnis kamu. Jelaskan juga mengenai perkiraan potensi keuntungan yang bisa kamu peroleh dari investor dan bisnis kamu tentunya.

6. Analisis SWOT

Penjelasan mengenai analisis swot yang didalamnya mencangkup strength, weakness, opportunity, dan threat sangat penting untuk bisnis kamu. 

Analisis ini akan memudahkan kamu dalam menentukan strategi kegiatan bisnis. Sehingga Kamu, rekan bisnis, dan calon investor bisa melihat bisnis kamu.

7. Rancangan Anggaran

Bagian ini menjabarkan secara rinci tentang modal usaha makanan yang akan berjalan. Rumusan rancangan anggaran dimulai dari list seluruh perlengkapan dan bahan baku serta kebutuhan lainnya mencangkup pada pemasaran maupun distribusi yang dibutuhkan Adanya rancangan anggaran ini sebagai acuan modal memulai usaha.

8. Penutup dan Lampiran

Terakhir adalah penjelasan penutup. Jelaskan secara singkat optimisme terhadap produk sehingga akan menjadi dasar investor menjadi tertarik dan yakin untuk investasi.

Selanjutnya lampiran sangat diperlukan untuk mendukung data usaha kamu agar lebih dipercaya, Misalnya melampirkan prototype bisnis atau Business Plan.

Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan

Berikut contoh proposal usaha makanan Ringan yang bisa kamu jadikan referensi dalam proposal usaha kamu.

  1. Identitas Usaha

- Nama Usaha: Chiki Boom 

- Tagline: “Jadikan Teman Santaimu”

- Jenis usaha: makanan ringan

- Alamat: Jalan Panjaitan X no. 21, Jakarta Selatan

  1. Latar Belakang Usaha

COVID-19 membawa banyak perubahan aktivitas sehari-hari masyarakat. Sekarang banyak waktu dihabiskan di rumah akibat berbagai kebijakan bahkan pekerjaan pun dilakukan dirumah. Makanan ringan menjadi poin penting yang untuk menemani aktivitas sehingga banyak orang memburu makanan ringan. Namun, karena makanan ini menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari perlu memperhatikan aspek kesehatan dari produk makanan. 

Saat ini masih banyak makanan ringan yang kurang sehat dan pandangan masyarakat tentang makanan ringan masih kurang baik bahkan dipandang sebagai penyebab penyakit.

Sehingga perlu adanya jenis makanan ringan yang lebih sehat untuk dikonsumsi masyarakat.

Chiki Boom hadir dengan bahan alami dan memperhatikan kandungan didalamnya termasuk termasuk punya nilai nutrisi yang tidak berlebihan. Sehingga cocok menjadi pilihan masyarakat

  1. Jenis Produk

Kami menjual produk makanan ringan Chiki Boom sehat yang dibuat dengan bahan-bahan berkualitas. Selain itu, para pelanggan bisa mendapatkan rasa terbaik yang tetap lezat di mulut. Berikut sejumlah produk Chiki Boom yang akan dipasarkan

  • Chikiboom Kripik Singkong
  • Chikiboom kerupuk gandum
  • Chikiboom Kripik Bayam
  • Chikiboom Kripik Tempe
  1. Strategi pemasaran

Langkah awal pemasaran chiki boom melalui akan kerjasama dengan UMKM terdekat dan pusat oleh-oleh.

Metode ini sebagai langkah kecil yang dapat dengan mudah dan cepat menjangkau pasar dan konsumen. Selain itu kerjasama juga ditawarkan melalui rumah makan atau cafe yang juga menawarkan makanan ringan di dalamnya. Selain itu proses pemasaran yang memiliki peluang besar adalah dengan memasarkan produk Chiki Book melalui platform online dan sistem pre order. 

  1. Peluang Bisnis

Usaha makanan ringan memiliki peluang yang cukup besar. Pertama, makanan ringan dapat dikonsumsi oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Kedua, harga dari makanan ringan tergolong sangat terjangkau. Selain itu, memiliki resiko loss sangat kecil. Jadi potensi balik modal lebih cepat. Ketiga, makanan ini sering dicari dan dibutuhkan masyarakat.

Sayangnya, sudah banyak produk yang serupa dipasaran. Hal tersebut akan memunculkan perang harga dengan kompetitor.

Sehingga perlu langkah yang tepat dalam produksi dan beberapa aspek yang harus dipenuhi seperti hal yang dapat diunggulkan dari produk ini dimana dibuat dari bahan alami dan sehat namun juga murah. 

  1. Rancangan Anggaran

Berikut perhitungan modal awal:

  1. Peralatan memasak : Rp 3.000.000
  2. Bahan baku : Rp7.000.000
  3. Pengemasan : Rp.3.000.000
  4. Pemasaran awal : Rp2.000.000

TOTAL MODAL : Rp15. 000.000

Sumber permodalan didapat dari dua pihak, yaitu pemilik usaha dan investor. Berikut perhitungannya:

Modal investor = Total modal – Modal pribadi

Modal investor = Rp15.000.000 – Rp5.000.000

Modal investor = Rp10.000.000

Para investor akan mendapatkan pengembalian modal dalam tempo 12 bulan (1 tahun). Nilai modalnya tersebut akan dianggap lunas pada bulan ke-10. Pada bulan ke-11 dan ke-12, dana pengembalian untuk investor merupakan keuntungan tetap.

  1. Penutup

Demikian disampaikan proposal usaha makanan ringan dari  produk Chiki Boom. Penyampaian di atas semoga bisa memberikan gambaran jelas tentang usaha yang akan dijalankan.

Produk ini memiliki keunggulan tersendiri sehingga peluang besar akan bisa kamu peroleh. Sehingga dengan proposal ini juga, diharapkan bisa menjalin kerja sama yang baik dengan para investor.

Penjelasan diatas mengenai manfaat proposal usaha, komponen proposal usaha hingga contoh proposal usaha semoga dapat menjadi acuan dan referensi bagi kamu dalam membuat proposal usaha.

Ingat bahwa proposal usaha penting buat rancangan awal agar bisnis kamu berjalan dengan baik. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Kasir Pintar lazyload
Kasir Pintar

Mulai Bisnis
Bersama Kasir Pintar

Jalankan bisnis secara otomatis dengan
Aplikasi Kasir Pintar dan Coba Gratis selama
30 Hari tanpa syarat

Download Sekarang

Lihat Brosur